8 Macam Sayuran yang Baik Untuk Diet Sehat

Kebun Bunga – Menurunkan berat badan dengan sayur-sayuran sebenarnya sangat mudah dijalankan bagi siapa saja, meskipun sebagian orang tidak menyukai sayuran. Ada banyak jenis sayuran yang baik untuk diet, apalagi jika sayuran tersebut mengandung serat yang dapat melancarkan pencernaan, juga berbagai mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh tanpa mengandung terlalu tinggi kalori, tentu hal ini akan menjadi menu sayuran diet yang menyehatkan. Biasanya sayuran ini bisa langsung dimakan atau diolah agar penyajiannya lebih nikmat dikonsumsi. Berikut merupakan 8 macam sayuran yang baik untuk diet cepat.

Sayuran Untuk Diet

Aneka sayuran untuk diet sehat

  1. Paprika

Paprika dapat membantu Anda yang sedang berdiet dengan cara membakar kalori. Buah yang berasal dari Amerika Selatan ini terkenal manis dan cukup pedas seperti cabai sehingga sangat baik dikonsumsi saat diet. Paprika mengandung zat yang dapat mempercepat proses metabolisme dalam tubuh, sehingga lebih cepat nutrisi dikonversi menjadi energi dan tidak menumpuk sebagai cadangan makanan.

Selain itu, penyajian satu buah paprika setiap harinya dapat memenuhi 3 kali anjuran asupan vitamin C, salah satu jenis vitamin yang dapat mencegah timbulnya hormon stres terlalu banyak, sehingga memicu penyimpanan lemak lebih banyak dalam tubuh. Paprika dapat diolah menjadi campuran salad untuk makan malam, omelet rendah minyak untuk makan siang, atau disajikan bersama ayam bagi Anda yang sedang berdiet.

  1. Brokoli

Bunga berwarna hijau ini memiliki kandungan berupa sulforafan yang dapat meningkatkan hormon testosteron pada tubuh, yang kemudian dapat menurunkan kadar penyimpanan lemak dalam tubuh. Selain itu, dengan warna hijau segarnya, terbukti brokoli sangat tinggi kandungan vitamin C nya, sehingga juga mengurangi hormon kortisol yang dapat membuat penumpukan lemak di sekitar bagian perut.

Brokoli dapat diolah dengan berbagai macam cara, seperti misalnya direbus dan dibumbui dengan sedikit garam dan lada, dimasak bersama kentang rebus dan ditambahkan keju, atau ditumis sedikit dengan bawang.

  1. Bayam

Sayuran yang baik untuk diet selanjutnya adalah Bayam, makanan favorit Popeye ini selain menambah energi juga dapat membantu orang yang sedang melakukan diet. Energi yang didapatkan dari memakan bayam merupakan hasil dari pembakaran kalori yang disebabkan oleh zat yang terkandung di dalam bayam. Selain itu, terdapat pula zat thylakoid dalam bayam, yang dapat mengurangi rasa lapar serta menurunkan berat badan.

Bayam dapat diolah dengan cara mengukusnya dan ditambahkan dengan sedikit cincangan bawang putih, minyak zaitun, dan lemon untuk Anda yang sedang berdiet.

  1. Acar

Acar atau yang dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan nama pickel merupakan sayuran yang sangat dipenuhi oleh serat dan diolah menggunakan cuka, yang juga baik untuk Anda yang sedang berdiet. Satu buah acar berukuran besar hanya mengandung sekitar 15 kalori namun memiliki 2 gram serat pembakar lemak di perut.

Acar

Acar (Foto/Wikipedia)

Sementara itu, asam yang dihasilkan dari cuka pada acar mampu membakar karbohidrat hingga 40% lebih banyak. Semakin banyak karbohidrat yang terbakar, semakin cepat tubuh mengolah lemak, dan juga mengurangi rasa lapar yang terus-menerus menerpa. Acar sebaiknya dimakan sebagai hidangan pelengkap untuk makan siang.

  1. Kentang

Kentang memang memiliki kalori yang lebih rendah dibandingkan nasi, sehingga lebih banyak orang yang berdiet mengganti asupan karbohidrat dari nasi menjadi kentang. Namun alangkah lebih baik lagi jika kentang dikonsumsi secara dingin, karena jika dipanaskan, kentang akan berkurang kemampuannya untuk memberantas lemak dalam tubuh.

Kentang dapat berperan sebagai karbohidrat resistan, yang kemudian memicu oksidasi lemak untuk menjadi energi, namun hanya berlaku jika kentang dimakan saat dingin. Oleh karena itu, setelah memanggang kentang, diamkan terlebih dahulu beberapa saat atau masukkan ke kulkas untuk lebih banyak lagi lemak yang dapat terbakar.

Artikel Terkait : Buah-buahan yang Baik untuk Diet
  1. Bawang Merah

Bawang merah sangat kaya akan quercetin, salah satu jenis flavonoid yang mampu memperlancar aliran darah dan mengaktifkan protein dalam tubuh yang mampu mengatur kadar gula dalam darah, membakar simpanan lemak, dan mencegah sel lemak baru tertimbun dalam tubuh.

Bawang merah juga memberikan rasa yang gurih pada suatu makanan, sehingga asupan garam dapat dikurangi. Sangat cocok bagi Anda yang sedang diet Mayo yang sama sekali tidak dapat mengonsumsi garam. Selain itu, kandungan kalori dalam bawang merah juga sangat rendah. Segala macam hidangan biasanya juga cukup fleksibel dicampurkan dengan irisan bawang merah, mulai dari sup, sandwich, salad, hingga pasta.

  1. Mentimun

Dengan kandungan airnya yang dapat mencapai 90% dan serat yang melimpah, mentimun yang sering dijadikan sayuran tambahan pada berbagai macam hidangan ini ternyata juga cukup baik untuk diet. Mentimun juga mengandung kalori dalam jumlah sangat rendah, sehingga Anda tidak perlu pusing memikirkan kalori yang bertambah ketika mengonsumsinya.

Manfaat lainnya dengan mengonsumsi mentimun adalah tubuh bebas dari dehidrasi dan lemas yang seringkali dirasakan orang yang sedang berdiet. Mentimun juga membuat tubuh terasa kenyang lebih lama. Tambahkan beberapa iris mentimun untuk melengkapi hidangan pokok, terutama pada siang hari yang cenderung membutuhkan banyak energi.

  1. Wortel

Pengolahan wortel cukup bervariasi, Anda dapat merebusnya sebagai sayur sup atau mengukusnya untuk digabungkan bersama sayuran lainnya. Wortel sangat kaya akan kandungan beta karoten dan serat yang membantu melancarkan pencernaan. Satu porsi sajian wortel juga hanya mengandung sekitar 3% ‘budget’ kalori yang dapat dikonsumsi seseorang yang sedang berdiet, jika total kalori yang boleh dikonsumsi adalah 1500 kalori per hari.

Wortel juga dikenal sangat kaya akan vitamin A, yang mampu ‘berkomunikasi’ dengan sel lemak yang tersimpan dalam tubuh untuk mencegah obesitas, menurut sebuah penelitian yang telah dipublikasikan dalam Archives of Biochemistry and Biophysics pada tahun 2015.

Demikianlah 8 macam sayuran untuk diet yang sangat baik dikonsumsi dan bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Selamat mencoba dan semoga berat badan Anda cepat berkurang secara sehat. Jangan lupa imbangi dengan olahraga agar tubuh tetap sehat walaupun sedang berdiet.

Komentar