Cara Menanam Tomat dalam Polybag di Rumah

Budidaya Tomat – Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) merupakan tanaman yang siklus hidup nya cepat. Hanya dalam 3 bulan saja, biasanya tanaman tomat sudah memiliki buah yang bergelantungan berwarna merah yang cantik. Yuk kita simak cara menanam tomat dalam polybag berikut ini.

Menanam tomat di dalam polybag atau pot dapat dilakukan siapa saja, terutama bagi orang-orang yang tinggal di daerah perkotaan, karena dengan lahan yang tidak begitu besar, pengalaman memetik buah dari kebun sendiri memang sangat menarik.

Cara menanam tomat

Cara Menanam Tomat dalam Polybag

1# Persiapkan Peralatan Menanam

Peralatan menanam tomat di dalam polybag sangat sederhana dan terjangkau untuk semua kalangan. Sebelum ke pembahasan cara menanam tomat. Ada baiknya mempersiapkan terlebih dahulu peralatan yang dibutuhkan, sebagai berikut :

  • Polybag berukuran sedang dengan diameter 40 cm
  • Media tanam berupa tanah yang gembur
  • Arang sekam
  • Pupuk Kandang atau kompos
  • Benih Tomat

Untuk benih tomat, sebaiknya Anda membelinya dari toko bibit pertanian, kemudian pilihlah bibit unggul agar tanaman yang tumbuh di kemudian hari cukup produktif dan menghasilkan banyak buah. Bibit tomat di pasaran juga tersedia dalam berbagai varietas, dari mulai tomat biasa yang dijual di pasaran, tomat ceri yang ukurannya lebih kecil, tomat apel yang lebih kokoh dan keras seperti apel, tomat kentang, tomat keriting, dan tomat recento serta jenis tomat lainnya.

Media tanam tomat dapat dicampurkan dari tanah, arang sekam, dan pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 2:1:1 dengan komposisi tanah yang paling banyak. Usahakan mencampurkan media tanam tomat beberapa hari sebelum bibit dipindahkan ke dalam polybag. Cek juga keasaman media tanam jika Anda memiliki pH meter, upayakan pH berkisar antara 5,5-7 untuk pertumbuhan yang optimal.

2# Penyemaian Benih Tomat

Terdapat dua pilihan untuk menyemaikan benih tomat, yaitu untuk produksi skala kecil dan menengah. Jika Anda hanya ingin menanam satu atau dua tumbuhan tomat dalam polibag, maka benih dapat langsung ditanamkan tanpa melalui proses penyemaian.

Namun, jika Anda ingin menanam tomat dengan skala menengah dan jumlah tanaman lebih dari 5, maka terlebih dahulu semai benih tomat di dalam bedengan yang telah diisi dengan media tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.

Penyemaian-tomat

Saat melakukan penyemaian, usahakan tidak menempatkan media dan benih di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Selalu semprotkan cairan sehingga kondisi benih terjaga kelembabannya agar cepat berkecambah dan tumbuh. Benih biasanya akan mulai siap ditanam ketika usianya mencapai 1 bulan. Bibit yang siap tanam biasanya ditandai dengan munculnya daun 3-4 helai. Jika sudah begini, tanaman tomat siap dipindahkan ke dalam polybag yang telah disediakan.

Jika melakukan penyemaian di pot untuk banyak tanaman, pastikan saat memindahkannya Anda tidak melukai akar tanaman atau membuat akarnya putus, dengan memindahkannya bersama media yang menempel pada akar.

3# Proses Pemindahan ke Polybag

Setelah bibit disemai, tentunya kini bibit siap ditumbuhkan ke dalam polybag yang telah disiapkan sebelumnya. Perhatikan beberapa hal berikut saat mulai menanam tomat dalam polybag :

  • Pemindahan dari media semai ke polybag sebaiknya dilakukan di waktu sore hari untuk memberikan kesempatan pada tanaman tomat beradaptasi dengan tempat baru hingga keesokan harinya. Selain itu, memindahkan pada sore hari juga mencegah tanaman layu karena terkena sinar matahari.
  • Pasangkan ajir / lanjaran / tiang penyangga pada polibag. Tiang penyangga sederhana bisa berupa kayu tipis atau bambu yang ditempatkan di pinggir tanaman. Tomat adalah tanaman yang cukup ringkih dan mudah runtuh terkena angin kencang atau karena buahnya yang berat. Tiang penyangga ini berfungsi untuk menjaga agar hal tersebut tidak terjadi dan tomat tumbuh dengan leluasa.
  • Siram tanaman dalam polibag minimal dua kali sehari dan pastikan air tidak menggenang dan malah membuat tanaman membusuk.
  • Banyak sekali gulma yang akan menghampiri di sekitar tumbuhan tomat, seingga Anda harus rajin-rajin mencabut dan menghilangkan berbagai gulma tersebut sehingga tidak memakan nutrisi yang dibutuhkan tanaman tomat.
  • Setelah satu minggu, tambahkan kompos sebanyak satu genggaman tangan per polibag. Penambahan kompos atau pupuk kandang juga dapat dilakukan jika tanaman terlihat kurang subur.
  • Seminggu sekali semprotkan pestisida untuk menghindari gangguan hama lebih lanjut, karena tanaman tomat yang sudah terkena hama biasanya sulit penanganannya.
  • Jika terdapat daun yang terkena hama, segera pangkas bagian cabang tempat daun tersebut tumbuh untuk menghindari hama menyebar ke seluruh bagian tumbuhan.
4# Tahap Pemanenan Buah Tomat

Setelah berusia sekitar 2-3 bulan budidaya tomat dalam polybag, biasanya buah akan bermunculan di bagian ujung tangkai. Untuk konsumsi pribadi, sebaiknya panen buah tomat ketika warnanya sudah sempurna berwarna merah oranye yang menandakan kematangannya.

Gambar-buah-tomat

Buah tomat yang tumbuh biasanya tidak merata warnanya, lakukan pemetikan secara bertahap untuk buah yang matang terlebih dahulu dan tunggu hingga buah yang belum matang hingga berubah warnanya. Pemanenan dapat dilakukan dua hari sekali untuk memberikan kesempatan tomat yang belum matang sampai matang di pohon. Pemetikan baik dilakukan saat pagi atau sore hari, dimana sinar matahari tidak terlalu terik.

Demikianlah cara menanam tomat di dalam polybag, yang tentunya bisa dilakukan semua orang, terutama Anda yang tidak memiliki lahan luas namun tetap ingin bercocok tanam. Selamat mencoba dan memetik sendiri tomat dari pekarangan!

Komentar

Tags: Benih Tomat Budidaya Tomat Manfaat Tomat Penyemaian Tomat

author
Author: 

    Related Post "Cara Menanam Tomat dalam Polybag di Rumah"

    5 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan Tubuh
    Manfaat Cuka Apel - Apel dikenal karena
    8 Manfaat Buah dan Daun Ceri Kersen untuk Kesehatan
    Kebunbunga.net - Pohon kersen merupakan salah satu
    5 Tahapan Cara Menanam Pohon Kurma dari Biji di Rumah
    Cara Menanam Pohon Kurma - Kurma merupakan
    10 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan
    Kebunbunga.net - Buah kurma sebagai salah satu