Ini Dia Macam-macam Tanaman Pengusir Nyamuk Terbukti Ampuh Secara Alami

Tanaman Pengusir Nyamuk – Saat musim hujan datang, berarti saatnya pula nyamuk mulai berkembangbiak dengan mudah. Nyamuk seringkali mengganggu manusia, apalagi jika dalam jumlah banyak dan mengisap darah manusia yang kemudian dapat menyebabkan berbagai penyakit, dari mulai malaria hingga demam berdarah.

Salah satu cara mengusir nyamuk tanpa menggunakan berbagai bahan kimia seperti semprotan nyamuk atau obat nyampuk bakar adalah dengan menanam tanaman yang tidak disukai nyamuk, sehingga kebun atau pekarangan Anda secara alami bebas dari nyamuk. Berikut adalah beberapa contoh tanaman pengusir nyamuk yang sering di tanam di rumah.

  1. Bunga Lavender
  2. Bunga Geranium
  3. Bunga krisan
  4. Tanaman Zodia
  5. Rosmarin (Rosemary)
  6. Rumput akar wangi
  7. Daun selasih
  8. Kecombrang / kincung
  9. Serai wangi
  10. Kemangi

Macam-macam Tanaman Pengusir Nyamuk

1# Lavender

Lavender adalah tanaman pengusir nyamuk yang paling populer. Bunganya yang berwarna ungu juga aman dihirup manusia dan sangat wangi, namun sangat dibenci nyamuk. Para peneliti mengemukakan bahwa lavender memang memiliki zat alami bernama daro linalool dan lynalyl asetat yang merupakan aroma yang tidak ramah untuk nyamuk.

Bunga lavender

Berbagai lotion nyamuk juga banyak yang menggunakan aroma lavender, membuktikan bahwa tumbuhan lavender sudah sangat teruji dalam menangani masalah nyamuk. Tanaman lavender sendiri sebetulnya berasal dari pegunungan Alpen, namun bisa pula tumbuh baik di tanah Indonesia.

2# Zodia

Tanaman pengusir nyamuk zodia

Tanaman dengan daun hijau cerah kekuningan namun memiliki wangi yang sangat khas ini juga sangat ampuh untuk mengusir nyamuk jauh dari rumah Anda. Memang tanaman zodia mengandung zat evodiamin dan rutaekarpin yang menjadi musuh utama nyamuk. Penanamannya pun relatif mudah, bahkan Anda dapat menanamnya hanya dengan menggunakan polibag. Ketika tertiup angin, aroma tumbuhan zodia ini akan tersebar di sekelilingnya yang membuat nyamuk enggan untuk tinggal di dekatnya.

3# Rosemary

Rosemary

Memiliki aroma khas yang hangat, mirip dengan minyak kayu putih, menjadikan tumbuhan kerdil yang satu ini juga efektif dalam menghilangkan nyamuk. Secara alami, rosemary dapat mencegah gigitan nyamuk pada kulit, oleh karena itulah banyak pula lotion nyamuk yang menggunakan campuran rosemary. Jika ingin menggunakan tumbuhan segarnya, daunnya dapat digosok-gosokkan langsung ke kulit untuk mencegah gigitan nyamuk.

4# Akar Wangi

Akar Wangi

Dikenal pula dengan nama vetiver, akar wangi termasuk tumbuhan yang dapat mengusir nyamuk dengan baik. Tanaman ini bisa tumbuh secara liar, namun kurang cocok ditanam di dalam pot karena ukurannya yang cukup besar. Seperti namanya, tumbuhan ini memang memiliki wangi khasnya tersendiri, yang tidak disukai nyamuk dan dijamin membuat nyamuk pergi. Banyak pula orang yang menggunakan akar wangi untuk direbus demi mencegah demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti.

5# Geranium

Bunga-Geranium-Pengusir-Nyamuk

Geranium juga cukup populer sebagai tumbuhan pengusir nyamuk. Dikenal pula dengan nama lain tapak dara, geranium mengandung zat kimia bernama sitronelol dan geraniol yang membuat nyamuk buru-buru menjauhi tempat sekitar ditanamnya bunga geranium ini. Ketika angin bertiup kencang di musim hujan, aroma tanaman geranium akan langsung memenuhi udara sekitarnya, terutama jika diletakkan di dalam ruangan. Oleh karena itulah tumbuhan geranium banyak ditanam di samping jendela sehingga aromanya dapat memasuki rumah dan mencegah nyamuk datang.

6# Kecombrang

Kecombrang pengusir nyamuk

Memilliki bunga yang cantik berwarna merah muda, tumbuhan kecombrang atau yang dalam bahasa latin dikenal dengan nama Etlingera eliator ini sangat ampuh pula untuk mengusir nyamuk. Di tanah Sunda, kecombrang dikenal dengan sebutan honje atau kantan, sementara di daerah Medan orang lebih mengenalnya dengan nama kincung. Buah dan bunga kecombrang sebetulnya juga dapat dimakan dan seringkali diolah untuk masakan Sunda seperti pepes, sambal, dan lainnya. Selain enak dimakan, jika ditanam di pekarangan, kecombrang siap menangkal rumah dari perkembangbiakkan nyamuk.

7# Citrosa Mosquito

Citrosa-Mosquito

Citrosa diambil dari kata citrus karena memang tumbuhan ini memiliki aroma yang mirip dengan lemon atau jeruk, juga mosquito yang berarti nyamuk, karena dengan wangi lemonnya, tumbuhan hijau ini mampu menangkal nyamuk untuk berkembangbiak dan merugikan manusia. Aroma lemon atau jeruk yang dihasilkan tumbuhan ini sangat kuat, bahkan beberapa serangga selain nyamuk juga tidak menyukainya. Namun sayangnya tumbuhan ini masih jarang ditemukan di Indonesia, karena berasal dari Belanda dan masih belum banyak yang membudidayakannya di Indonesia.

8# Serai Wangi

Serai wangi

Serai termasuk dalam salah satu bumbu dapur yang biasa digunakan orang Indonesia sebagai penyedap rasa dengan keharuman khasnya. Namun selain untuk dimasak, serai juga dapat digunakan untuk mengusir nyamuk, dengan menanamnya di pekarangan. Serai wangi memiliki kandungan mirip dengan geranium, yaitu sitronelal dan geraniol yang tidak disukai nyamuk. Seperti akar wangi, serai perlu ditanam di lahan terbuka dan kurang cocok ditanam di pot.

9# Mintrosa Of Lady Diana

Mintrosa Of Lady Diana

Mintrosa sebetulnya berasal dari kata citrosa, yang berarti wangi lemon geranium. Mirip dengan tumbuhan citrosa mosquito, namun daunnya memiliki garis putih di sepanjang pinggirannya, juga lebih berbulu dibandingkan citrosa mosquito. Tumbuhan yang satu ini memiliki aroma mint bercampur dengan lemon yang juga bisa membuat nyamuk mabuk kepayang dan enggan kembali mendekat. Walau begitu, tanaman ini juga belum banyak ditemukan di Indonesia karena habitatnya adalah di negara 4 musim.

10# Tanaman Suren

tanaman-suren

Pohon suren memiliki aroma yang khas yang dihasilkan oleh daun dan kulit kayunya. Zat kimia yang terkandung di dalam pohon suren bernama surenon, surenin, dan surenolakton yang dapat mengusir serangga dan nyamuk yang mencoba mendekatinya. Tanaman suren juga banyak ditanam oleh para petani di kebunnya untuk menghindari timbulnya hama pada tumbuhan yang ditanammnya.

11# Marigold

bunga-kenikir

Di Indonesia tanaman marigold dikenal sebagai kenikir, tanaman ini tidak hanya membuat tampilan rumah semakin ceria dengan warna bunganya yang cerah, tumbuhan marigold ternyata juga cukup ampuh untuk mengusir nyamuk. Marigold bisa ditanam baik di pot maupun di tanah terbuka. Jika ditempatkan di pot, ada baiknya menempatkannya di dekat pintu, balkon atau jendela rumah yang seringkali menjadi tempat nyamuk memasuki rumah. Kelebihan lainnya dari marigold adalah dapat mencegah serangga hinggap di tumbuhan yang hidup di dekatnya, .

Demikianlah macam-macam tanaman pengusir nyamuk paling ampuh dan telah terbukti dapat mengurangi jumlah nyamuk di dalam ruangan rumah. Beberapa dapat ditanam di dalam rumah namun beberapa lainnya memerlukan lahan yang agak luas. Tinggal sesuaikan dengan kondisi pekarangan Anda, dan mulailah secara alami membasmi nyamuk yang ganas saat musim hujan datang.

Komentar
error: Mau Copas ya !!