10 Tanaman Pengusir Tikus Paling Ampuh di Rumah

Tanaman Pengusir Tikus – Tikus yang berkeliaran di rumah memang membuat orang jengkel. Apalagi tikus yang berasal dari saluran pembuangan air yang tentunya dapat membawa penyakit bagi orang yang tinggal di rumah. Bukan hanya itu, terkadang tikus juga mencuri berbagai makanan yang ada di rumah. Tentunya bagi yang pernah merasakan akan sangat kesal ketika melihat bekas gigitan tikus di makanan yang diletakkan pada meja makan.

Banyak cara untuk mengusir tikus agar tidak datang kembali ke rumah Anda. Beberapa orang menggunakan perangkap tikus, ada pula yang menggunakan racun atau lem tikus. Namun tahukah Anda bahwa ternyata ada beberapa tanaman yang secara alami mampu mencegah keberadaan tikus di rumah? Selain lebih alami, 10 macam tanaman ini tentunya lebih aman untuk mengusir tikus.

10 Tanaman Pengusir Tikus di Rumah

1# Daun Mint

Daun Mint

Ingin rumah selalu bebas tikus? Tanamlah daun mint di pekarangan Anda yang berpotensi menjadi tempat masuknya tikus ke dalam rumah. Daun mint merupakan herbal alami yang memiliki aroma menyengat dan tidak disukai tikus. Penanaman daun mint juga cukup mudah, bahkan ketika sudah ditanam, daun mint sangat mudah berkembang biak. Penggunaan daun mint sudah banyak teruji dalam hal mengusir tikus. Bahkan jika Anda menggunakan minyak ekstrak daun mint (peppermint oil) untuk disemprotkan ke sekeliling rumah, tikus pun akan kabur dari rumah.

2# Daun Sirsak

Daun Sirsak

Seperti halnya daun mint, daun sirsak memiliki aroma yang juga sangat mengganggu penciuman tikus dan sangat tidak disukainya. Jika di halaman rumah Anda terdapat pohon sirsak, petiklah beberapa helai daunnya untuk kemudian disebarkan ke sudut-sudut rumah Anda tempat tikus seringkali terlihat. Hasilnya akan sangat cepat terasa apalagi bila Anda rajin menaburkan daun sirsak ke seluruh bagian rumah, sehingga tikus akan pergi ke luar rumah Anda dan tidak akan kembali lagi.

3# Daun Kemangi

Daun Kemangi

Bagi masyarakat Indonesia, daun kemangi dikenal sebagai salah satu lalapan yang mampu membuat wangi tubuh dan mulut ketika dimakan. Oleh karena itulah banyak sekali masakan yang menggunakan daun kemangi untuk menimbulkan aroma yang harum. Namun ternyata aroma harum dari daun kemangi ini sangat mengganggu tikus dan bisa membuatnya pusing. Aroma yang dihasilkan daun kemangi merupakan zat kimia fenol yang sangat kuat untuk mengusir tikus.

4# Buah Bintaro

Buah Bintaro sangat banyak tumbuh di pinggir jalan. Pohonnya termasuk pohon yang besar, dengan buah yang bulat segenggaman tangan berwarna hijau ketika masih muda dan berwarna ungu ketika sudah masak. Walaupun buah-buahan menjadi salah satu makanan yang kerap dicuri tikus untuk dimakan, namun tidak begitu halnya dengan buah bintaro. Buah bintaro memang bukan jenis buah yang lazim dimakan karena racun di dalamnya.

Buah Bintaro

Untuk mengusir tikus, ambil buah bintaro muda yang berwarna hijau, kemudian potong-potong dan letakkan potongan buahnya di tempat berkeliaran tikus. Jika tikus mendekati buah ini, niscaya racun di dalamnya akan bekerja dan membuat tikus kapok tinggal di rumah Anda. Namun hati-hati jika ada anak kecil di rumah Anda, jangan sampai ia penasaran dan memakan taburan buah bintaro.

5# Buah Mengkudu

Buah Mengkudu

Bagi kesehatan manusia, buah mengkudu memiliki berbagai manfaat. Buah dengan rasa pahit dan bau sedikit menyengat ini ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai pengusir tikus. Ketika buah mengkudu dipotong, Anda bisa merasakan sendiri aromanya yang cepat menyebar ke seluruh ruangan. Jika Anda tidak memiliki masalah dengan hal tersebut, pilihlah mengkudu yang sudah matang (berwarna kuning dan dagingnya sedikit lunak), kemudian potong-potong kecil dan sebarkan di sudut-sudut rumah untuk mengusir tikus.

Baca Juga : 10 Tanaman Pengusir Nyamuk Terbukti Ampuh

6# Cengkeh

Cengkeh

Cengkeh termasuk dalam salah satu kekayaan rempah Indonesia yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah digunakan untuk berbagai masakan agar harumnya lebih mengundang selera. Berbeda halnya dengan tikus, bukannya mengundang selera, tikus malah akan merasa sangat terganggu dengan aroma cengkeh kering. Gunakan biji cengkeh dengan cara membungkusnya pada kain kasa dan letakkan di sudut rumah yang seringkali dilalui tikus.

7# Daun Kayu Putih

Daun Kayu Putih

Seperti daun mint, daun kayu putih ketika dipetik akan menghasilkan aroma khas bagaikan aroma minyak kayu putih, yang juga terasa sedikit pedas. Daun minyak kayu putih menjadi salah satu alternatif pembasmi tikus dengan karakteristik aromanya ini. Sama seperti tanaman pengusir tikus lainnya, penggunaan daun kayu putih dapat secara langsung disebarkan ke seluruh bagian rumah. Jika tidak ada tanaman kayu putih di sekitar tempat tinggal Anda pun, Anda bisa memanfaatkan minyak kayu putih yang diencerkan kemudian disemprot ke sudut-sudut rumah.

8# Bawang Putih

Bawang Putih

Ada dua hal di dunia ini yang memusuhi bawang putih, yaitu vampir dan tikus. Seperti mengusir vampir dengan menggunakan bawang putih, tikus pun juga akan kabur ketika menghirup aroma bawang putih terlalu banyak. Untuk menggunakan bawang putih, potong-potong terlebih dahulu bawang putih segar sehingga aromanya keluar. Bungkus dengan kain kasa dan letakkan di tempat-tempat yang sering dilalui tikus.

9# Durian

Durian

Buah durian juga memiliki bau menyengat yang akan mengusir tikus dari rumah Anda. Selain itu, tekstur dari kulit durian juga sangat tajam dan tidak disukai tikus. Jika ingin mengusir tikus dengan buah durian, jangan buang kulit durian setelah buahnya dimakan, simpan selama 2-3 hari di ruangan yang sering menjadi tempat tikus berlalu-lalang.

10# Cabai

Cabai

Tanaman pengusir tikus yang terakhir yaitu cabai, pilihlah cabai rawit yang meskipun kecil-kecil memiliki rasa dan aroma pedas yang sangat ampuh untuk mengusir tikus dari rumah Anda. Selain bau menyengat, rasa pedas juga tidak disukai tikus. Hal ini juga berlaku pada merica atau lada. Untuk menggunakan cabai rawit, ulek atau hancurkan terlebih dahulu beberapa tangkai cabai rawit dan campurkan dengan air. Kemudian larutan cabai disemprotkan ke seluruh ruangan, sehingga ketika tikus melewatinya, mata tikus akan merasa pedih sehingga ia akan menyingkir ke luar rumah.

Demikianlah 10 macam tanaman yang dapat mengusir tikus secara alami di rumah. Cukup mudah bukan caranya? Mari usir tikus dari rumah untuk hidup yang lebih sehat serta terbebas dari penyakit dan kuman.

Komentar
error: Mau Copas ya !!