Manfaat, Cara Tanam Dan Tips Menanam Tanaman Spider Plant Pembersih Udara

Kebunbunga.net – Rumahku surgaku, kata ini memang tepat diberikan dimana rumah menjadi tempat paling nyaman untuk pulang. Oleh sebab itu rumah harus dibuat senyaman mungkin bagi para penghuninya. Rumah bersih, nyaman dengan udara segar menjadi salah satu ciri khas rumah ideal. Selain memberikan berbagai macam furniture didalam rumah, memberikan nuansa segar didalam rumah dapat ditunjukkan dengan adanya tanaman. Tanaman didalam rumah ini ternyata tidak bisa sembarangan, salah satu tanaman yang cocok yaitu spider plant atau tanaman laba-laba yang memiliki fungsi sebagai pembersih udara.

Di Indonesia tanaman ini sangat mudah dijumpai diberbagai kawasan, dikenal juga dengan nama lain tanaman Lili Paris atau Chlorophytum comosum, namun siapa yang menyangka ternyata tanaman ini adalah tanaman pembersih udara. Bila tanaman tersebut diletakkan didalam rumah, udara didalam rumah akan semakin segar dan bersih. Bagi anda yang belum mengenal akan spider plant, mari kita berkenalan lebih lanjut dengan spider plant.

Tanaman Spider Plant Pembersih Udara

Tanaman Spider Plant

Sesuai dengan namanya, tanaman ini mempunyai daun yang panjang dan menjuntai kebawah seperti kaki laba laba. Tanaman tersebut memiliki daun yang panjang serta rimbun, tersedia dalam warna hijau atau strip kuning dan juga strip putih. Batangnya sangat kokoh dan panjang, dipercantik dengan tumbuhnya bunga putih disana. spider plant tergolong tanaman yang unik dan menarik, pasalnya ketika batang tanaman telah menyentuh tanah, akan kembali mengakar. Bila ini terjadi, spider plant anda akan menjadi tanaman merambat. Ciri fisiknya selain itu adalah mempunyai ujung yang runcing serta panjang bervariasi, antara 20 hingga 40 cm.

Tanaman spider plant asli Afrika Selatan ini memang dapat dengan mudah hidup ditanah, akan tetapi kemampuannya merambat membuat kebanyakan orang menanamnya didalam pot gantung. Dari segi cara merawat, sangat mudah serta tidak memerlukan perawatan khusus seperti anggrek atau semacamnya. Tak mengherankan bila banyak orang menyukai spider plant. Banyak juga yang enggan memberikan unsur tanaman didalam rumah dengan kendala ruang sempit. Akan tetapi hadirnya Chlorophytum comosum ini menjadi jalan keluar bagi penikmat tanaman didalam ruangan. Rumah akan lebih cantik karena dia diletakkan pada pot gantung, serta mampu memberikan nuansa hijau nan asri didalam hunian.

Jenis-jenis Spider Plant

Jenis spider plant sangat beragam, ada jenis kecil yang umum dikenal dengan Mandaianum. Panjang daunnya hanya mencapai 4 hingga 6 inchi saja. Selain ukuran panjang daun yang lebih pendek, ciri fisiknya juga dapat dilihat dari warnanya. Mandaianum mempunyai daun berwarna hijau tua dengan strik kuning cerah. Jenis spider plant selanjutnya lazim dikenal dengan nama Vittatum, jenis ini paling banyak dibudidayakan. Panjang daun 4 – 8 inchi dengan warna hijau pucat dan strip putih dibagian tengah. Sekilas memang tanaman ini terlihat biasa, namun mengapa banyak orang yang memilikinya didalam rumah? Perlu diketahui lagi, tanaman ini selain unik dan menarik, ternyata dia memiliki manfaat yang sangat besar.

Manfaat Tanaman Spider Plant (Lili Paris)

Seperti yang tadi sempat kita singgung bersama, si mungil cantik ini mempunyai manfaat yang sangat besar. Apa saja manfaat tanaman spider plant tersebut? Berikut adalah beberapa manfaat tanaman lili paris.

  1. Membersihkan udara

Spider plant merupakan tanaman yang mampu membersihkan udara. Hal ini disebabkan karena tanaman tersebut memiliki daya serap terhadap racun-racun diudara yang sangat tinggi. Dalam kurun waktu 2 hari saja, spider plant mampu menyerap racun diudara hingga 90%. Setiap tempat tinggal pasti memiliki unsur polutan didalamnya, bila udara ini terhirup lama kelamaan jelas berdampak tidak baik bagi tubuh. Terlebih lagi tempat tinggal yang berada ditepi jalan atau kawasan metropolitan yang penuh dengan polusi kendaraan serta kebisingan lalu lalang kendaraan. Spider plant akan memberikan solusi terbaik bagi anda.

  1. Praktis dan mempercantik tempat tinggal

Mengapa dikenal praktis? sebab memelihara spider plant tidak memerlukan perhatian lebih dan sangat mudah dibudidayakan. Spider plant tersebut juga tidak memakan banyak ruang, sebab umumnya diberikan pada pot gantung. Selain itu, peletakan pot gantung juga mempercantik tempat tinggal.

Itulah beberapa manfaat darispider plant, tanaman ini mempunyai kelebihan utama yaitu dapat membersihkan udara dari berbagai pulutan dan toksin.

Cara Menanam Spider Plant

Tanaman Lili Paris Gantung

Tadi sempat kita ulas bersama bahwa cara menanam dan merawat spider plant tidak memerlukan perawatan khusus seperti anggrek atau tanaman lainnya. Kita hanya perlu memberikan tanah didalam pot kecil dan menanam spider plant dengan takaran pupuk, serta air penyiraman yang pas. Sebaiknya memberikan batang spider plant sedikit saja, karena tanaman ini sangat mudah tumbuh. Yang penting untuk diperhatikan adalah ketika tanaman didalam pot sudah terlalu banyak. Apabila kondisi ini terjadi, yang perlu diperhatikan adalah memindahkannya kedalam pot yang baru.

Jangan langsung diberi pupuk, tunggu hingga empat sampai enam bulan sebelum memberi pupuk. Tips untuk merawat tanaman spider plant yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan masalah penyiraman. Setiap harinya perhatikan kondisi tanah dari spider plants, beberapa ciri bila tanaman ini kelebihan air adalah timbulnya bintik hitam pada daun atau daunnya berwarna kuning atau tidak. Namun apabila daun merunduk, hal ini menandakan spider plant kekurangan air. Nah inilah sebabnya mengapa penyiraman memberikan pengaruh akan tumbuh kembang spider plant.

Masalah lain yang sering terjadi adalah daun tanaman yang terbakar atau kering, ini menandakan bahwa tanah terlalu kering. Dapat pula terjadi karena pemupukan yang berlebih dan udara sekitar yang terlalu kering. Untuk mengatasi masalah tersebut, yang perlu dilakukan hanyalah memetik daun yang bermasalah dan spider plant akan kembali sehat.

Tips Merawat Spider Plan

Sedikit tips merawat spider plant adalah lokasi peletakannya. Tanaman pembersih udara ini mampu tumbuh baik dalam cahaya terang yang tidak langsung. Spider plant masih mampu mentolelir cahaya sinar matahari secara langsung, akan tetapi bila terjadi pada tengah hari, daun tanaman dapat terbakar. Suhu ideal yang dibutuhkan disekitar spider plan berkisar antara 18°C hingga 23° C diwaktu siang hari dan berkisar 10° C hingga 12° C. Sekali lagi ini merupakan suhu ideal, jadi meskipun suhu Indonesia tidak serendah itu tanaman spider plant ini tetap dapat tumbuh dengan baik.

Apapun jenis tanamannya spider plant tetap dapat membersihkan udara, dia sangat cocok menghilangkan toksin seperti formaldehyde dan karbon monoksida (CO). Sebab inilah spider plant dianjurkan ditempatkan di dapur, didapur CO sangat mungkin terakumulasi. Adapun formaldehyde ini akan dilepaskan oleh barang-barang didalam rumah, seperti furniture, kayu olahan yang biasa dibuat rak buku atau meja, karpet sintesis, tirai ataupun pengharum ruangan. Spider plant ini mampu membersihkan 560 mikrogram Formaldehyde per jam.

Demikianlah kupasan kita mengenai Tanaman spider plant yang sangat bermanfaat sebagai pembersih udara dan juga dapat menghias tanaman menjadi lebih indah lagi. Tanaman ini sangat bermanfaat, cara perawatannya juga sangat mudah. Karena manfaatnya yang begitu berharga, sebaiknya tanaman ini ada di rumah anda.

Komentar