10 Contoh Tanaman Hidroponik Buah dan Sayuran

Kebunbunga.net – Hidroponik adalah metode budidaya tanaman tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan air mineral dan nutrisi, sehingga tanaman dapat tumbuh dan memproduksi buah-buahan atau sayur-sayuran dalam hasil yang lebih maksimal.

Dengan menggunakan metode hidroponik, di mana pun tumbuhnya sebuah tanaman akan tetap berkembang dengan baik apabila air nutrisi (unsur hara) yang dibutuhkan tanaman selalu tercukupi. Berikut kami rangkum 10 buah-buahan & sayuran yang dapat di budidayakan secara hidroponik:

Selada

Selada merupakan sayuran sangat rendah kalori yang kaya akan vitamin A, C dan K, dan mengandung mineral seperti zat besi, kalsium magnesium dan kalium yang penting untuk metabolisme tubuh.

Selada Hidroponik

Menanam selada adalah pilihan yang tepat bagi anda yang baru memulai budidaya tanaman hidroponik, karena perawatan yang mudah dilakukan dan tidak memerlukan lahan yang luas membuat selada menjadi pilihan utama. Masa panen selada juga terbilang sangat cepat, dalam hitungan minggu anda sudah dapat memanen dan menikmati manfaat dari selada hidroponik.

Tomat Hidroponik

Tomat adalah sumber yang kaya akan vitamin A, C, dan asam folat. Selain itu, buah ini juga mengandung antioksidan yang membantu melindungi terhadap risiko penyakit jantung, diabetes dan kanker.

Buah Tomat Hidroponik

Tanaman hidroponik tomat lebih ideal jika ditanam di luar ruangan, hal ini diperlukan untuk mendukung sifat pertumbuhannya yang merambat, untuk itu diperlukan penyangga berupa kayu atau besi.

Timun (Mentimun)

Mentimun kaya akan mikro-elemen zat besi, natrium, kalium, magnesium, kalsium dan zink. Mentimun juga mengandung vitamin B, C, dan asam folat. Unsur-unsur ini membuat timun efektif untuk membersihkan tubuh dari kolesterol, memperlambat proses penuaan dini dan mengatur metabolisme tubuh.

mentimun

Budidaya mentimun secara hidroponik ternyata sederhana dan tidak membutuhkan pengetahuan pertanian yang tinggi. Yang diperlukan hanya ketelitian dalam merawat agar mentimun dapat tumbuh sehat.

Bawang merah

Bawang merah juga bisa ditanam secara hidroponik, lho. Bawang sangat mudah dipanen walaupun sebelum umbi nya tumbuh membesar. Satu pot dapat tumbuh puluhan bawang dan dipanen setiap 3 hingga 4 minggu!

Bawang merah hidroponik

Antioksidan dalam daun bawang membantu mencegah kerusakan DNA dan jaringan kulit dengan menghambat radikal bebas. bawang merah yang mengandung vitamin A, B, C dan K sangat penting untuk kesehatan tulang. Sifat alami bawang merah juga sering digunakan untuk mengobati infeksi virus seperti flu dan pilek.

Kangkung

Pada dasarnya menanam kangkung bisa dilakukan di mana saja, namun akan lebih maksimal menanam kangkung hidroponik menggunakan baskom, selain bahan yang mudah di dapatkan kangkung yang dihasilkan juga berkualitas baik dan lebih sehat dibandingkan dengan kangkung air yang biasa ada di pasar tradisional.

Paprika

Paprika bukan hanya dijadikan sebagai penambah rasa pada masakan atau sebagai pelengkap makanan tetapi paprikan yang memiliki senyawa Lycopene, vitamin A dan C, sangat baik mencegah kanker, meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan mata.

Paprika Hidroponik

Pada dasarnya teknik budidaya paprika hidroponik hampir sama dengan jenis tanaman hidroponik lainnya, hanya saja perlakuan beberapa jenis tanaman akan sedikit berbeda karena karakteristik dari tanaman itu sendiri.

Bayam Hidroponik

Sama hal nya dengan menanam sayuran berdaun hijau lainnya, bayam juga dapat tumbuh dengan baik di sistem hidroponik. Bayam adalah sayuran berdaun hijau sangat sehat terkenal dengan sifat antioksidan dan juga mengandung zat besi, protein, vitamin dan mineral.

Bayam Hidroponik

Untuk menanam bayam dengan sistem hidroponik dibutuhkan beberapa perlengkapan khusus yang sedikit berbeda dengan cara menanam bayam pada umumnya. Terlebih menanam secara hidroponik dinilai lebih praktis dan lebih mudah dilakukan di rumahan.

Strawberry

Strawberry hidroponik

Strawberry dapat dibudidayakan dan tumbuh dengan baik menggunakan sistem hidroponik. Stroberi yang tinggi antioksidan dan vitamin c yang baik untuk imunitas tubuh. Tanaman subtropis ini juga membantu dalam menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Blueberry

Blueberry membutuhkan kondisi tanah asam tinggi dan karena itu tumbuh lebih baik dalam kondisi hidroponik. Mengontrol kadar ph dan kecukupan air nutrisi yang rutin akan membuat blueberry tumbuh besar dan sehat. Blueberry juga terkenal karena kandungan antioksidan yang tinggi sangat bagus untuk otak dan sistem saraf.

Kemangi

Kemangi merupakan tumbuhan yang memiliki aroma kuat, khas namun lembut dengan sedikit aroma limau. Daun kemangi yang berukuran kecil sering dimakan atau dijadikan lalapan.

Budidaya tanaman kemangi tidak menuntut syarat tumbuh yang rumit. Dapat dikatakan semua wilayah di Indonesia bisa ditanami kemangi, namun harus memiliki tanah yang bersifat asam. Tanaman ini juga toleran terhadap cuaca panas maupun dingin.

Itulah 10 contoh tanaman buah dan sayuran yang dapat ditanam secara hidroponik di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat mencoba!

Komentar
error: Mau Copas ya !!