Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan, Kecantikan Hingga Penangkal Ilmu Hitam

Manfaat Daun Kelor – Kata pepatah, dunia ini tidak selebar daun kelor. Pernahkah Anda penasaran memikirkan apa sebetulnya daun kelor itu dan sekecil apa bentuknya? Daun kelor merupakan salah satu tumbuhan dengan nama latin Moringa oleifera dan dikenal pula dengan nama Moringa leaves dalam bahasa Inggris. Memang bentuknya kecil-kecil, seukuran koin 100 rupiah, namun khasiat dan manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan.

Tanaman kelor memiliki habitat asli dari Pakistan, India, dan Nepal. Beberapa abad terakhir, daun kelor mulai populer untuk kesehatan tubuh dengan kandungan nutrisinya yang tinggi. Di tempat asalnya, daun kelor juga telah banyak digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, mulai dari anemia, artritis, jantung, hingga gangguan pencernaan.

Manfaat Daun Kelor

Selain bermanfaat bagi kesehatan manusia, daun kelor juga memiliki segudang manfaat bagi kecantikan. Ingin tahu apa saja yang bisa dilakukan daun kelor untuk mempercantik dan meningkatkan kesehatan diri Anda? Simak ulasannya dalam beberapa poin berikut.

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun kelor cukup banyak mengandung zat mineral seng (zinc) yang sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat kekebalan tubuh seseorang meningkat, biasanya anggota tubuhnya pun akan terlihat lebih terawat, seperti misalnya rambut yang akan lebih cepat tumbuh. Mineral seng di dalam daun kelor di dalam tubuh akan bekerja sama dengan silika dan vitamin A untuk membuat kulit kepala tetap lembab dan mencegah penyumbatan karena produksi minyak berlebih di kulit kepala.

Saking pentingnya mineral seng untuk tubuh, jika tidak tercukupi maka pertumbuhan rambut akan terhambat karena kurangnya bahan pembentuk DNA dan protein untuk rambut, karena memang mineral seng lah yang berperan membentuk asam nukleat pemebentuk DNA. Kandungan mineral seng sebanyak 600 mcg per 100 gram daun kelor tentunya sangat baik menjalankan fungsi ini.

  1. Melancarkan Peredaran di Kulit Kepala

Daun kelor juga mengandung vitamin E dalam jumlah yang cukup signifikan. Vitamin E yang terkandung dalam daun kelor berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melancarkan peredaran darah yang ada di dalam kulit kepala. Hal ini cukup penting karena saat peredaran darah lancar, maka nutrisi untuk kulit kepala lebih mudah diserap terutama bagi kesehatan kulit kepala.

  1. Menangkal Tanda-Tanda Penuaan Dini

Terutama bagi para wanita, hal yang seringkali menghantui adalah bertambahnya usia dan munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti kulit wajah yang mulai menunjukkan garis-garis halus. Penuaan dini sebetulnya disebabkan oleh serangan radikal bebas pada sel kulit, yang sewaktu muda menghasilkan banyak kolagen namun semakin bertambahnya usia produksi kolagen berkurang.

Salah satu cara untuk menangkal tanda-tanda penuaan dini adalah dengan cara merawat wajah dengan daun kelor yang sangat kaya akan antioksidan. Antioksidan pada daun kelor mampu menangkal radikal bebas menyerang sel kulit sehingga kulit pun akan terlihat lebih kencang walau usia terus bertambah.

  1. Mencegah Ketombe

Jika diekstrak, daun kelor dapat menghasilkan pula minyak kelor yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan rambut. Rambut Anda mudah patah atau berketombe? Kini tidak perlu pusing lagi memikirkan bahan alami yang bisa mengatasinya, karena daun kelor mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan jaringan kulit kepala

  1. Mencegah Rambut Rontok

Penasaran mengapa rambut seseorang bisa mudah rontok? Berdasarkan penjelasan ilmiahnya, rambut rontok disebabkan oleh rambut yang kekurangan berbagai vitamin seperti vitamin B6, biotin, inositol, dan asam folat. Jika Anda merasa rambut terus-menerus rontok ketika disisir, ada baiknya untuk mencoba mengobatinya dengan daun kelor. Daun kelor kaya akan mineral dan vitamin yang mendukung agar rambut lebih kuat seperti vitamin C dan E yang juga menutrisi kulit kepala.

  1. Bahan Pembentuk Kolagen dan Keratin

Daun kelor juga mengandung sulfur dalam jumlah yang cukup tinggi. Sulfur digunakan dalam tubuh untuk membentuk kolagen dan keratin, dua buah protein yang sangat penting bagi kulit. Walaupun kolagen dan keratin dapat diproduksi oleh tubuh, namun semakin bertambahnya usia produksi kedua protein penting ini terus berkurang, sehingga Anda harus rajin menambahnya dengan menyediakan bahan-bahan yang dibutuhkan kolagen dan keratin, seperti misalnya dengan mengonsumi daun kelor.

  1. Mencerahkan Kulit

Selain daunnya, ada bagian lain dari tumbuhan kelor yang mampu dimanfaatkan, yaitu biji kelor yang sudah diekstrak. Baru-baru ini, ekstrak biji kelor mulai populer di dunia industri kosmetik. Biji kelor mengandung sifat zat terapi yang mampu membebaskan kulit dari berbagai racun dan zat pengotor sehingga kulit pun lebih cerah. Zat di dalam daun kelor akan bekerja dengan menyaring kotoran tersebut dari dalam jaringan kulit sehingga kulit terlihat lebih cantik alami.

  1. Menghilangkan Noda Hitam pada Kulit

Salah satu jenis vitamin yang kaya terkandung dalam daun kelor adalah vitamin C, yang sangat ampuh untuk menghilangkan noda dan flek hitam pada wajah. Jerawat serta komedo juga mampu dicegah dengan menggunakan masker kelor yang sangat mudah dibuat.

Cara membuat masker daun kelor :

  • Petik 40-50 lembar daun kelor, bersihkan dengan air.
  • Tumbuh seluruh daun hingga halus, sambil ditambah sedikit air agar tidak terlalu kering.
  • Jika air terlalu banyak, tambahkan bedak bayi untuk mengentalkannya kembali
  • Oleskan masker ke seluruh permukaan kulit wajah, kecuali bibir dan mata.
  • Biarkan masker selama 15-20 menit.
  • Bilas dengan air dingin.

Benarkah Daun Kelor Penangkal Ilmu Hitam ?

Manfaat Daun Kelor Kesehatan

Daun kelor atau pohon kelor juga dipercaya oleh orang zaman dahulu memiliki aura dan kekuatan yang bisa menangkal ilmu hitam. Konon katanya orang yang mempunyai kekuatan ilmu hitam seperti susuk atau jimat kebal akan luntur kekuatannya tersebut, apabila memakan atau di pukul dengan menggunakan daun kelor.

Kepercayaan tersebut masih ada hingga saat ini, sebagian besar masyarakat masih mempercayai khasiat daun kelor untuk ilmu hitam, dengan meletakkan daun kelor di depan pintu rumah maka ilmu hitam, santet, sihir dan makhluk halus tidak akan mampu masuk ke dalam rumah. Selain itu, orang yang sulit meninggal karena masih menyimpan susuk atau ilmu kebal dalam tubuhnya akan bisa meninggal dengan tenang jika ia disapu/ dipukul dengan menggunakan daun kelor yang ajaib ini.

Percaya atau tidak Anda dengan kabar di atas, yang jelas ilmu hitam itu benar-benar ada karena di dunia, manusia hidup berdampingan dengan makhluk halus (Jin) dan kita sebagai manusia harus berlindung kepada Tuhan yang maha kuasa agar terhindar dari serangan makhluk halus tersebut.

Demikianlah berbagai manfaat daun kelor untuk kesehatan dan kecantikan yang tentunya belum banyak orang tahu dan patut dicoba. Ingin kulit dan rambut selalu sehat dan cantik? Mari mulai gunakan daun kelor yang secara alami juga relatif lebih aman dibandingkan produk kecantikan yang mengandung bahan-bahan kimia lain.

Komentar