Aneka Jenis Tanaman Hias Daun Outdoor yang Tahan Panas

Kebun Bunga – Tanaman hias daun outdoor merupakan tanaman yang umumnya tahan terhadap panas. Berbeda dengan tanaman hias daun indoor yang dirawat dalam rumah, tanaman outdoor lebih optimal diletakkan di udara terbuka dan terkena cahaya matahari. Berikut merupakan beberapa jenis tanaman hias daun yang sering dipelihara di halaman rumah.

10 Jenis Tanaman Hias Daun Outdoor

1. Alocasia Sanderiana / Alokasia

Alocasia

Tanaman hias daun ini memliki tulang daun berwarna putih kekuningan, kontras sekali dengan warna daunnya yang hijau metalik membuat tumbuhan ini cukup cantik dijadikan tanaman hias daun outdoor. Daunnya berbentuk hati namun sedikit lancip, juga teksturnya unik karena sedikit bergelombang.

2. Agave Attenuata / Siklok

Siklok

Memiliki bentuk daun panjang yang tebal menyerupai pelepah serta berujung lancip membuat tanaman siklok sangat cocok diletakkan di luar ruangan sebagai tanaman hias daun. Optimalnya tumbuhan siklok ditumbuhkan di taman yang agak luas dengan tanah cukup banyak. Tingginya bisa mencapai satu meter dan cukup tahan terkena sinar matahari langsung sepanjang hari.

3. Palem Kuning

Dengan ukurannya yang dapat ditaruh di pot besar, pohon palem juga kerap dijadikan sebagai tanaman hias daun di luar ruangan. Palem dapat mengolah udara di sekitarnya sehingga menjadi lebih bersih dan lebih baik untuk pernapasan. Tanaman palem cocok ditempatkan pada iklim tropis dan subtropis.

Tanaman hias daun palem kuning

Tanaman hias palem mampu bertahan ditempat teduh maupun dibawah sinar matahari langsung. Untuk merawat palem, sebaiknya menjaga media tanam agar tidak terlalu kering, karena jika kurang disiram, daunnya biasanya akan menjadi kusam dan kurang berkilau.

4. Tanaman Hias Daun Suplir

Tanaman Hias Suplir

Tanaman dengan daun berwarna hijau terang ini juga cocok digunakan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah. Walaupun tidak ada bunganya, suplir tetap mempunyai keindahan karena daunnya yang berwarna hijau membuat susana rumah menjadi segar. Untuk merawat tanaman suplir, letakkan di bawah sinar matahari hanya pada pagi dan sore hari, namun jangan sampai pada siang hari antara pukul 10.00-14.00 saat matahari sedang terik-teriknya, karena suplir bisa mati karena kekeringan.

5. Kuping Gajah

Tanaman Kuping Gajah

Kuping gajah memiliki nama latin Anthurium chrystallinum, memiliki daun yang berukuran cukup besar sehingga dinamakan dengan kuping gajah. Daunnya hijau mengkilap, cukup tebal, berbentuk caping dan memiliki garis-garis tak teratur. Cocok diletakkan di teras rumah, jika pandai merawatnya, daun akan tumbuh subur dan sedap dipandang.

6. Keladi Red Star

Keladi Red Star

Memiliki bentuk daun sejenis dengan kuping gajah, namun berwarna hijau di pinggiran daunnya yang tergradasi dengan warna merah muda di tengah daun. Sangat cantik karena membuat pekarangan tidak monoton hanya dengan warna hijau. Cocok pula diletakkan di luar rumah sebagai tanaman hias daun outdoor, karena keladi red star membutuhkan sinar matahari cukup banyak agar dapat tumbuh optimal.

7. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Lidah buaya

Lidah buaya memiliki nama latin Aloe Vera, tanaman ini bersifat sukulen dan menyukai hidup di tempat yang kering. Batang tanaman pendek, mempunyai daun yang bersap-sap melingkar dan sepanjang tepi daun terdapat duri yang tumpul dan tidak berwarna. Lidah buaya dapat ditempatkan di teras luar rumah sehingga akan membuat udara di rumah anda menjadi sejuk.

8. Simbar Menjangan atau Paku Tanduk Rusa

Paku tanduk

Tanaman hias simbar menjangan, biasanya disebut sebagai Paku Tanduk. Tanaman ini dapat dijumpai secara liar tumbuh di semua daerah tropis dunia. Tanaman hias Daun ini bisa ditempatkan di tempat yang teduh atau digantungkan dihalaman depan atau belakang untuk memberikan kesan alami pada rumah.

9. Palem Zamia (Cardboard Palm)

Palem Zamia

Tanaman hias palem zamia memiliki nama latin Cardboard Palm, dapat dijadikan tanaman hias outdoor yang cukup populer dan sangat mudah untuk dipelihara dirumah. Palem zamia adalah sejenis tanaman gurun yang berasal dari meksiko. Tanaman ini juga bermanfaat untuk membersihkan polusi udara di rumah selain fungsinya sebagai tanaman hias outdoor untuk mempercantik rumah.

10. Pohon Cemara

Pohon Cemara di rumah

Satu lagi tanaman hias daun yang seringkali digunakan untuk menghias pekarangan maupun landskap, yaitu pohon cemara. Walau identik tumbuh di tempat yang dingin, namun di dataran rendah pun cemara bisa hidup dengan baik asalkan tanahnya tetap dijaga agar tidak terlalu kering. Jika tempat tidak terlalu luas pun, Anda bisa memilih cemara yang masih kecil untuk mendapatkan kesejukan pandangan mata dan udara.

Demikianlah 10 tanaman hias daun outdoor yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan dan letak penanamannya, semoga bermanfaat dan memberikan pencerahan bagi Anda yang suka bercocok tanam. #GO Green Indonesia

Komentar