Manfaat Bunga Euphorbia sebagai Tanaman Obat Apotik Hidup

Kebunbunga.net – Bunga euphorbia adalah sejenis tanaman berbunga yang indah serta cantik dan mempunyai banyak duri di bagian batangnya. Selain keindahannya sebagai tanaman hias, bunga euphorbia ternyata juga memiliki berbagai manfaat dan khasiat, sehingga dapat menjadi apotek hidup yang tumbuh di pekarangan rumah. Berikut merupakan beberapa manfaat bunga euphorbia.

Manfaat Bunga Euphorbia

Manfaat Bunga Euphorbia

1. Menyembuhkan Penyakit Hepatitis A
Hepatitis A adalah penyakit yang dapat menyerang organ hati, penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus, salah satu cara menyembuhkan nya adalah dengan Bunga Euphorbia, Caranya dengan memotong ujung batang bunga dan mengiris-irisnya, kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga hanya tersisa 1 gelas air. Minum air tersebut setiap hari selama satu bulan dan rasakan perubahan yang lebih sehat.

2. Menyembuhkan Bisulan
Penyakit bisul memang terasa menyakitkan, untuk menyembuhkan bisulan adalah dengan membakar batang Bunga Euphorbia, kemudian tumbuk dan tempelkan ke bagian kulit yang bisulnya mulai membesar. Tidak lama kemudian, bisul akan pecah namun segera sembuh dan tidak muncul kembali.

3. Mengatasi Sembelit
Sembelit atau susah buang air besar sebenarnya bukanlah penyakit, hanya merupakan gejala awal dari adanya suatu penyakit. Untuk menyembuhkannya batang euphorbia dicuci lalu digiling halus dan diperas. Kemudian airnya diaduk dengan tepung tapioka secukupnya lalu dibuat pil sebesar kacang hijau. Keringkan dengan cara digongseng diatas tatakan genteng. Setiap kali makan 1 pil.

4. Mengobati luka bakar
Jika Anda mengalami luka bakar ringan, janganlah panik karena solusi untuk mengatasinya sangat mudah yaitu dengan merebus daun Bunga Euphorbia lalu dijadikan kompres pada bagian kulit yang mengalami luka bakar.

5. Meredakan pendarahan pada rahim
Pendarahan rahim dapat terjadi pada kaum wanita, cara meredakan pendarahan yaitu dengan merebus 15 kelopak bunga euphorbia pada olahan sup dengan daging sapi. Selain rasanya lezat, pendarahan akan segera berhenti dan rahim kembali sehat.

6. Radang anak telinga
Cara mengatasi radang anak telinga yaitu cabang segar dibuang kulitnya, lalu ditumbuk halus dan diperas. Kemudian airnya dipakai dan diteteskan ke bagian anak telinga yang sakit. Sehari 4-6 kali, 2-3 tetes.

7. Mengatasi Sakit Gigi
Ambil getah euphorbia beberapa bagian dengan cotton bud, lalu dilumaskan pada gigi yang terasa sakit atau berlubang. Lakukan 1-2 kali sehari, tetapi harus hati-hati ya. Jangan sampai mengenai gigi yang sehat.

Baca Juga : Cara budidaya bunga euphorbia

Itulah tadi berbagai macam manfaat Bunga Euphorbia untuk mengobati berbagai penyakit, namun anda perlu hati-hati, penggunaan harus sesuai takaran dan tidak berlebihan karena tanaman ini digolongkan dalam tanaman beracun (poisson plant), karena getah susu dari tanaman tersebut jika berkoagulasi dengan darah dapat memacu pertumbuhan sel abnorma reff: (Wikipedia). Selain itu, wanita hamil juga dilarang menggunakan ramuan dari tanaman bunga ini.

Benarkah Bunga Euphorbia Penyebab Kanker

Terkait kabar Bunga Euphorbia adalah penyebab kanker adalah berita palsu (HOAX), hal ini telah ditegaskan oleh Dinas Pertanian Medan bahwa isu tersebut tidak benar. Setelah mengonfirmasi pada Departemen Pertanian, kabar tersebut diabaikan saja dan tidak perlu dikhawatirkan. Bunga euphorbia memang terbukti mengandung virus namun penularan virus tidak bisa menjangkau manusia. Virus pada bunga euphorbia hanya bisa tertular pada sesama bunga. Bahkan selama isu tersebut beredar di masyarakat, sejauh ini belum ada kabar mengenai adanya korban yang terserang penyakit karena tanaman hias yang indah ini dan tidak ada penelitian yang membenarkan kabar tersebut.

Komentar