13 Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Singkong – Daun ubi kayu adalah daun yang berasal dari tanaman singkong atau ketela pohon. Daun singkong dapat dimasak menjadi sayuran yang lezat walau rasanya agak sedikit getir dan pahit. Kendati demikian, ternyata daun singkong ini mempunyai banyak kandungan serat, vitamin dan mineral yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Berikut adalah Kandungan gizi daun singkong masak dilansir dari Wikipedia:

  • Protein 6.8 gram
  • Kalsium 165 mg
  • Fosfor 54 mg
  • Besi 2.0 mg
  • Vitamin A 11000 IU
  • Vitamin C 275 mg

Kandungan gizi yang baik dalam daun singkong tersebut membuat sayuran hijau ini layak menjadi menu santapan harian kita.

Manfaat Daun Singkong

Manfaat Daun Singkong

Daun singkong telah akrab di lidah sebagai sajian lalapan yang menggiurkan. Tak hanya sebagai lalapan saja, daun singkong juga bisa dimasak bersama dengan santan sehingga memberikan cita rasa yang lezat.

Selain karena rasanya yang enak, ternyata daun singkong juga memiliki banyak manfaat. Berikut 13 manfaat daun singkong bagi kesehatan tubuh.

1. Dapat Mengobati Stroke

Berdasarkan suatu hasil penelitian, daun singkong telah teruji dan terbukti sangat baik untuk mengobati penyakit stroke. Hal ini disebabkan oleh adanya isoflavon dalam daun singkong yang sangat bagus untuk mengobati penyakit stroke.

2.  Meningkatkan Daya Tubuh

Kandungan vitamin C dalam daun singkong tergolong cukup tinggi. Hal inilah yang akhirnya membuat sayuran hijau ini mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Selain mengandung vitamin C, daun singkong ternyata juga mengandung vitamin A dalam jumlah yang cukup besar. Nah, seperti yang Anda ketahui, vitamin A mempunyai peranan yang penting untuk menjaga kesehatan mata Anda. Karena itu konsumsilah daun singkong secara rutin untuk mendapatkan mata yang sehat.

4. Mencegah Ostheporosis

Ternyata daun singkong juga mengandung senyawa fosfor dan kalsium loh. Zat ini akan membantu Anda menjaga kesehatan tulang dan mencegah Anda terkena penyakit ostheoporosis.

5. Sebagai Penyembuh Luka

Daun singkong termasuk tanaman yang kaya akan serat dan zat besi. Nah, zat besi inilah yang mempunyai peranan penting dalam proses penyembuhan luka. Zat tersebut membuat luka Anda cepat mengering dan pulih.

6. Mencegah Penuaan Dini

Khasiat yang satu ini cukup menarik, yaitu membuat Anda menjadi awet muda tanpa efek samping. Karena konsumsi daun singkong secara teratur dapat menjadi pengganti dari pengobatan kimia.

7. Melancarkan Metabolisme Tubuh

Daun singkong adalah protein nabati yang juga mengandung vitamin B. Vitamin ini berperan penting dalam pembentukkan enzim-enzim yang membantu meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

8. Sebagai Sumber Energi

Protein dalam daun singkong dapat membantu menghasilkan energi karena asam amino esensial berperan penting dalam proses pengubahan karbohidrat menjadi energi.

9. Sebagai Antioksidan

Daun singkong juga mengandung zat antioksidan yang penting bagi tubuh. Sehingga dapat menangkal radikal bebas, mencegah kanker, dan memperkecil risiko penuaan dini.

10. Membantu Proses Regenerasi Sel

Selain sebagai bahan untuk proses pembuatan energi, asam amino essensial yang terdapat dalam daun singkong juga berfungsi menjaga dan meregenerasi sel dalam tubuh Anda.

11. Membantu Proses Diet

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, Anda bisa memasukkan daun singkong ke dalam datar makanan Anda karena daun singkong mengandung banyak serat dan protein yang tinggi. Sehingga Anda tidak perlu khawatir kekurangan gizi.

12. Baik Untuk Pencernaan

Dengan adanya serat serta vitamin dan mineral yang cukup banyak, daun singkong akan menunjukkan efek yang baik bagi pencernaan Anda.

13. Menambah Darah

Bagi Anda yang anemia, cukup konsumsi daun singkong secara rutin, karena daun singkong merupakan salah satu sayuran penambah darah yang pastinya bermanfaat bagi Anda.

Demikian artikel mengenai beberapa macam manfaat daun singkong untuk kesehatan tubuh. Yuk rutin kita konsumsi daun singkong sebagai salah satu masakan sayuran hijau yang bernutrisi.

Komentar
error: Mau Copas ya !!