10 Manfaat Bunga Rosella untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya

Manfaat Bunga Rosella – Bunga Rosella atau disebut asam paya, asam kumbang adalah tanaman yang hampir selalu menghasilkan bunga sepanjang tahun, kecuali jika sudah tua. Rosella memiliki banyak kandungan alami yang bermanfaat bagi kesehatan. Pada kelompaknya yang indah, terdapat kandungan seperti lemak, air, protein, karotena, kalsium, niacin, thiamine, dan riboflavin.

Karena kandungannya, banyak terapis herbal yang menggunakan bunga rosella untuk proses terapi pasiennya. Tak hanya itu, Bunga rosella juga telah banyak diproduksi menjadi teh herbal.

Bunga-Rosella

Foto/ BungaRosella.com

Berikut 10 Manfaat Bunga Rosella yang harus Anda ketahui.

1. Bunga Rosela Sebagai Sumber Antioksidan

Bunga Rosella mengandung senyawa fenolik yang nantinya berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan antioksidannya empat kali lebih besar dibanding antioksidan yang terdapat dalam daun Kumis Kucing. Selain itu, senyawa lain seperti gossipetin dan antosianin, dapat memberikan perlindungan akibat penuaan, seperti gejala penyakit jantung, diabetes, hingga kanker.

2. Mencegah Kanker

Bunga Rosella mengandung antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan kanker sekaligus mengatasi kerusakan DNA yang disebabkan oleh sel kanker.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bunga Rosella ternyata juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat mencegah penyakit yang datang. Cukup dengan mengonsumsi teh Rosella secara rutin setiap pagi sistem kekebalan tubuh juga akan meningkat secara berkala.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Bagi Anda penderita darah tinggi dan kolesterol, teh Rosella bisa dijadikan pilihan, karena kandungan dalam Rosella membuatnya mampu menurunkan tekanan darah. Inilah salah satu manfaat Rosella yang membantu banyak orang dari masalah kolesterol. Di saat tekanan darah meningkat, metabolisme tubuh akan bermasalah. Dengan Teh Rosella, masalah serius bagi kesehatan dapat dihindari.

5. Program Diet Alami

Bagi mereka yang memiliki kelebihan berat badan, teh rosella adalah pilihan yang tepat untuk diet yang sempurna. Manfaat vitamin C dalam teh rosella dapat membantu tubuh kita untuk melepaskan kolesterol dan lemak. Oleh karena itu konsumsilah teh rosella di pagi hari dan pada malam hari sebelum tidur, agar daya tahan metabolisme meningkat. Karena ketika tubuh memiliki metabolisme yang baik, proses menurunkan berat badan menjadi lebih mudah sehingga program diet alaminya menjadi sempurna.

6. Mencegah Pengeroposan Tulang

Bunga Rosella juga memiliki kandungan mineral dan vitamin yang bermanfaat untuk tulang seperti kalium, kalsium, zat besi dan vitamin D. Hal ini sangat penting dan membantu Anda untuk mencegah pengeroposan pada tulang, khususnya bagi Anda yang sudah berusia lanjut..

7. Menormalkan Tekanan Darah

Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tidak stabil, sebaiknya Anda mulai mengonsumsi teh Rosella secara rutin. Karena Rosella akan membantu Anda menstabilkan tekanan darah sehingga Anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit seperti jantung.

8. Melancarkan Buang Air

Rosella juga memiliki kandungan serat yang tinggi dan berkhasiat untuk memperlancar BAB Anda. Anda hanya perlu mengonsumsi teh Rosella secara rutin untuk mendapatkan pencernaan yang sehat.

9. Untuk Kecantikan Kulit

Bunga Rosella juga bermanfaat dalam proses peremajaan kulit Anda, sehingga kulit Anda akan terlihat lebih cerah dan kencang setelah mengonsumsi Rosella secara rutin. Ini karena bunga Rosella mengandung protein esensial, asam amino, serta vitamin C yang dapat membuat kulit Anda sehat dan terasa kencang.

10. Melindung dari Penyakit Degeneratif

Kandungan senyawa fenolik dalam Rosella yang bermanfaat sebagai antioksidan akan membuat tubuh Anda lebih terlindungi dari berbagai macam penyakit degeneratif yang sering dialami oleh manusia seperti diabetes dan kanker.

Manfaat Bunga Rosella

Cara Pengolahan Bunga Rosella Menjadi Minuman Teh

Untuk mendapatkan manfaat terbaik dalam rosella sebenarnya tidak begitu sulit, kelopak rosella dapat diolah menjadi minuman teh yang menyehatkan. Namun, kesalahan dalam pengolahan dan penyimpanan akan berpengaruh terhadap efektifitas kandungan zat yang terkandung dalam bunga rosella.

Untuk mendapatkan khasiat teh rosella, bunga yang sudah dipetik, dijemur di bawah terik matahari selama 1-2 hari, ini dilakukan untuk memudahkan pemisahan kelopak dengan bijinya. Lalu cuci dengan air bersih dan jemur kembali selama 3-5 hari.

Remas kelopak rosela tersebut, jika dapat menjadi bubuk artinya kadar air telah mencapai 4-5%. Seduh 2-3 gram rosela dengan air panas hingga larut dan air berubah menjadi kemerahan, tambahkan sedikit gula namun untuk penderita diabetes gunakan gula rendah kalori. Teh rosella siap dikonsumsi.

Dapat juga pengolahan setelah dipisah dari bijinya, bunga segar rosela yang telah dicuci bersih dapat langsung diseduh dengan air hangat. Selain dibuat teh, bunga rosella juga dapat dibuat selai, salad, hingga masakan sebagai Dal atau bubur.

Kandungan Teh Bunga Rosella :

  • Teh rosella mengandung Vitamin A, vitamin C, vitamin D, B1 dan B2.
  • Tinggi akan kalsium sekitar 486 mg / per 100 gr.
  • Teh rosella juga mengandung magnesium, Omega 3, Iron, potasium, beta carotene, asam esensia dan 18 jenis asam amino, termasuk legnin dan arginina yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh.

Wah! Ternyata cukup banyak ya manfaat bunga Rosella ini. Semoga artikel ini dapat membantu dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.

Komentar
error: Mau Copas ya !!