Mengenal Perbedaan Tanaman Biji Selasih dan Kemangi Serta Manfaatnya

Tanaman Obat – Biji Selasih atau basil (Ocimum) adalah sejenis tanaman terna yang dapat dimanfaatkan bagian daun, bunga, dan bijinya sebagai bahan masakan, rempah-rempah, campuran minuman, dll. Beberapa jenis tanaman selasih, misalnya kemangi berasal dari Asia Tenggara, namun sebagian besar selasih juga dikabarkan berasal dari India dan tersebar hingga ke wilayah eropa.

Manfaat Biji selasih

Biji selasih memiliki ciri berwarna hitam kecil dan luarnya dikelilingi warna putih bening, besarnya hampir seukuran dengan biji wijen. Biji selasih berasal dari bunga kemangi yang sudah kering, yang kemudian biji tersebut direndam hingga muncul selaput putih bening dipinggirnya.

Apa perbedaan Kemangi dan Selasih ?

Kedua tanaman ini termasuk tumbuh-tumbuhan dalam keluarga Lamiaceae. Tanaman kemangi memiliki nama latin Ocimum x citriodorum. Sementara, tanaman selasih nama ilmiahnya adalah Ocimum basilicum.

perbedaan Kemangi dan Selasih

Selasih dan Kemangi sering dianggap sebagai tanaman yang sama. Ini dikarenakan kedua tanaman ini mempunyai struktur dan postur tubuh yang sangat identik. Bagian daun, akar dan biji tumbuhan ini memiliki rupa yang tidak jauh berbeda. Keduanya juga mengandung bahan-bahan yang dapat dimanfaatkan seperti minyak atsiri, sineol, osimena, farnesena dan lain-lain.

Perbedaan dari selasih dan kemangi yaitu :
  • Bunga kemangi berwarna putih sementara bunga selasih berwarna cokelat kehitaman.
  • Kemangi mengandung bahan-bahan kimia dan minyak atsiri dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan tanaman selasih.
  • Daun kemangi sering di konsumsi sebagai lalapan, sedangkan selasih lebih sering digunakan dalam ritual upacara-upacara keagamaan.

Manfaat Biji Selasih Untuk Kesehatan Tubuh

Biji selasih memiliki zat-zat yang cukup baik untuk kesehatan manusia. Beberapa kandungan penting yang ada dalam biji selasih yaitu tymol, eugenol, metal eugenol, serta vitamin kompleks, serat dan lemak. Masing – masing dari kandungan tersebut memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut adalah manfaat biji selasih bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

  1. Kandungan Antispasmodic dalam biji selasih mampu menyembuhkan penyakit batuk berdahak dan sebagai ekspektoran. Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan biji selasih pada secangkir teh.
  2. Vitamin C dan antioksidan dalam kandungan biji selasih dapat berperan penting untuk meningkatkan dan menguatkan sistem imun dalam tubuh manusia, sehingga tidak mudah terserang penyakit.
  3. Tanaman selasih yang memiliki efek karminatif dapat berfungi menyembuhkan berbagai masalah pencernaan seperti perut kembung, sembelit dan susah BAB.
  4. Biji selasih yang mengandung minyak alami dapat digunakan untuk membantu menyembuhkan luka dan juga infeksi pada kulit seperti luka terbakar.
  5. Bagi anda yang susah tidur atau insomnia, dengan rutin mengkonsumsi biji selasih maka dapat mengurangi stress, rasa gelisah yang berlebihan dan susah tidur.
  6. Manfaat biji selasih untuk diet alternatif penunda lapar, serat yang terkandung dalam biji selasih yang membuat kenyang lebih lama namun tetap menyehatkan usus karena menghambat konversi pati menjadi gula, dan dapat mengurangi penyerapan toksin dalam tubuh.
  7. Selain berkhasiat memperlancar peredaran darah dalam tubuh, biji selasih juga dapat meningkatkan kinerja hati yang menetralkan dan mengeluarkan racun dalam tubuh, memperlancar keluarnya keringat dan air seni, serta menurunkan demam dan panas dalam.
  8. Untuk ibu hamil yang mengalami demam atau panas dalam. Biji selasih dapat dikonsumsi dengan aman untuk mengatasi penyakit tersebut.
  9. Biji selasih dapat digunakan untuk menghaluskan dan melembabkan kulit wajah. Cara adalah dengan menumbuk biji selasih hingga halus, seduh dengan air panas secukupnya, aduk hingga dingin, kemudian gunakan sebagai lulur pada wajah. Lakukan perawatan ini sehari sekali menjelang akan mandi sore.
  10. Biji selasih juga bisa dimanfaatkan untuk kesuburan dan mengatasi vagina yang becek. Kandungan pada biji selasih berupa zat cineole dan tannin. Keduanya berkhasiat mengurangi sekresi cairan berlebih pada organ vagina wanita.

Demikian informasi tentang tanaman selasih mulai dari perbedaan nya dengan kemangi hingga manfaat biji selasih untuk kesehatan tubuh dan kulit. Semoga dengan artikel ini, anda dapat memanfaatkan biji selasih sebagai salah satu pilihan alternatif obat herbal keluarga anda.

Komentar
error: Mau Copas ya !!