Wisata ala Timur Tengah Kebun Kurma Pasuruan Sukorejo

Wisata Kebun Kurma Pasuruan – Kurma, buah yang banyak dicari setiap bulan Ramadhan ini sangat identik dengan habitatnya di Timur Tengah. Kebanyakan kurma yang di jual di Indonesia pun merupakan buah kurma yang sudah dikeringkan dan diimpor ke Indonesia. Namun tahukah Anda bahwa ternyata pohon kurma bisa tumbuh dengan baik di Indonesia, bahkan ada kebun kurma yang luasnya mencapai 3,7 hektar dengan pohon kurma yang rajin berbuah? Jika baru mendengarnya, mungkin suatu saat Anda akan tertarik untuk mengunjungi kebun kurma ini.

Wisata Kebun Kurma di Pasuruan

Awal Terbentuknya Wisata Kebun Kurma

Digagas oleh seorang pengusaha bernama HM Roeslan, kebun kurma ini cukup eksotis karena memang tanah yang digunakan untuk menanam pohon kurma sangat kering dan sangat sulit untuk ditumbuhkan tumbuhan tropis. Pada awal usahanya, pemilik kebun kurma ini juga pernah berinisiatif untuk menjual tanah miliknya untuk keperluan industri, namun tak banyak orang yang meliriknya karena memang lokasinya berada di tempat yang kering, sementara biasanya industri lebih baik dijalankan di daerah dengan aliran air yang cukup.

Oleh karena itulah, dimulai pemikiran untuk mengalihfungsikan tanah menjadi kebun kurma, karena toh kondisinya sangat sesuai dengan kondisi optimal tumbuhnya pohon kurma. HM Roeslan terinspirasi dari kebun kurma yang berhasil tumbuh produktif di Thailand, yang iklimnya mirip dengan Indonesia. Kemudian ia berpikir bahwa jika di Thailand saja bisa, tentunya di negeri sendiri sangat patut dicoba. Belum banyak memang yang mengambil risiko menanam kurma dalam jumlah banyak di Indonesia, namun ia tetap optimis suatu saat usahanya ini akan berhasil.

Sang pemilik kebun kurma pun kemudian mengadakan kerjasama dengan beberapa pondok pesantren untuk mendapatkan bibit kurma. Ia membeli bibit tersebut di Jakarta. Setelah berhasil menanam dan membudidayakan kurma, tempat ini kemudian dibuka untuk umum sebagai Wisata Kebun Kurma yang mulai beroperasi baru-baru ini, yaitu semenjak tanggal 1 Januari 2017. Kini sudah ada sekitar 150 pohon kurma yang berhasil tumbuh di tanah Wisata Kebun Kurma. Bahkan 6 pohon diantaranya sudah menghasilkan buah yang sangat menggiurkan.

Pohon Kurma di Pasuruan

Pohon Kurma di Pasuruan (Foto/IG Nur Rochma)

Lokasi dan Alamat Kebun Kurma Pasuruan

Wisata Kebun Kurma tepatya terletak di Desa Sukorejo, Pasuruan, Jawa Timur. Dari Jalan Raya Sukorejo jurusan Surabaya-Malang, kebun kurma ini hanya berjarak sekitar 1 kilometer yang dapat dilalui dengan menggunakan kendaraan roda 4. Para pengendara yang melaku di Jalan Raya Sukorejo pasti akan dengan mudah menemukan papan petunjuk lokasi kebun kurma.

Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp.5000,- saja, setiap pengunjung akan puas menyaksikan dengan mata sendiri bagaimana pohon kurma dapat tumbuh dengan buahnya yang menggantung-gantung. Selain pohon kurma, di kebun ini juga ditanam pohon zaitun, delima merah, delima hitam, dan pohon tin karena kondisi tanahnya yang sesuai. Setelah selesai menjelajahi kebun kurma, pengunjung juga disajikan dengan berbagai macam hidangan olahan dari kurma, seperti minuman kurma dan berbagai penganan yang terbuat dari kurma.

Lebih serunya lagi, jika ingin mengelilingi seluruh areal kebun kurma, pengunjung akan ditawarkan berbagai alternatif pilihan. Jika rasanya berjalan kaki mengelilingi 3,7 hektar kebun kurma terasa sangat melelahkan, maka ada fasilitas sewa motor ATV atau andong yang bisa diajak berkeliling kebun kurma. Selain itu, di dalam kebun kurma ini juga terdapat kerangka pesawat Boeing 737 yang di dalamnya sudah disulap menjadi toko oleh-oleh khas Pasuruan.

Wisata Kebun Kurma

Wisata Kebun Kurma (Foto/ikipasuruan.com)

Suasana Timur Tengah yang dibangun di lokasi wisata ini ditambah dengan berdirinya miniatur Ka’bah yang direncanakan akan dibuat sebagai tempat manasik haji. Di masa yang akan datang juga akan dibangun miniatur bukit Shofa dan Marwah untuk melengkapi fasilitas manasik haji. Bahkan sang pemilik mengatakan akan mendatangkan beberapa unta untuk menambah kesan Timur Tengah yang akan memuaskan pengunjung.

Telah dibuka sekitar 2 bulan untuk wisatawan umum, memang Kebun Kurma Pasuruan ini belum sempurna pembangunannya. Diperkirakan masih ada beberapa tanaman yang akan ditambah lagi. Fasilitas bermain pun baru sekitar 25% saja yang sudah siap memanjakan pengunjung. Namun tentunya rasa penasaran masyarakat luas semakin hari akan semakin menambah pengunjung yang berdatangan di tempat wisata unik ini.

Komentar