10 Macam Tanaman Buah yang Bisa Ditanam Dalam Pot (Tabulampot)

Tabulampot – Tanaman buah-buahan biasanya memiliki ukuran yang cukup besar dan tinggi, sehingga diperlukan lahan yang luas untuk menanamnya. Padahal, jika tinggal di perkotaan yang semakin hari semakin padat, Anda pasti sudah paham sulitnya mencari lahan luas untuk berkebun. Oleh karena itulah terdapat inovasi tanaman buah yang bisa ditanam di dalam pot sehingga menjadi solusi bagi banyak orang yang ingin memetik buah dari kebun sendiri yang tidak luas. Apa saja tanaman buah yang bisa produktif ditanam dalam pot? Mari simak ulasannya berikut ini.

1# Tabulampot Semangka

Tabulampot-Semangka

Tanaman Semangka tergolong dalam tanaman yang merambat. Untuk menanamnya di dalam pot, jangan lupa untuk menambahkan kayu rambatan sehingga tanaman semangka tidak menjulur hingga ke bawah pot dan menyebar kemana-mana. Buah semangka juga termasuk buah yang cepat panennya. Walaupun buah semangka cukup besar, namun dengan pot berukuran 50 cm untuk satu tanaman, bisa dikatakan sudah optimal untuk menumbuhkan semangka. Sering-seringlah menyiram tanaman semangka, karena air sangat dibutuhkan dalam perkembangan buahnya.

2# Tabulampot Melon

Tabulampot Melon

Seperti halnya semangka, melon yang memiliki bentuk fisik tanaman sangat mirip dengan semangka ini juga sangat mudah ditanam di dalam pot. Bahkan jika tanpa sengaja Anda membuang biji melon ke tanah pun, ia akan tumbuh. Jika ingin menanam melon dalam pot, berikan juga tiang rambatan serta jangan sampai lupa menyiramnya. Melon akan tumbuh baik dengan media tanam gabungan antara tanah, pupuk kandang, dan arang sekam.

3# Tabulampot Blueberry

Tabulampot-Blueberry

Jika Anda menginginkan tanaman yang berumur panjang dan terus menerus berbuah, maka blueberry bisa menjadi salah satu pilihan untuk ditanam di dalam pot. Blueberry termasuk semak yang bisa membesar, namun ditempatkan di dalam pot pun bisa menghasilkan buah cukup produktif. Untuk menanam blueberry, siapkan pot berdiameter 50 cm dengan media tanam cocopeat dan kompos. Walaupun harga bibit dan tanaman blueberry di Indonesia cukup mahal, setelah panen tentunya semua itu akan terbayarkan dengan juntaian buah berwarna biru yang berjejer rapat.

4# Buah Ara

Buah Ara dalam pot

Buah Ara dikenal pula dengan nama buah Tin. Masih jarang orang yang menanam buah ini di Indonesia, namun nyatanya buah tin bisa ditanam di dalam pot dengan cara melakukan stek batang. Buah ara memiliki banyak variasi, pilihlah varian Jelly Bean jika Anda ingin menanamnya di dalam pot.

Baca Juga :
» Cara Menanam Buah Naga dalam Pot
» Cara Menanam Pepaya California dalam Pot
» Cara Menanam Strawberry dalam Pot

5# Tabulampot Arbei

Tabulampot Arbei

Buah ini mirip seperti stroberi, tumbuhan arbei adalah tumbuhan yang menjalar dan tidak tumbuh banyak secara vertikal, membuat tumbuhan yang satu ini sangat cocok ditanam di dalam pot. Arbei banyak dibudidayakan dengan cara stek batang maupun menanam bijinya. Dengan media tanam campuran antara tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1, Anda siap bercocok tanam arbei untuk menikmati buahnya beberapa bulan kemudian.

6# Tabulampot Nanas

Tabulampot Nanas

Nanas adalah salah satu buah yang sangat unik. Tanaman nanas tidak tinggi, daunnya berpusat pata satu garis di tengah yang kemudian pada pucuk daun tumbuh buah nanas. Pohon nanas selain diambil buahnya juga memiliki nilai tambah lain sebagai penghias pekarangan karena bentuknya yang indah. Sebagai buah tropis, nanas juga sangat mudah ditanam di Indonesia, tidak memerlukan perawatan khusus, asalkan Anda tidak lupa menyiramnya.

7# Buah Persik

Buah Persik

Buah persik adalah alternatif lainnya untuk tanaman buah dalam pot. Untuk menanam buah persik, Anda perlu memerhatikan kondisi optimalnya tumbuh, yaitu di rentang temperatur 18-21oC, yang artinya persik perlu ditumbuhkan di daerah dataran tinggi. Buah persik dapat dipanen setelah sekitar 1-2 tahun tumbuh. Persik dibudidayakan dengan cara menanam kembali bijinya yang akan menghasilkan pohon baru.

8# Tabulampot Jambu Biji

Tabulampot Jambu Biji

Jambu biji atau guava juga merupakan salah satu alternatif pilihan tanaman buah dalam pot. Aslinya, pohon jambu biji bisa mencapai ketinggian 10 meter dengan batang yang berukuran besar. Kini sudah banyak orang yang mengembangkannya menjadi tanaman buah dalam pot yang berukuran lebih kecil dan sudah berbuah sebelum pohon meninggi. Buah jambu biji juga termasuk buah yang panennya cepat, sehingga tanpa menunggu waktu lama Anda sudah akan memetik jerih payah berkebun buah di dalam pot.

9# Tabulampot Anggur

Tabulampot Anggur

Tanaman anggur yang tumbuh merambat juga ternyata cocok ditanam di dalam pot, terutama anggur jenis Isabella, Belgi, Alphonso Lavalle, dan Anggur Probolinggo Biru. Namun untuk menanam anggur Anda harus memperhatikan iklim lingkungan penanaman yang tepat. Anggur hanya bisa tumbuh baik di daerah yang cenderung lembab (75-80%), dengan temperatur yang dingin. Selain itu, sinar matahari juga harus cukup untuk membuatnya berbuah lebih lebat. Anggur baru akan menghasilkan buah ketika sudah ditanam sekitar 1,5 tahun.

10# Tabulampot Jeruk Nipis

Tabulampot Jeruk Nipis

Jeruk nipis yang memiliki ukuran batang tidak terlalu besar memang sangat cocok ditanam dalam pot. Tanaman jeruk juga termasuk tanaman yang sangat mudah berbuah, sehingga tingkat keberhasilannya cukup tinggi. Jeruk nipis juga banyak digunakan untuk masakan Indonesia, baik daun maupun buahnya, sehingga manfaat menanam tumbuhan jeruk nipis dapat dirasakan sehari-hari. Pot untuk menanam jeruk nipis juga tidak perlu terlalu besar karena tumbuhan ini memang tidak tumbuh tinggi dan besar. Hanya saja jeruk nipis mudah terserang hama seperti ulat dan lainnya, sehingga Anda harus rajin merawatnya agar tetap tumbuh optimal.

Selain ke-sepuluh tanaman buah dalam pot diatas juga ada beberapa tanaman buah lainnya, berikut kami sajikan dalam galeri gambar, semoga bisa menjadi inspirasi anda.

Galeri Gambar Tabulampot

Demikianlah 10 macam buah yang banyak ditemukan dan ditanam dalam pot. Beberapa sangat mudah penanaman dan perawatannya, beberapa lainnya memerlukan teknik khusus untuk bisa lebat berbuah. Selamat mencoba!

Komentar