10 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

Kebunbunga.net – Buah kurma sebagai salah satu buah khas Timur Tengah memang memiliki rasa yang sangat sedap dan menjadi santapan wajib terutama pada bulan Ramadhan. Buah kurma seringkali dijadikan makanan untuk berbuka puasa, untuk mencegah orang yang berpuasa terlalu banyak makan setelah seharian mengosongkan perut.

Terkenalnya buah kurma sebagai buah yang menyehatkan dan mengandung berbagai manfaat membuat orang suka mengonsumsinya. Ingin tahu lebih detail apa saja manfaat buah kurma untuk kesehatan? Cek 10 diantaranya dalam ulasan berikut.

kurma

  1. Mencegah Konstipasi

Kurma termasuk dalam makanan yang bersifat laksatif, sehingga menjadikannya sangat baik untuk dikonsumsi oleh para penderita konstipasi. Kandungan serat yang mudah larut dalam air pada kurma sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kelancaran sistem pencernaan, sehingga memudahkan makanan dicerna oleh usus. Untuk mengobati konstipasi, rendamlah 3-4 buah kurma di dalam segelas air semalaman, kemudian minum airnya di pagi hari ketika serat di dalam kurma sudah terekstrak dan air berwarna kuning-kecokelatan.

  1. Menguatkan Tulang

Kurma mengandung berbagai mineral seperti selenium, mangan, tembaga, dan magnesium yang keseluruhannya dibutuhkan untuk kesehatan tulang. Kandungan mineral tersebut juga baik untuk menurunkan risiko seseorang terkena penyakit tulang seperti osteoporosis. Semakin manusia bertambah tua, semakin rentan ia terkena penyakit tulang yang semakin kekurangan mineral. Konsumsi kurma secara rutin paling tidak 4-5 buah per hari untuk tulang yang lebih sehat.

  1. Mengobati Alergi

Salah satu manfaat kurma lainnya adalah kemampuannya untuk mengobati alergi karena kandungan sulfur organik di dalamnya. Sulfur memang dikenal sebagai zat yang mampu mengurangi reaksi alergi. Berdasarkan sebuah penelitian di tahun 2002 yang melibatkan 23 juta partisipan di Amerika Serikat, sulfur organik memang memiliki efek positif untuk para penderita SAR (Seasonal Allergic Rhinitis).

  1. Sumber Energi Bagi Tubuh

Buah kurma mengandung berbagai gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Ketika seseorang kekurangan energi seperti setelah berpuasa seharian, konsumsi buah kurma memang sangat baik untuk secara cepat mengembalikan energi tubuh. Kurma juga dapat menjadi kudapan yang tepat untuk dikonsumsi setelah berolahraga atau kapanpun Anda merasa kelelahan untuk mendapatkan kembali energi untuk beraktivitas.

  1. Baik Untuk Meningkatkan Berat Badan

Anda termasuk kurus dan sulit sekali meningkatkan berat badan? Jika ya, cobalah mengonsumsi buah kurma secara rutin untuk meningkatkan berat badan. Kandungan gula, protein, dan berbagai vitamin esensial dalam kurma memang mampu membantu Anda yang kesulitan menaikkan berat badan. Dalam seratus gram kurma, terkandung sekitar 300 kalori, yang terbilang cukup banyak untuk menambah kalori dalam tubuh. Ingin meningkatkan massa otot? Konsumsi kurma dari sekarang.

  1. Obat Anemia

Kurma mengandung mineral dalam jumlah tinggi, yang membuatnya sangat bermanfaat untuk kesehatan, termasuk untuk mengobati anemia, penyakit kekurangan darah. Anemia disebabkan oleh kurangnya zat besi dalam darah. Kurma yang kaya akan zat besi tentunya sangat baik untuk mengatasi anemia, serta mengembalikan kondisi tubuh penderita anemia yang biasanya lemas menjadi bugar kembali, tidak merasa pusing dan keletihan.

  1. Menyehatkan Sistem Saraf

Berbagai vitamin yang terkandung dalam kurma sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem saraf agar berfungsi sebagaimana mestinya. Salah satu mineral penting dalam kurma adalah kalium, yang dapat meningkatkan kecepatan otak bekerja dan meningkatkan aktivitas otak. Untuk para lansia yang sistem sarafnya mulai kurang berfungsi dengan baik, sebaiknya konsumsi kurma secara rutin, juga untuk Anda yang menginginkan ingatan yang tajam.

  1. Menyehatkan Jantung

Kurma juga dapat bermanfaat untuk kesehatan jantung, dengan cara mengurangi kadar kolesterol LDL dalam darah. Kolesterol LDL atau kolesterol jahat merupakan penyebab nomor satu terjadinya serangan jantung dan stroke karena dapat menyumbat pembuluh darah arteri pada jantung. Kurma juga sangat kaya akan kandungan kalium, yang menurut berbagai penelitian sangat baik untuk mengurangi risiko seseorang terkena stroke.

  1. Meningkatkan Stamina Seksual

Untuk Anda yang merasa kurang bergairah di ranjang, cobalah untuk mengonsumsi kurma demi meningkatkan stamina. Buat larutan kurma dengan bahan-bahan berupa satu gelas susu kambing dan 10 buah kurma. Rendam kurma semalaman dalam susu kambing, kemudian minumlah sebelum berhubungan. Sebuah studi pada tahun 2006 juga telah membuktikan bahwa kandungan estradiol dan flavonoid pada kurma memang dapat meningkatkan jumlah sperma pada pria.

  1. Sebagai Bahan Detoksifikasi Tubuh

Kurma dapat menjadi salah satu alternatif untuk para pecandu alkohol untuk melakukan detoksifikasi. Terutama untuk orang-orang yang sering mabuk alkohol, kurma adalah salah satu pilihan buah yang mampu mengurangi efek hangover (keadaan lemas setelah mabuk).

Demikianlah 10 manfaat buah kurma untuk kesehatan manusia. Untuk tubuh yang lebih berenergi dan sehat, mulailah konsumsi kurma secara rutin dari sekarang.

Komentar
error: Mau Copas ya !!