Cara Menanam Pepaya California dalam Pot, Hemat Tempat Hasil Maksimal

Kebun Bunga – Pepaya California merupakan salah satu komoditas pepaya yang banyak dicari orang, karena rasanya yang sudah terjamin enak dan berbagai kandungan nutrisinya yang menyehatkan. Daun pepaya California berjari-jari dengan kuncung di pangkalnya. Buahnya lebih kecil dan lebih lonjong dibandingkan ukuran pepaya biasa. Bobot buah matangnya kira-kira sebesar 0.6-2 kilogram.

Pohon pepaya California banyak ditemukan pada daerah dataran rendah maupun tinggi, namun paling optimal ditanam pada ketinggian 50-700 meter diatas permukaan laut. Curah hujan sekitar 1000 mm/tahun akan membuat pohon pepaya California tumbuh maksimal.

Buah-Pepaya-California

Buah Pepaya California (Foto/Merdeka)

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan mengonsumsi pepaya California antara lain dapat menyehatkan mata karena kandungan vitamin A nya, mencegah tekanan darah tinggi dengan kandungan kaliumnya, mengurangi risiko terkena penyakit jantung, antioksidan yang menangkal radikal bebas dalam tubuh, mengandung serat yang melancarkan pencernaan, dan juga menjaga kulit tetap cerah dengan berbagai kandungan vitaminnya.

Keunggulan Pepaya California

Salah satu keunggulan pohon pepaya California adalah mulai berbuah di saat belum terlalu tinggi pohonnya (hanya kira-kira 2 meter lebih sedikit), sehingga menanamnya di dalam pot dapat menjadi salah satu solusi bagi para penggemar pepaya yang ingin menanamnya di pekarangan rumah yang tidak terlalu luas.

Selain itu, buahnya sangat lebat. Jika Anda pernah melihat pohon pepaya California, buah pepaya muncul bertumpuk-tumpuk mengelilingi pohon dapat mencapai 5-8 tumpuk per pohon. Buah pepaya California memiliki daging yang berwarna jingga kemerahan ketika matang. Warna yang cerah ini membuktikan kandungan antioksidannya yang cukup tinggi.

Menanam Pepaya California dalam Pot

Sebetulnya sudah banyak sekali orang yang mencoba menanam pohon pepaya California di dalam pot, dan cukup berhasil hingga pohon berbuah. Hingga saat ini, budidaya pepaya California masih dilakukan secara generatif, artinya menggunakan biji yang didapatkan dari dalam pepaya matang yang ditanam di tanah setelah sebelumnya disemai terlebih dahulu.

cara menanam pepaya california

Untuk media tanamnya sendiri, tanah sebaiknya dicampurkan dengan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1. Pupuk kandang yang berasal dari kotoran hewan sebaiknya didiamkan terlebih dahulu selama beberapa hari sehingga teksturnya agak mengeras dan tidak ‘panas’, untuk menghindari biji tidak berkecambah.

Walaupun tidak terlalu besar pohonnya, namun ada baiknya Anda menyediakan pot dengan diameter minimal 40 cm, lengkap dengan lubang di bawahnya sebagai aliran air jika pohon disiram. Adanya sistem drainase di dalam pot juga menyebabkan air tidak terperangkap di dalam pot dan akhirnya malah membuat tanaman busuk.

Pengecambahan Biji Pepaya California

Penanaman pohon pepaya California sangat mudah. Jika Anda membeli buah pepaya yang kiranya cukup manis dan segar, jangan buang bijinya dan manfaatkan untuk dikecambahkan menjadi pohon. Untuk proses pengecambahan, terdapat trik khusus dan Anda harus berhati-hati karena bijinya cukup peka terhadap temperatur dan kelembaban. Pengecambahan dapat dilakukan dengan menggunakan tissue atau kain atau kantung plastik yang ditiup.

  • Pengecambahan Dengan Tissue / Kain Lembab

Berikut merupakan cara mengecambahkan biji pepaya dengan menggunakan tissue atau kain lembab :
1. Sebelumnya, biji pepaya direndam dengan air hangat semalaman. Hal ini dilakukan untuk menyeleksi biji yang beratnya cukup dan berpotensi menjadi pohon yang produktif.
2. Pilih biji pepaya yang tenggelam di dalam air. Tiriskan hingga tidak terlalu banyak air yang menempel pada biji.
3. Tissue atau kain yang lembab digunakan untuk membungkus biji. Proses perkecambahan dimulai selama sekitar 7-12 hari.
4. Temperatur perkecambahan yang baik adalah sekitar 30oC, Anda dapat meletakkan tissue / kain lembab di tempat yang terkena sinar matahari secara tidak langsung.
5. Setiap harinya, usahakan selalu menjaga kelembaban kain. Semprotkan air jika dirasa tissue atau kain sudah mulai mengering.
6. Biji siap ditanam di dalam pot.

  • Pengecambahan Dengan Kantung Plastik

Cara lainnya untuk mengecambahkan biji pepaya adalah dengan menggunakan media kantung plastik. Berikut merupakan langkah-langkahnya.
1. Seperti pengecambahan dengan kain, biji pepaya direndam semalaman dan dipilih yang tengggelam.
2. Biji dimasukkan ke dalam kantung plastik besar, lalu kantung tersebut ditiup sehingga menggembung.
3. Ikat plastik dengan kuat sehingga udara terperangkap di dalam plastik.
4. Tunggu hingga 7-12 hari sehingga biji berkecambah dan siap dipindahkan ke dalam pot.

  • Perawatan Pohon Pepaya California Dalam Pot

Tentunya setelah dikecambahkan, biji yang sudah mulai mengeluarkan kecambag dapat dipindah ke media tanah dan pupuk kandang di pot. Mulanya Anda bisa saja menempatkannya di polybag atau pot kecil, namun saat daun-daun pertama sudah mulai tumbuh melebar, maka segera pindahkan ke pot besar yang berdiameter minimal 40 cm.

Banyaknya biji yang berkecambah kemudian diamati selama 1,5 bulan, apakah biji tersebut tumbuh dengan baik atau justru pertumbuhannya terhenti. Pilihlah bibit terbaik yang kemudian dipindahkan ke dalam pot. Ingatlah bahwa satu pot besar hanya dapat digunakan untuk satu pohon, sehingga pilihlah bibit yang tumbuhnya paling baik.

Terdapat pohon pepaya yang memiliki bunga jantan dan betina. Untuk menentukannya, Anda harus menunggu selama 4 bulan hingga bunga pepaya tumbuh. Jika bunga pertama tumbuh secara tunggal, artinya pohon tersebut membawa bunga betina, sebaliknya jika bunga tumbuh bergerombol, tumbuhan tersebut adalah jantan. Perlu diperhatikan bahwa pepaya jantan tidak akan menghasilkan buah.

  • Pohon Pepaya Dewasa Hingga Pemanenan

Selama proses pertumbuhannya, tentunya pohon pepaya membutuhkan nutrisi yang harus terus menerus disuplai. Untuk itu, perhatikan waktu pemupukan pohon, yaitu paling tidak setiap 2 minggu sekali setelah bibit dipindahkan ke dalam pot. Pupuk tambahan ini dapat berupa pupuk kandang atau pupuk kompos.

Pepaya di dalam pot kira-kira akan berbuah setelah umurnya kira-kira 9 bulan. Dengan kondisi cukup nutrisi, sinar matahari dan kelembaban yang tepat, tentunya semakin tinggi pula produktivitasnya. Usahakan untuk memetik buah pepaya saat sudah mencapai fase ‘matang pohon’, yaitu saat kulit hijaunya memiliki garis yang menguning. Pada saat inilah dinamakan pepaya tersebut ranum dan dagingnya sedang dalam kondisi optimal.

Namun jika pepaya akan diperjualbelikan atau dikirim ke tempat jauh, petiklah sebelum fase matang pohon sehingga di perjalanan tidak membusuk. Itulah cara membudidayakan pepaya California di dalam pot yang mudah lagi hemat tempat, tertarik mencobanya bukan?

Komentar
error: Mau Copas ya !!