10 Jenis Tanaman Hias Bonsai Terbaik dan Paling Banyak Dicari

Kebunbunga.net – Bonsai merupakan salah satu cara menanam tumbuhan yang dibentuk batangnya sehingga memberikan bentuk yang simetris. Kerajinan membonsai ini sangat populer di Jepang, dan kini juga mulai marak dikembangkan di Indonesia karena keindahan serta daya tariknya terhadap para pekebun yang bertangan dingin dan menyukai tanaman hias.

Kriteria Tanaman yang Dapat Dibonsai

Bonsai dapat dibuat dari berbagai jenis tumbuhan, namun yang paling penting sebaiknya memiliki kriteria tanaman yang dapat dibonsai, yaitu :

  • Tanaman Berkeping Dua/ Dikotil, umumnya memiliki kayu yang keras dan mengandung kambium.
  • Memiliki Umur Panjang, karena idealnya bonsai dapat terus tumbuh puluhan sampai ratusan tahun
  • Tahan Hidup Menderita, dengan cara ditanam di tanah yang penuh bebatuan dan nutrisi sedikit, pot yang juga terbatas dan relatif kecil.
  • Bentuknya Indah Secara Alami, mulai dari batang, daun , akar, serta bunganya.
  • Tahan Mendapat Perlakuan Khusus, karena membentuk bonsai harus menggunakan pahatan, lilit kawat, dan pemangkasan untuk membentuknya.

Macam-macam Tanaman Yang Dapat Dibonsai

Dengan berbagai kriteria tanaman hias bonsai yang ada, sebetulnya ada cukup banyak jenis tanaman yang dapat dibuat bonsainya, bahkan terkadang tanaman tersebut tumbuh di sekitar kita, seperti misalnya 10 macam tanaman bonsai berikut :

1. Bonsai Cemara Udang

Bonsai Cemara Udang

Cemara udang (Casuarina equisetifolla) adalah salah satu jenis bonsai terbaik yang kerap kali dipamerkan dan menjadi juara dalam pameran bonsai. Bakalan cemara udah juga bisa disebut sebagai bakalan bonsai terbaik dan sangat banyak diburu orang, karena bonggolnya yang besar dan bisa berlekuk-lekuk. Kayu yang keras dan memiliki alur indah membuat cemara udang sering diukir saat menjadi bonsai. Cemara udang juga tahan kekeringan dan serangan penyakit.

2. Bonsai Pinus

Bonsai Pinus

Tumbuh sangat baik di daerah dataran tinggi dengan ketinggian 250-2000 mdpl. Di alam terbuka banyak sekali ditemukan tumbuh secara meluas, sehingga seringkali membentuk hutan pinus. Batang pinus cukup keras, ramping, juga memiliki getah. Walaupun tinggi pohon pinus dapat mencapai 20-40 meter, namun sangat bisa dibuat bonsainya. Daunnya yang berbentuk jarum berwarna hijau cerah dan diselimuti sisik tipis akan semakin indah ketika ditanam dalam bentuk bonsai.

3. Bonsai Bougenville

Bonsai Bougenville

Tanaman bougenville atau yang bunganya kerap disebut sebagai bunga kertas ini juga salah satu tanaman yang bisa dijadikan bonsai. Batangnya memiliki banyak duri yang runcing dan tajam, bougenville dapat hidup baik di dataran rendah dan kemampuan hidupnya sangat baik bahkan ketika kekurangan air, masih dapat mengeluarkan bunga yang warnanya terang. Termasuk tumbuhan perdu yang batangnya dapat tumbuh membesar, sehingga cocok dijadikan bonsai. Biasanya ketika dibonsai yang paling ditonjolkan adalah rimbunnya bunga bougenville dibandingkan keindahan akar atau batangnya.

4. Boxus/ Buxus

Jenis tanaman lain yang dapat dibuat bonsai adalah tanaman boxus (Boxus sp.) yang memiliki batang kecil berwarna hijau yang lambat tumbuhnya serta panjang umurnya. Batang boxus sangat keras dan padat serta memiliki akar yang kokoh, menjadikannya sebagai salah satu kandidat bonsai terbaik. Boxus dapat diperbanyak dengan cara menanam bijinya atau menyetek batangnya.

Bonsai Buxus

Boxus memiliki daun yang juga indah, daun yang satu dengan yang lain saling berlawanan mengitari tangkai, dengan ukuran yang juga relatif kecil. Boxus dapat berbunga yang warnanya kuning kehijauan. Jika fokus Anda membisniskan bonsai ke luar negeri, Boxus dapat menjadi pilihan Anda karena banyak dicari sebagai barang ekspor akibat batang, akar, dan daun Boxus yang indah.

5. Bonsai Kemuning

Bonsai Kemuning

Tumbuhan kemuning (Murraya panniculata) adalah tumbuhan yang sangat khas dengan bunganya yang kecil-kecil namun memiliki aroma yang sangat khas dan dapat menyegarkan pikiran seketika saat dihirup. Biasanya kemuning ditanam sebagai pagar tanaman atau tanaman hias dalam pot. Kemuning juga dapat berbuah dengan ukuran buah bulat kecil berwarna hijau ketika muda dan merah ketika tua. Saat dibonsai, kemuning biasanya akan menonjolkan bagian bunga dan buahnya yang cantik menawan.

6. Bonsai Jeruk

Bonsai Jeruk

Beberapa jenis jeruk yang dapat dibuat versi bonsainya adalah jeruk keprok (Citrus nobilis), jeruk bali (Citrus maxima), dan jeruk kingkit (Tripashia trifolia). Keindahan pohon jeruk sebagai bonsai akan terlihat menawan ketika Anda berhasil memadukan batang, buah, dan daunnya menjadi bentuk yang rapi. Untuk membuat bonsai jeruk, usahakan pilih tanaman jeruk yang bentuknya pohon, bukan perdu atau semak.

7. Bonsai Adenium

Adenium Bonsai

Adenium atau yang disebut dengan kamboja Jepang adalah salah satu jenis tanaman yang indah dibonsai karena memiliki akar dan bonggol yang besar, dan juga memiliki daya tahan hidup yang tinggi. Bunga adenium yang berwarna-warni juga menambah keindahan tumbuhan ini saat dibonsai. Semakin lebat bunganya tumbuh dan semakin rapi Anda membentuk batangnya, maka semakin berharga dan mahal pula harga bonsai adenium. Membuat bakalan bonsai adenium pun cukup mudah dan sudah sangat banyak dikembangkan di Indonesia. Artikel terkait : Cara Membuat Bunga Adenium Seperti Bonsai.

8. Bonsai Beringin

Bonsai Beringin

Satu lagi pohon yang mungkin tidak Anda duga bisa dibuat bonsainya, yaitu pohon beringin (Ficus benjamina). Beringin sebagai bonsai memiliki beberapa keunggulan, seperti daunnya yang sangat rimbun, akar yang mudah dibentuk menjadi berbagai gaya, serta daya tahan tumbuhan beringin yang dapat menyesuaikan diri dengan media tanam yang terbatas. Beringin disebut pula sebagai bonsai khas Indonesia. Salah satu contoh jenis beringin yang sangat indah dijadikan bonsai adalah beringin Filipina.

9. Bonsai Asam/ Asem

Bonsai Asem

Tidak hanya bisa ditanam sebagai pohon besar, namun ternyata asam juga bisa dibentuk menjadi bonsai, seperti jenis tanaman asam Jawa (Tamarindus indica) dan asam Belanda (Pithecellobium dulce). Tanaman asam memiliki batang cokelat kehitaman, dengan bentuk daun yang berselang-seling serta menyirip dalam jumlah genap. Batangnya sangat keras dan kokoh sehingga baik sekali untuk dijadikan bonsai.

10. Bonsai Kupa Landak

Bonsai Kupa Landak

Tanaman yang termasuk tumbuhan dikotil ini dikenal pula dengan nama rukam. Memiliki batang kayu yang tegak, bulat, memiliki duri dan warnanya putih kusam. Memiliki daun majemuk yang posisinya tersebar. Salah satu jenis bonsai yang juga diminati eksportir karena batang, daun, dan buahnya dapat berpadu rapi membentuk bonsai yang indah.

Demikianlah kriteria-kriteria tumbuhan yang bisa dibonsai serta beberapa jenis tanaman hias bonsai terbaik yang banyak dicari orang. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda yang berniat untuk mengembangkan tumbuhan bonsai.

Komentar
error: Mau Copas ya !!