9 Manfaat Daun Bidara Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit

Manfaat Daun Bidara – Bidara adalah salah satu tanaman yang terkenal dengan berbagai khasiatnya. Dengan nama latin Ziziphus mauritiana, bidara dikenal pula sebagai India Jujube. Di negara Cina dan India, bagian dari tanaman bidara seperti buah dan daunnya banyak dimanfaatkan sebagai obat-obatan tradisional.

Pohon bidara termasuk jenis semak yang dapat tumbuh dengan cepat dan tidak terlalu tinggi. Terdapat duri di sepanjang batang pohon bidara. Daun bidara berwarna hijau cerah dengan bentuk elips. Permukaan daunnya terlihat mengkilap, dan memiliki tulang daun yang jelas terlihat.

Manfaat Daun Bidara

Tanaman bidara juga memiliki buah yang tumbuh di sepanjang batangnya. Buah bidara berbentuk mirip dengan anggur, namun berwarna hijau ketika masih muda yang kemudian berubah menjadi kecokelatan ketika sudah masak.

Belum banyak orang yang tahu manfaat tanaman bidara untuk kesehatan dan kecantikan, seperti yang dijelaskan dalam beberapa poin di bawah ini.

Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan Tubuh

  1. Mengobati Luka Bakar

Daun bidara memiliki kandungan yang dapat mendinginkan kulit, terutama ketika kulit mengalami luka bakar. Pertama kali masyarakat India lah yang menemukan hal ini. Dengan daun bidara, bekas luka bakar dapat berkurang secara signifikan.

Jika Anda menanam sendiri tanaman ini di rumah, ketika tangan tidak sengaja memegang panci yang panas, atau ketika kaki tidak sengaja terkena knalpot motor, kini tidak perlu lagi bingung mengobatinya. Cukup memetik beberapa helai daun bidara yang masih muda, kemudian cuci dan segera tempelkan ke bagian kulit yang mengalami luka bakar. Setelah beberapa saat, sensasi dingin akan membuat rasa sakit karena luka bakar berkurang.

  1. Mengobati Luka Darah

Selain luka bakar, jika kulit tergores dan mengeluarkan luka, daun bidara juga dapat menjadi obatnya. Daun bidara memiliki sifat anti peradangan/ anti inflamasi sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka dan mencegah darah terlalu banyak keluar.

Anda dapat membuat sendiri ramuan daun bidara untuk berjaga-jaga ketika ada anggota keluarga yang terluka. Tumbuk segenggam daun bidara hingga halus, kemudian jemur hingga kering. Simpan daun bidara kering ini untuk obat darurat. Jika ingin digunakan, tambahkan sedikit air sehingga membentuk pasta, kemudian oles pada bagian kulit yang mengalami luka.

  1. Mengatasi Gejala Depresi

Walaupun termasuk penyakit yang menyerang psikologis, depresi ternyata juga dapat diobati dengan daun bidara. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh lembaga penelitian farmasi dan telah dipublikasikan dalam jurnal Ethnopharmacology tahun 2001 menyebutkan bahwa kandungan dalam daun bidara mampu menghilangkan rasa cemas yang sering dialami oleh para penderita depresi.

“Baca juga : Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan & Kecantikan

Untuk mengobati depresi, Anda dapat menyeduh teh dengan menambahkan 2-3 helai daun bidara ketika menuangkan air panas untuk mengekstrak teh. Jika rajin mencari di toko herbal, biasanya Anda juga akan menemukan daun bidara kering yang siap diseduh menjadi teh.

  1. Baik Untuk Pencernaan

Mengonsumsi buah atau ekstrak daun bidara juga sangat baik untuk kesehatan sisitem pencernaan. Hal ini disebabkan oleh kandungan serat yang tinggi, juga senyawa saponin dan triterpenoid yang terkandung dalam tanaman bidara. Senyawa tersebut bekerja dengan mengoptimasikan penyerapan nutrisi dan mengatur agar pergerakan makanan dalam tubuh lebih lancar.

Dengan mengonsumsi daun bidara, berbagai masalah pencernaan seperti konstipasi, kram, perut kembung, hingga kanker kolon dapat dihindari.

  1. Kesehatan Kulit

Salah satu kandungan dari buah bidara dan daunnya adalah antioksidan yang sangat baik untuk mengatasi berbagai macam iritasi dan peradangan pada kulit, termasuk psoriasis, eksema, dan jerawat. Kini, jika tidak ingin jerawat muncul kembali di wajah, Anda bisa mengonsumsi buah bidara atau meminum ekstrak daunnya.

Bidara juga cukup ampuh untuk mencegah munculnya kerutan karena serangan radikal bebas pada jaringan kulit, menyamarkan bekas luka, serta menjaga kulit tetap kencang dan aliran darah di sekitar kulit tetap lancar.

Pohon Bidara

  1. Kekuatan Tulang

Daun bidara juga cukup baik untuk menjaga kesehatan tulang. Elemen-elemen penting yang diperlukan untuk menjaga tulang tetap kuat dan sehat antara lain kalsium, fosfor, dan zat besi, yang kesemuanya dapat ditemukan pada daun bidara.

Semakin bertambah usia manusia, semakin rentan pula manusia terkena penyakit osteoporosis. Untuk menghindari penyakit osteoporosis, Anda juga bisa secara rutin mengonsumsi daun bidara.

  1. Menjaga Pembuluh Darah Tetap Sehat

Buah bidara sangat kaya akan kandungan zat besi dan fosfor, dua senyawa penting yang diperlukan untuk darah, terutama sel darah merah. Jika kekurangan sel darah merah dalam tubuh, seseorang dapat mengalami berbagai gejala seperti rasa lemas, pusing, yang menunjukkan bahwa telah terjadi anemia. Dengan asupan zat besi dan fosfor dari buah bidara, aliran darah menjadi lebih lancar dan oksigen akan lebih merata tersebar pada tubuh sehingga membuat Anda lebih merasa berenergi.

  1. Membantu Meringankan Insomnia

Bagi Anda yang kesulitan tidur di malam hari, cobalah untuk mengonsmsi ekstrak biji buah bidara sebagai obatnya. Biji buah bidara mengandung senyawa organik yang mampu menenangkan tubuh dan pikiran, sehingga lebih mudah tertidur dan mengatasi insomnia.

  1. Mengontrol Berat Badan

Dalam 100 gram buah bidara, terkandung sekitar 5 kalori energi saja. Kalori sejumlah ini bisa dikatakan sangat kecil sehingga buah bidara sangat aman untuk dikonsumsi dalam jumlah besar. Selain itu, dengan mengonsumsi buah bidara, biasanya seseorang menjadi berkurang nafsunya untuk mengemil sebelum makan,yang ujungnya akan membantu menjaga berat badan tetap stabil.

Demikianlah 9 manfaat daun bidara dan buah bidara untuk kesehatan. Dengan berbagai manfaat tersebut, tentunya daun bidara masih terpercaya menjadi salah satu alternatif pengobatan tradisional yang telah teruji sedari dulu.

Komentar
error: Mau Copas ya !!