Manfaat Kumis Kucing sebagai Tanaman Obat Indonesia

Manfaat Kumis Kucing – Tanaman kumis kucing merupakan salah satu tanaman obat asli Indonesia yang mempunyai banyak manfaat dan kegunaan mengobati berbagai penyakit, diantaranya adalah untuk pengobatan radang ginjal, memperlancar pengeluaran air kemih, mengobati rematik hingga penyakit syphilis.

Daun yang memiliki nama latin Orthosiphon aristatus ini rupanya sudah dimanfaatkan oleh masyarakat Asia sejak zaman dulu. Tak hanya terkenal di Asia, di luar Asia pun racikan dengan daun Kumis Kucing sudah terkenal dan memiliki sebutan sendiri, yaitu Indian Kidney Tea atau Java Tea.

Manfaat kumis kucing

Untuk habitat, Kumis Kucing dapat ditemukan di daerah beriklim tropis maupun subtropis, seperti daerah Asia Tenggata, Asia Timur, dan memanjang hingga ke Queensland, Australia.

Penamaan Kumis Kucing sendiri ternyata bukan tanpa alasan. Penyebabnya adalah Kumis Kucing memiliki bunga yang unik dan khas. Bunganya tersusun seperti pucuk pohon cemara, berwarna ungu keputihan, dan pada pangkalnya, terdapat benang-benang halus nan tipis menyerupai kumis kucing.

Khasiat Kumis Kucing

Tanaman Kumis Kucing ini ternyata mengandung banyak zat aktif yang berkhasiat sebagai obat, antara lain rosmarinic acid, lipophilic flavonoids, sinensetin, orthosiphol dan orthosiphon. Nah, zat-zat tersebut memiliki peranan sebagai anti radang sekaligus antioksian.

Pada akhirnya, zat aktif tersebut dapat menyembuhkan peradangan yang terdapat pada ginjal, kandung kemih, dan saluran kencing. Tak hanya itu, dalam pengobatan tradisional, daun ini sering dipakai untuk peluruh batu ginjal. Cara kerjanya sebagai diuretik, mencuci atau membersihkan saluran kencing.

Tak hanya berkhasiat untuk pengobatan ginjal, daun ini juga sering digunakan untuk pengobatan asam urat, hipertensi, diabetes, dan berbagai penyakit lainnya. Penggunaannya bisa tunggal atau dicampur dengan bermacam-macam daun herbal lainnya.

Uniknya lagi, hampir semua bagian Kumis Kucing bisa dimanfaatkan, mulai dari daun, bunga, hingga batang. Daun biasanya paling banyak digunakan sebagai ramuan teh. Bisa juga dikonsumsi dalam keadaan segar maupun kering. Selain berupa ramuan teh, kini juga telah ditemukan ramuan  Kumis Kucing  dalam bentuk tablet dan kapsul.

Untuk dosis penggunaan dalam bentuk teh, biasanya ramuan Kumis Kucing disajikan sekitar 2-4 gelas per hari, dengan 150-200 ml per porsi.

Dalam kenyataannya, ramuan Kumis Kucing tak murni berdiri sendiri melainkan sering juga dicampur dengan berbagai jenis daun herbal lainnya.

Tips Pengolahan

Sebenarnya, cara pengolahan Kumis Kucing sebagai obat diuretik tergolong cukup mudah, sehingga dapat dilakukan oleh setiap orang, tak harus orang yang memiliki latar belakang medis dan pengobatan.

Setelah dipetik dan dikumpulkan, hal yang pertama harus Anda lakukan adalah mencucinya. Tak perlu terlalu ekstrim, cukup sampai dirasa bersih saja. Kemudian Anda harus merebus daunnya dan tunggu hingga air rebusan menyusut jumlahnya. Jangan lupa disaring sebelum diminum.

Bagi Anda yang sering buang air kecil atau anyang-anyangan, rebus 30 gram daun Kumis Kucing dengan 600 ml air. Tunggu hingga air rebusan menyusut setengahnya, kemudian tinggal disaring dan teh pun siap untuk diminum.

Namun, bagi Anda penderita penyakit batu ginjal, tak cukup bila hanya mengonsumsi air rebusan daunnya saja. Anda perlu menyiapkan dan merebus 90 gram daun dan batang Kumis Kucing dengan air sebanyak satu liter. Didihkan air hingga menyusut dan tersisa 600 ml saja. Setelah itu jangan lupa disaring. Penggunaan 3 kali sehari 200 ml per porsi.

Seperti yang sudah ditulis sebelumnya, ramuan Kumis Kucing juga dapat ditambahkan dengan berbagai jenis tumbuhan herbal berkhasiat lainnya untuk hasil yang lebih maksimal, seperti alang-alang, meniran, ataupun daun keji beling.

Nah, luar biasa bukan manfaat Kumis Kucing bagi kesehatan tubuh? Jadi, tak ada salahnya jika Anda mulai membudidayakan tanaman obat ini, mungkin suatu hari nanti Anda akan membutuhkannya.

Sekian uraian mengenai Kumis Kucing, Si Unik Pembersih Ginjal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk menambah wawasan Anda. Jangan lupa, bagikan juga kepada orang-orang yang Anda sayangi, sehingga semakin banyak orang yang merasakan khasiat Kumis Kucing.

Komentar
error: Mau Copas ya !!