13 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit

Manfaat Bawang Putih – Bawang putih merupakan tanaman umbi-umbian yang sering dijadikan sebagai bumbu masakan dan sudah terkenal di seluruh dunia. Tidak hanya itu, bawang putih juga memiliki manfaat yang sangat banyak. Kandungan nutrisi yang ada di dalam bawang putih sangat beragam sekali dan semua itu memiliki efek tersendiri bagi tubuh. Berikut kami sajikan khasiat bawang putih untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Manfaat Bawang Putih

1# Manfaat Bawang Putih Sebagai Tanaman Obat Keluarga

Tanaman bawang putih sudah ada sejak zaman mesir kuno. Kandungan allicin pada tanaman ini banyak digunakan sebagai salah satu campuran obat herbal. Allicin merupakan salah satu komponen biologis aktif yang banyak terkandung di dalam bawang putih.

Allicin berperan sebagai zat anti bakteri yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Dalam berbagai riset yang dilakukan terdapat beberapa efek penting untuk kesehatan, diantaranya menurunkan berat badan dan mencegah hipertensi.

2# Bawang Putih sebagai Anti Kanker

Bawang putih sungguh layak disebut sebagai herbal anti kanker. Kandungan sulfida alil yang terdapat dalam bawang putih merupakan obat herbal untuk mengatasi penyakit kanker.

Salah satu bukti yang dilakukan peneliti pada kandungan PhIP, bentuk dari amina heterosiklik (HCA) yang merupakan zat pemicu kanker payudara. Dari penelitian tersebut dilakukan uji coba yang memberikan hasil yang mengejutkan, senyawa diallyl sulfida pada bawang putih ternyata bisa menghambat pertumbuhan dan perubahan PhIP menjadi karsonogen.

3# Bawang Putih Ampuh Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat bawang putih lainnya adalah dapat menurunkan tekanan darah. Khasiat ini sudah diuji dan telah banyak riset yang membuktikan, bawang putih bisa menurunkan tekanan darah sampai 7 – 8%. Bahkan, efek dari tanaman ini juga dapat menurunkan tekanan darah pada orang yang normal. Jadi, bagi anda yang memiliki tekanan darah rendah jangan terlalu banyak mengkonsumsi bawang putih ya.

4# Bawang Putih Kaya Akan Nutrisi dan Rendah Kalori

Bawang putih merupakan tanaman rempah yang memiliki beberapa nutrisi yang baik untuk tubuh. Bawang putih juga sangat tinggi akan kandungan vitamin C, kalsium dan zat besi. Berikut adalah kandungan nutrisi bawang putih per 136 gram :

  • Bawang putih memiliki serat 3 gram yang memenuhi 11% dari kebutuhan harian pada tubuh.
  • Kandungan Zat besi yang memenuhi sekitar 13% dari kebutuhan harian pada tubuh.
  • Karbohidrat 45 gram, jumlah ini sudah memenuhi sekitar 15% kebutuhan tubuh.
  • Vitamin C memenuhi 71% kebutuhan harian pada tubuh.
  • Kalsium, memenuhi 25% kebutuhan harian pada tubuh.
5# Manfaat Bawang Putih Sebagai Sumber Antivirus/ Anti Bakteri/ Antioksidan

Khasiat yang cukup populer pada bawang putih yakni memiliki sumber antioksidan yang sangat kaya dan tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bukan hanya untuk mencegah, tetapi bawang putih juga memiliki manfaat sebagai anti virus dan bakteri. Zat yang terkandung dalam bawang putih dapat membantu mencegah bakteri jamur, ragi dan virus serta cacing pada tubuh.

6# Bawang Putih dapat Mencegah Demensia dan Alzheimer

Tahukah Anda bila kerusakan syaraf atau oksidatif disebabkan oleh radikal bebas sangat berperan pada proses penuaan dini. Solusi untuk mencegahnya yakni dengan mengkonsumsi bawang putih.

Kenapa bawang putih dapat mencegah penyakit syaraf seperti demensia dan alzheimer? Karena bawang putih mengandung antioksidan yang mengandung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif.

Terbukti, dengan mengkonsumsi bawang putih bisa meningkatkan enzim antioksidan pada tubuh. Selain itu, mengkonsumsi bawang putih juga dapat mengurangi stress oksidatif pada pasien yang terkena tekanan darah tinggi. Manfaat gabungan dari bawang putih dalam mengurangi kolestrol serta sifat antioksidan bisa membantu mencegah penyakit otak umum seperti alzheimer dan demensia.

7# Bawang Putih Ampuh Mengurangi Kolestrol Jahat

Salah satu kehebatan lain dari bawang putih yakni kemampuannya dalam menurunkan kolestrol jahat. Tanaman ini mampu memangkas LDL (kolestrol jahat) dalam tubuh secara signifikan.

Dalam berbagai riset, bawang putih mampu memangkas kolestrol jahat 10 sampai 15%. Ajaibnya lagi, tanaman ini hanya mengurangi kolestrol jahat, sedangkan kolestrol yang baik tidak memiliki efek sama sekali, sehingga kesehatan Anda tetap terjaga. Dengan mengkonsumsi bawang putih dalam kadar tertentu akan meningkatkan produksi insulin dalam tubuh, sehingga mengurangi kadar gula dalam darah.

8# Manfaat Bawang Putih Membuat Lebih Awet Muda

Bawang putih memiliki zat yang dapat membuat penampilan anda lebih awet muda. Hal ini dikarenakan dengan rutin mengkonsumsi bawang putih dapat terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Bawang putih yang memiliki antioksidan dan anti bakteri merupakan salah satu kunci meraih hidup sehat dan bahagia.

9# Manfaat Bawang putih untuk Membersihkan Komedo

Komedo sering muncul pada daerah hidung dan tentunya akan mengganggu penampilan Anda. Cara sederhana, cukup haluskan bawang putih, lalu oleskan pada daerah yang dihinggapi komedo. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih.

10# Menghilangkan Noda Bekas Luka

Bekas luka terkadang membuat rasa percaya diri jadi berkurang. Solusi agar noda bekas luka pada kulit cepat hilang yakni dengan menggunakan bawang putih, karena bawang putih memiliki sifat anti radang yang mampu membersihkan bekas luka pada kulit. Caranya dengan mengoleskan bawang putih pada noda bekas luka tersebut secara teratur sampai noda tersebut hilang.

11# Khasiat Bawang Putih Mengatasi Jerawat

Bagi anda yang sering bermasalah dengan panampilan wajah khususnya jerawat yang mengganggu. Untuk menghilangkan jerawat, caranya adalah dengan menghaluskan satu siung bawang putih lalu balurkan pada permukaan kulit yang ditumbuhi jerawat. Diamkan selama 10 menit, lalu bersihkan dengan air.

12# Bawang Putih dapat Memangkas Berat Badan

Bawang putih bisa menjadi solusi buat Anda yang ingin langsing tapi malas diet. Zat inflamasi pada bawang putih dapat membantu mengatur sel lemak yang diproduksi tubuh. Seperti yang telah Anda ketahui bahwa obesitas terjadi karena lemak terus terbentuk. Pembentukan lemak terjadi dengan tahapan mengubah Pre-adiposit menjadi sel-sel lemak (adipocytes) melalui proses yang disebut sistem inflamasi. Vinyldithiin merupakan zat yang terdapat pada bawang putih dapat membantu menghambat terjadinya proses inflamasi, sehingga proses pembentukan lemak bisa dikurangi. Jadi, bawang putih juga sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

13# Bawang Putih Sangat Ampuh Menghilangkan Sakit Gigi

Ternyata bawang putih juga ampuh mengatasi sakit pada gigi. Kenapa? Karena pada bawang putih terdapat zat anti bakteri dan anti virus yang dapat menghilangkan bakteri penyebab sakit gigi. Selain itu, bawang putih juga memiliki kandungan analgesik yang bermanfaat untuk mengobati sakit gigi Anda.

Hal-Hal Penting yang Perlu Anda Ketahui tentang Bawang Putih

1. Efek Samping
Jika Anda menggunakannya untuk kulit, bawang putih akan sangat berbahaya apabila dioleskan terlalu tebal karena akan menyebabkan luka seperti bekas terbakar.

Jika dikonsumsi pada ibu hamil secara wajar maka bawang putih tidaklah berbahaya, namun apabila dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan masalah pada kehamilan. Tidak ada cukup informasi yang akurat tentang penggunaan bawang putih pada ibu hamil dan menyusui, jadi sebaiknya dihindari untuk keamanan diri ibu hamil.

Untuk anak-anak, sebaiknya penggunaan bawang putih tidak berlebihan, karena akan menimbulkan efek negatif bagi tubuh anak tersebut.

Masalah pencernaan, bawang putih dapat menyebabkan iritasi terhadap saluran gastrointesnial (GI). Maka, gunakan dengan bijak apabila Anda mengalami masalah pada pencernaan atau fungsi lambung.

2. Cara Penyajian
Ada beberapa cara untuk menyajikan bawang putih yang mungkin dapat Anda jadikan sebagai alternatif untuk dinikmati atau bagi kesehatan Anda.

Bawang putih dapat di tumis, hampir setiap masakan apapun menggunakan bawang putih. Apabila ingin merasakan efek dari manfaat bumbu dapur yang satu ini, Anda dapat menambahkan beberapa siung bawang putih ke dalam masakan Anda. Yuk, penuhi kebutuhan nutrisi bawang putih untuk keluarga anda.

Komentar