8 Manfaat Buah dan Daun Ceri Kersen untuk Kesehatan

Kebunbunga.net – Pohon kersen merupakan salah satu jenis tumbuhan yang sangat umum tumbuh di Indonesia. Anda pasti tidak asing lagi dengan pohon buah seri kersen ini. Dari mulai perkotaan hingga pedesaan, ada saja pohon ceri kersen yang menghiasi pinggir jalan dengan buahnya yang menggoda berwarna merah.

Buah Ceri Kersen

Dengan nama latin Muntingia calabura L, pohon ini memiliki daun berwarna hijau muda yang teksturnya sedikit berbulu. Bunga kersen berwarna putih kecil dengan 5 buah mahkota dan putik kuning di tengahnya. Buah kersen sendiri bentuknya bulat-bulat kecil, berwarna hijau ketika muda, dan merah ketika masak.

Buah kersen yang berwarna merah rasanya sangat manis dan nikmat, siapapun pasti suka, termasuk juga burung-burung yang sering hinggap di atas pohon kersen untuk memakan buahnya.

Di balik rasa buahnya yang sedap dan pohonnya yang meneduhkan, ternyata daun dan buah kersen memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan manusia, seperti misalnya 8 manfaat buah dan daun kersen berikut ini.

Manfaat Ceri Kersen untuk Kesehatan

Manfaat Ceri Kersen

  1. Mengatasi Penyakit Diabetes

Diabetes tipe 2 atau yang dalam istilah medis dikenal dengan nama Diabetes Mellitus adalah penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah. Dalam tubuh normal yang sehat, kadar gula darah selalu dikonversikan menjadi energi untuk beraktivitas oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas. Diabetes terjadi ketika insulin tidak lagi sanggup mengonversi gula menjadi energi, yang menyebabkan kadar gula seseorang terus meningkat.

Buah kersen yang tumbuh di sepanjang tahun ternyata mampu mengatasi penyakit diabetes, begitu pula dengan daunnya. Hal ini dikarenakan kandungan falvonoid yang cukup tinggi pada buah dan daun kersen. Flavonoid dalam kersen mampu meningkatkan sekresi insulin, menyebabkannya menjadi agen yang baik sebagai pembantu metabolisme gula dalam tubuh menjadi energi.

  1. Menghambat Pertumbuhan Tumor

Tumor atau sel bibit kanker dapat tumbuh di dalam tubuh seseorang karena adanya kelainan sel tubuh yang menyebabkan pertumbuhan sel tidak terkontrol menjadi jauh lebih cepat dibandingkan sel normal, sehingga membentuk gumpalan daging pemicu kanker. Biasanya tumor disebabkan oleh serangan radikal bebas yang menyerang membran sel sehingga mempengaruhi aktivitasnya.

Daun kersen memiliki kandungan flavonoid, tanin, dan saponin yang termasuk dalam golongan antioksidan yang mampu memerangi radikal bebas dalam tubuh sehingga menghambat pertumbuhan tumor. Cara mengonsumsi daun kersen pun mudah saja, Anda tinggal memetik sekitar 20-30 helai daun kersen, dan merebusnya untuk mendapatkan berbagai antioksidan di dalamnya.

  1. Mengandung Sifat Anti-Bakteri

Salah satu masalah yang dihadapi dunia medis saat ini adalah semakin resistennya bakteri terhadap antibiotik, menyebabkan obat-obatan yang bersifat antibiotik tidak lagi mempan untuk melumpuhkan bakteri jahat penyebab penyakit.

Solusi untuk masalah ini bisa didapatkan dengan kembali memanfaatkan bahan-bahan yang telah disediakan alam, seperti misalnya buah kersen yang mengandung sifat anti-bakteri yang dapat mencegah seseorang terkena penyakit keracunan darah (sepsis), difteri, atau masalah pencernaan karena bakteri.

  1. Sumber Vitamin C yang Baik

Dalam 100 gram buah kersen, tersedia vitamin C sebanyak 150 mg, sebuah angka yang cukup besar, dan hampir menyerupai buah jeruk. Vitamin C yang didapat dari buah kersen sangat bermanfaat bagi tubuh, seperti untuk mencegah penyakit batuk dan pilek, sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit, hingga mencegah berbagai penyakit kardiovaskuler.

  1. Obat Asam Urat

Asam urat adalah penyakit yang disebabkan oleh menumpuknya zat asam urat di dalam tubuh, yang biasanya dikarenakan mengonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung zat purin. Kabar baik untuk Anda para penderita asam urat, karena buah kersen ternyata mampu mengurangi efek nyeri sendi karena asam urat. Konsumsi sekitar 10 buah kersen yang masak sebanyak 3 kali sehari sebelum makan untuk meredakan asam urat yang mengganggu.

  1. Mengurangi Rasa Sakit

Ekstrak daun kersen juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit. Rasa sakit timbul karena sel saraf yang menyebar di seluruh bagian tubuh. Ketika tubuh mengalami gangguan seperti sengatan atau teriris sesuatu, sel saraf kemudian menginfokan ke bagian tulang belakang atau otak sehingga Anda bisa merasakan sakit.

Salah satu cara untuk mengurangi rasa sakit adalah dengan meminum ekstrak daun kersen, yang akan menghambat sel saraf untuk menginfokan rasa sakit ke pusat saraf, sehingga rasa sakit pun akan berkurang.

  1. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti kebiasaan buruk merokok, konsumsi garam yang tinggi, makanan yang kaya akan lemak, atau faktor keturunan. Tekanan darah tinggi terjadi karena pembuluh darah menyempit dan aliran darah semakin sulit melewatinya, sehingga tekanan meningkat.

Salah satu cara untuk mengurangi tekanan darah tinggi adalah dengan meminum ekstrak daun kersen yang mengandung nitrat oksida dalam jumlah tinggi. Nitrat oksida mampu membuat pembuluh darah kembali melebar dan normal, sehingga darah akan lebih leluasa mengalir tanpa tekanan tinggi.

  1. Menyembuhkan Sakit Kepala

Sakit kepala seringkali disebabkan oleh pembuluh darah yang berada di sekitar kepala menyempit, sehingga menyebabkan darah sulit mengalir, seperti halnya pada kasus tekanan darah tinggi. Mengonsumsi buah kersen dapat membantu Anda menyembuhkan sakit kepala dengan cara yang sama seperti pada kasus hipertensi, yaitu membuat lebar pembuluh darah kembali normal sehingga darah mengalir lebih leluasa.

Demikianlah 8 macam manfaat dari daun dan buah kersen/ talok yang dapat Anda nikmati dengan mudah. Ditambah dengan kecepatan tumbuh yang luar biasa, tentunya pohon kersen cukup menarik untuk ditanam sendiri di halaman rumah dan diambil manfaatnya setiap hari.

Komentar