5 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Cuka Apel – Apel dikenal karena rasanya yang enak dan segar, selain itu juga karena memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Namun, para penggemar apel pasti telah mengetahui bahwa apel tidak bisa bertahan lama, bahkan walau disimpan di dalam kulkas sekalipun. Lama kelamaan kulit buah apel akan menjadi kisut dan dagingnya yang putih akan memerah sampai terlihat tak menarik lagi.

Hal ini memang cukup disayangkan karena buah apel termasuk salah satu buah yang memiliki stok produksi cukup melimpah, apalagi di saat musim panennya, selain itu buah ini juga memiliki basis penggemar yang cukup banyak, terutama mereka yang menginginkan berbagai manfaat kesehatan dari buah apel tersebut.

Oleh karena itu sekarang banyak sekali pelaku usaha yang melirik masalah tersebut sebagai peluang usaha baru, yaitu mengolah buah apel menjadi berbagai macam produk yang lebih tahan lama dan masih menyimpan kenikmatan dan manfaat dari buah apel. Salah satu diantaranya adalah cuka apel, produk ini memang cukup banyak beredar di pasaran dengan berbagai macam merek yang berbeda.

Cuka apel memang termasuk salah satu hasil pengolahan dari buah apel, yang dibuat dengan tujuan agar stok apel yang melimpah tidak terbuang sia-sia dan kita bisa tetap mendapatkan kandungan nutrisi yang dimiliki oleh buah apel. Akan tetapi kita mesti berhati-hati dalam memilih cuka apel di pasaran, karena ternyata ada dua jenis pengolahan untuk cuka apel ini, yaitu cuka apel hasil fermentasi dari sari apel yang murni dan cuka apel yang berasal dari campuran antara sari apel dengan alkohol.

Bahkan ada kandungan alkohol dalam cuka apel tersebut cukup tinggi yaitu sekitar 5-6 persen. Dengan demikian kita harus teliti dalam membeli cuka apel di pasaran, jangan sampai malah mendapatkan cuka apel yang beralkohol, terutama bagi Anda yang tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi alkohol.

Cuka apel tentu saja memiliki manfaat bagi kesehatan yang cukup banyak, sama dengan buah apel. Berikut adalah beberapa manfaat yang diberikan oleh cuka apel bagi kesehatan.

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Cuka Apel

1. Mengatasi tekanan darah tinggi

Manfaat yang pertama dari cuka apel adalah membantu para penderita tekanan darah tinggi. Kandungan potasium dalam buah apel dipercaya dapat membantu untuk mengontrol dan membuat tekanan darah menjadi stabil. Cuka apel juga memiliki kegunaan yang sama, apalagi bentuknya yang cair tentu mempermudah dalam konsumsinya. Selain itu kandungan serat dalam buah apel juga membantu melancarkan peredaran darah sehingga membuat tubuh menjadi sehat dan bugar.

2. Meredakan penyakit rematik

Apel termasuk buah yang memiliki banyak kandungan magnesium. Kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi tulang tubuh, terutama untuk membantu fungsi Fosfor dan Kalsium dalam menjaga kesehatan tulang kita. Tulang yang tidak sehat biasanya disebabkan oleh timbunan zat asam di persendian sehingga memicu timbulnya penyakit rematik.

Penyakit yang biasanya menyerang orang tua ini ternyata bisa juga menyerang anak-anak atau remaja yang memang tidak menjaga kesehatannya. Oleh karena itu sebaiknya mengkonsumsi cuka apel untuk membantu melawan penyakit ini. Bahkan bisa bermanfaat juga bagi tulang yang rapuh dari penderita osteoporosis.

3. Membuang racun dari dalam tubuh

Apel memiliki kandungan serat alami yang dapat membantu untuk mengikat kolesterol dan racun dalam darah. Dengan demikian, konsumsi cuka apel secara rutin dapat membantu menetralisir racun dalam tubuh dan nantinya akan terbuang bersama kotoran atau air seni. Bahkan kita tidak perlu terlalu banyak mengkonsumsi cuka apel tersebut, cukup dengan satu sendok makan saja untuk setiap harinya agar tubuh kita bisa mengeluarkan racun yang merugikan.

4. Menghilangkan noda pada gigi

Cuka apel memiliki banyak kandungan nutrisi, serat, dan mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Zat-zat tersebut ternyata juga membantu menjaga kesehatan gigi, dalam hal ini adalah dengan menghilangkan noda yang ada pada gigi. Caranya juga cukup mudah, yaitu dengan memakai cuka apel sebagai pengganti obat kumur dan dilakukan secara rutin setiap hari sebelum menggosok gigi. Setelah beberapa hari kita akan merasakan bahwa gigi kita lebih bersih dari biasanya.

5. Menurunkan berat badan

Banyak sekali cara yang kita coba untuk diet atau menurunkan berat badan, namun pasti tidak banyak yang mengetahui bahwa cuka apel ternyata bisa membantu penurunan berat badan. Zat yang terkandung dalam cuka apel ternyata bisa membantu kita untuk menurunkan berat badan, caranya adalah dengan meminum cuka apel secara rutin, setidaknya 2 sendok makan setiap harinya. Untuk mempermudah kita juga bisa mencampurnya dalam minuman kita. Setelah beberapa waktu kita akan merasakan sendiri perbedaannya.

Itu semua adalah contoh manfaat yang diberikan oleh cuka apel bagi kesehatan tubuh kita. Mungkin masih ada lagi beberapa manfaat cuka apel lain yang belum termasuk dalam daftar diatas, namun intinya adalah cuka apel ternyata sangat berguna bagi tubuh kita dan sebaiknya kita mulai mempertimbangkan untuk mengkonsumsinya secara rutin. Silahkan mencoba dan semoga kita semua selalu diberikan kesehatan.

Komentar
error: Mau Copas ya !!