12 Manfaat Biji Bunga Matahari (Kuaci) Bagi Kesehatan Tubuh

Kebun Bunga – Biji bunga matahari atau yang sering disebut kuaci adalah salah satu camilan lezat yang menyehatkan. Kuaci juga sangat mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional dengan harga yang terjangkau. Selain dikonsumsi sebagai makanan ringan, kuaci juga digunakan sebagai bahan dalam berbagai resep masakan. Namun, tahukah anda apa saja manfaat biji bunga matahari ini?

Seperti namanya, biji bunga matahari dihasilkan oleh Bunga Matahari. Tanaman herbal dengan nama latin Helianthus annuus yang termasuk dalam keluarga Asteraceae dan dalam genus Helianthus. Bunga Matahari adalah tanaman asli Amerika Tengah. Namun dewasa ini, banyak negara yang menjadi produsen Bunga Matahari, seperti Rusia, Cina, Amerika Serikat, dan Argentina.

Manfaat Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari memiliki bentuk lonjong dengan panjang sekitar 6-10 mm dan ujung yang mengerucut. Warna kulit luarnya hitam, teksturnya halus dan berbintik-bintik abu-abu putih. Tiap kepala Bunga Matahari dapat berisi ratusan biji yang mengandung minyak nabati dan nutrisi yang banyak bagi tubuh.

Kandungan Nutrisi Biji Bunga Matahari
Jumlah Per 100 g

Kalori (kcal) 584
Jumlah Lemak 51 g
Lemak jenuh 4,5 g
Lemak tak jenuh ganda 23 g
Lemak tak jenuh tunggal 19 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 9 mg
Kalium 645 mg
Jumlah Karbohidrat 20 g
Serat pangan 9 g
Gula 2,6 g
Protein 21 g
Vitamin A 50 IU Vitamin C 1,4 mg
Kalsium 78 mg Zat besi 5,3 mg
Vitamin D 0 IU Vitamin B6 1,3 mg
Vitamin B12 0 µg Magnesium 325 mg


Manfaat Biji Bunga Matahari

1. Menurunkan kolesterol

Kandungan pitosterol dalam kuaci cukup tinggi, sehingga dapat membantu menurunkan kolesterol serta meningkatkan respon dan penurunan risiko kekebalan terhadap jenis kanker tertentu.

Dalam sebuah studi Journal of Agricultural and Food Chemistry, para peneliti menunjukkan bahwa sebagian besar jumlah pitosterol hadir dalam kacang-kacangan dan biji-bijian. Biji wijen memiliki kandungan pitosterol antara 400-413 mg/100gr, kenari 113 mg/100, biji bunga matahari 270-289 mg / 100 g, dan biji labu 265 mg / 100 g.

2. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan Magnesium yang terdapat dalam biji Bunga Matahari juga sangat diperlukan untuk kesehatan tulang dan produksi energi. Sekitar 2/3 dari magnesium yang terdapat pada tubuh manusia, ditemukan di bagian tulang. Beberapa di antaranya membantu memberikan struktur tulang tubuh dan sisanya disimpan di permukaan tulang untuk dimanfaatkan sesuai kebutuhan tubuh.

3. Bermanfaat untuk perkembangan janin

Kandungan asam folat dalam biji Bunga Matahari tergolong tinggu, yaitu sekitar 227 mg/100gr. Asam folat ini sangat penting untuk sintesis DNA serta dapat mencegah cacat saraf pada janin.

4. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin E yang terdapat dalam biji Bunga Matahari adalah anti oksidan untuk menjaga integritas membran sel selaput lendir dan kulit dengan melindunginya dari radikal bebas.

5. Baik untuk pertumbuhan anak

Asam Amino yang terkandung di dalam biji Bunga Matahari merupakan sumber protein yang sangat penting dalan pertumbuhan, khususnya untuk anak-anak.

6. Mengurangi depresi

Selain mampu menurunkan kadar kolesterol, ternyata kandungan Niacin dan Pyridoxine dalam biji Bunga Matahari juga mampu meniungkatkan aktivitas  GABA (Gamma-aminobutyric Acid) dalam otak, yang pada akhirnya akan membantu mengurangi kecemasan dan neurosis.

7. Anti Inflamasi

Inflamasi adalah istilah kedokteran untuk reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yang ditandai dengan panas, bengkak, nyeri, serta gangguan fungsi organ tubuh.

Kandungan vitamin E yang banyak dalam biji Bunga Matahari memiliki efek anti inflamasi yang signifikan, sehingga dapat mengurangi gejala asma osteoarthritis, rheumatoid arthritis. Tak hanya itu, Vitamin E juga telah terbukti mengurangi risiko kanker usus besar, membantu mengurangi komplikasi diabetes, serta membantu mengurangi keparahan dan frekuensi hot flashes pada wanita yang mengalami menopause.

8. Mencegah penyakit kardiovaskular

Lagi-lagi vitamin E memegang peranan penting di sini. Sebagai antioksidan utama, vitamin E dapat membantu mencegah radikal bebas dari oksidasi kolesterol. Sehingga dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah, serangan jantung, dan stroke.

Vitamin E juga secara signifikan dapat mengurangi risiko mengembangkan atherosclerosis. Sebuah studi menyatakan bahwa seseorang yang mendapatkan vitamin E dalam jumlah yang cukup memiliki risiko lebih rendah mengalami kematian akibat serangan jantung dibandingkan dengan orang-orang dengan asupan vitamin E yang tidak memadai.

9. Dapat menenangkan saraf, otot, dan pembuluh darah

Kandungan magnesium yang terdapat dalam biji Bunga Matahari memiliki peranan untuk mengimbangi kalsium, sehinga membantu dalam mengatur saraf dan otot. Asupan magnesium yang cukup dapat membuat saraf seperti pembuluh darah dan otot bekerja normal, sehingga mengurangi tekanan darah tinggi, kejang otot, migrain, dan kram otot.

10. Meningkatkan proses detoksifikasi dan pencegah kanker

Kandungan selenium dalam kuaci merupakan mineral yang amat penting bagi kesehatan tubuh. Selenium telah terbukti menginduksi perbaikan DNA dalam sel yang rusak, menghilangkan sel-sel abnormal, dan menghambat proliferasi sel kanker serta menginduksi apoptosis mereka.

Tak hanya itu, Selenium mengandung glutation peroksidase sangat penting untuk perlindungan kanker. Glutation peroksidase adalah salah satu enzim tubuh yang terdapat banyak antioksidan dan termasuk zat yang digunakan oleh hati untuk mendetoksifikasi berbagai molekul yang berpotensi membahayakan. Ketika tingkat glutation peroksidase terlalu rendah, molekul-molekul beracun tidak dapat dihilangkan dan hal tersebut membahayakan bagi sel-sel tubuh, dapat merusak sel DNA, serta mempromosikan perkembangan kanker.

11. Mencegah serangan jantung dan stroke

Lemak linoleat tak jenuh yang terkandung dalam biji Bunga Matahari ternyata dapat membantu menurunkan LDL atau “kolesterol jahat” dan meningkatkan HDL  alias ” kolesterol baik” dalam darah. Sebuah studi penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya akan lemak tak jenuh tunggal dapat membantu mencegah penyakit jantung koroner dan stroke.

12. Menurunkan kadar gula dalam darah

Biji Bunga Matahari juga banyak mengandung senyawa polifenol yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan alami yang dapat membantu menghilangkan molekul oksidan berbahaya dari tubuh. Tak hanya itu, senyawa ini juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah dengan membatasi pemecahan glikogen dalam hati.

Biji Bunga Matahari Bikin Alergi?

Meskipun langka dan sangat jarang terjadi, namun alergi terhadap biji Bunga Matahari bisa saja terjadi. Reaksi yang mungkin ditimbulkan saat ada seseorang mengalami alergi terhadap camilan ini antara lain: kulit gatal, bersin, gatal di mata, gastritis, muntah, dan lain sebagainya.

Banyak ya ternyata manfaat si kecil kuaci atau biji Bunga Matahari ini. Yuk, sebarkan kepada orang lain agar mereka juga paham besarnya manfaat mengonsumsi kuaci!

Komentar

Tags: Alergi Kuaci Efek Makan Kuaci Harga biji bunga matahari Manfaat Kuaci

author
Author: 

Related Post "12 Manfaat Biji Bunga Matahari (Kuaci) Bagi Kesehatan Tubuh"

Inspirasi dan Cara Membuat Kebun Mini with Galeri Gambar
Kebun Bunga - Berkebun merupakan kegiatan yang
50+ Jenis Nama-nama Tanaman Bunga Lengkap Beserta Gambar
Kebun Bunga - Bunga atau disebut kembang
Cara Menanam dan Merawat Bunga Gelombang Cinta Anthurium
Kebun Bunga - Tanaman bunga gelombang cinta
10 Manfaat Bunga Rosella untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya
Manfaat Bunga Rosella - Bunga Rosella atau