Kebun Raya Cibodas – Wisata Alam yang Menyegarkan dan Menenangkan Pikiran

Taman Bunga– Bagi Anda yang sehari-hari tinggal di perkotaan yang penuh dengan kebisingan, asap polusi kendaraan, dan udara yang tidak sehat tentunya merindukan berjalan-jalan ke tempat yang hijau, dengan udara bersih dan jauh dari keramaian. Salah satu alternatif tempat wisata yang dapat Anda kunjungi adalah kebun raya cibodas.

Sejarah Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas berdiri dan diresmikan pada tanggal 11 April 1852, sewaktu zaman penjajahan Belanda, oleh seorang kurator Kebun Raya Bogor yang sudah berdiri lebih dulu, yaitu Johannes Ellias Teijsmann. Sewaktu didirikan ratusan tahun silam, kebun raya ini masih dinamakan dengan bahasa Belanda, yaitu Bergtuin te Tjibodas, yang artinya Kebun Pegunungan Cibodas.

pintu masuk kebun cibodas

Selanjutnya Bergtuin te Tjibodas berkembang dan menjadi bagian cabang Kebun Raya Bogor, dan berganti nama menjadi Cabang Bali Kebun Raya Cibodas. Kebun Raya yang kini luasnya mencapai hampir 85 hektar ini kemudian dikelola oleh LIPI di bawah Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor, semenjak tahun 2003.

Lokasi Kebun Raya Cibodas

Berlokasi di kaki Gunung Pangrango dan Gunung Gede, kebun raya ini awalnya didirikan sebagai wadah aklimatisasi berbagai jenis tumbuhan dari luar negeri yang memiliki nilai ekonomi tinggi, seperti Kina, yang dahulu sangat populer digunakan untuk obat malaria.

Berada pada ketinggian 1.300-1.425 meter dpl, temperatur di Kebun Raya Cibodas selalu sejuk hingga dingin, dengan rata-rata temperatur 20,06oC dan kelembaban yang juga cukup tinggi, sekitar 80,8%. Kebun Raya Cibodas letaknya tidak terlalu jauh dari ibukota, hanya sekitar 100 KM dari Jakarta dan 80 KM dari Bandung, yang kira-kira bisa ditempuh dengan perjalanan selama 2-3 jam.

Pelayanan Pengunjung dan Tiket Masuk

Dari tahun ke tahun, jumlah pengunjung selalu bertambah. Memang kebutuhan akan udara segar yang jauh dari hingar bingar perkotaan membuat orang suka menenangkan diri ke tempat yang sejuk seperti Kebun Raya Cibodas ini.

Untuk memasuki areal Kebun Raya Cibodas, tiap orang diwajibkan untuk membayar Rp. 9500,-. Sementara jika Anda membawa kendaraan pribadi, untuk biaya parkir akan dikenakan Rp. 5.000,- bagi kendaraan beroda dua dan Rp. 16.000,- untuk kendaraan beroda empat.

Jika Anda datang di hari kerja yang lebih sepi dibandingkan akhir pekan, biasanya kendaraan pribadi dapat dibawa masuk untuk berkeliling kebun raya yang luas ini. Harga tiket masuk bagi pengunjung lokal maupun pengunjung mancanegara disamakan.

Datanglah ke kebun raya Cibodas secara berombongan, Anda akan ditawarkan untuk diberikan fasilitas pemandu, yang harganya bervariasi tergantung jumlah orang pada rombongan Anda. Sebagai contoh, jika kunjungan rombongan terdiri dari 20 orang, akan dikenakan biaya sebesar Rp. 35.000,- per jamnya. Pelayanan panduan akan meliputi penjelasan untuk berbagai macam tempat dan tanaman yang ada di Kebun Raya Cibodas.

Seringkali Kebun Raya Cibodas yang indah ini juga dijadikan tempat untuk shooting atau pemotretan. Hal ini sah-sah saja, asal sudah dikomunikasikan dengan pengelola dan tentunya harus membayar biayanya terlebih dahulu.

kebun raya cibodas

Penelitian di Kebun Raya Cibodas

Kini, Kebun Raya Cibodas juga merupakan Balai Konservasi Tumbuhan, sehingga dengan kondisi alam yang sangat baik dan tersedianya berbagai macam tumbuhan, tentunya dilakukan berbagai cara untuk konservasi tumbuhan, mulai dari konservasi flora dataran tinggi basah, penelitian ekologi dan evolusi, taksonomu, sistematika tumbuhan, agroprofesi, budidaya tanaman, pemuliaan dan genetika, serta mitigasi perubahan iklim.

Di Kebun Raya Cibodas, kini terdapat 4 kelompok penelitian yang seluruhnya mencakup 26 orang peneliti. Empat kelompok penelitian tersebut adalah Plant and Climate Change; Restorasi dan Reintroduksi; Domestikasi, Introduksi, dan Botani Ekonomi; dan Konservasi Tumbuhan Langka. Fasilitas yang mendukung penelitian di Kebun Raya Cibodas pun cukup lengkap, diantaranya laboratorium, rumah kaca, perpustakaan, herbarium, dan remnant forest.

Yang Menarik dari Kebun Raya Cibodas

Dengan seluruh kegiatan penelitian mengenai tumbuhan serta luasnya Kebun Raya Cibodas, ada beberapa hal menarik yang pastinya tidak ingin Anda lewatkan ketika berkunjung kesini, misalnya saja :

  • Terdapat Taman Sakura

Ya, betul-betul bunga sakura berwarna merah muda seperti yang tumbuh di Jepang. Iklim Kebun Raya Cibodas memungkinkan pohon sakura disini berbunga sebanyak 2 kali dalam setahun, yaitu sekitar bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus.

Taman Bunga Sakura Cibodas

Biasanya bunga sakura akan mekar hinga 4 hari sebelum berguguran bunganya. Jika Anda berencana mengunjungi kebun Raya Cibodas, coba tanyakan terlebih dahulu pada pihak pengelola apabila tidak ingin ketinggalan merasakan seperti berada di negeri Jepang. Anda yang beruntung dapat menyaksikan keelokan bunga sakura berwarna merah muda menuju putih yang mekar serentak di bagian Taman Sakura Kebun Raya Cibodas.

  • Taman Lumut

Selain taman sakura, ada pula taman lumut yang akan membuat Anda merasa berada di tengah hutan yang sunyi dan hijau. Baru dibuka semenjak tahun 2004, Taman Lumut yang luasnya sekitar 1500 m2 ini memang betul-betul dipenuhi lumut, dari mulai tanahnya, batu-batuan di dalamnya, hingga batang pohon. Lumut dapat tumbuh subur karena kelembaban yang tinggi serta naungan dari pohon-pohon besar disekelilingnya. Ada sekitar 134 jenis lumut yang sudah diklasifikasikan yang tumbuh di Taman Lumut Kebun Raya Cibodas.

  • Taman Rhododendron

Rhododendron atau yang lebih dikenal dengan tumbuhan Azalea ini juga memiliki taman tersendiri di Kebun Raya Cibodas semenjak tahun 2002. Luasnya pun tidak tanggung-tanggung, 5000m2 yang menampung berbagai tanaman Rhododendron dari berbagai daerah, termasuk dari Papua dan Jepang. Salah satu tanaman Rhododendron yang berasal dari Jawa dengan nama ilmiah Rhododendron javanicum juga dijadikan sebagai ikon Kebun Raya Cibodas. Memang tumbuhan Rhododendron adalah tumbuhan endemik yang bunganya sangat cantik dan tidak mudah rontok.

Demikianlah ulasan mengenai Kebun Raya Cibodas, khusus bagi Anda yang sedang menimbang untuk mencari udara segar sambil mendapatkan quality time bersama keluarga dan sahabat. Selamat berjalan-jalan dan jangan lupa kenakan pakaian hangat dan bawa bekal seperlunya ya!

 

Komentar

Tags: Harga Tiket Kebun Raya Cibodas Lokasi Kebun Raya Cibodas Sejarah Kebun Raya Cibodas Taman Sakura Cibodas

author
Author: 

    Related Post "Kebun Raya Cibodas – Wisata Alam yang Menyegarkan dan Menenangkan Pikiran"

    Suka Anggrek? Yuk, Kunjungi Wisata Taman Anggrek Ragunan Jakarta
    Taman Anggrek Ragunan - Anggrek adalah salah
    Wisata ala Timur Tengah Kebun Kurma Pasuruan Sukorejo
    Wisata Kebun Kurma Pasuruan - Kurma, buah
    Agrowisata Taman Buah Mekarsari Pusat Budidaya Buah-buahan Indonesia
    Taman Buah Mekarsari  - Belakangan ini semakin