Cara Menanam Bunga Kamboja Secara Vegetatif dan Generatif

Kebunbunga.net – Bunga Kamboja merupakan salah satu bunga yang banyak di tanam di Indonesia, bahkan di berbagai karya lukisan, para penari Indonesia sering digambarkan menyematkan bunga kamboja di rambutnya. Bunga kamboja juga populer di pulau Dewata sebagai tanaman yang ditumbuhkan di pekarangan karena bunganya digunakan sebagai bunga persembahan.

Bunga Kamboja

Banyak orang menganggap bunga kamboja sebagai bunga kuburan yang berbau mistis. Namun sebetulnya bunga ini banyak ditanam di makam karena pohonnya dapat tumbuh besar dan meneduhkan sekelilingnya. Maka banyak pula orang menanam bunga kamboja di pekarangan rumah untuk menimbulkan kesan sejuk tersebut.

Bunga yang memiliki nama latin Plumeria acuminatabisa ini memiliki dua cara budidaya, yaitu secara vegetatif menggunakan stek batang (okulasi) dan secara generatif menggunakan biji bunga kamboja. Berikut akan dijelaskan lebih lanjut mengenai dua cara budidaya tersebut.

1# Cara Menanam Bunga Kamboja dengan Stek Batang

Budidaya bunga Kamboja dengan stek batang sangatlah mudah. Anda hanya perlu mencari induk pohon yang sudah cukup tua umurnya namun masih rajin berbunga dan terlihat tumbuh dengan subur tanpa adanya cacat di seluruh bagian pohon. Lakukan langkah-langkah berikut untuk melakukan perbanyakan pohon kamboja secara vegetatif :

  • Pilih cabang yang berukuran agak besar, kemudian potong sepanjang 20 cm.
  • Simpan batang di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung selama 1 minggu.
  • Jika pada batang terdapat banyak daun, petik daunnya hingga tersisa 2 helai. Hal ini bertujuan agar ketika batang ditanam, tidak terlalu banyak terjadi penguapan air dari daun.
  • Celupkan bagian batang yang terpotong ke larutan perangsang tumbuh akar.
  • Tancapkan akar pada media tanam yang terdiri dari campuran sekam bakar dan arang.
  • Setelah selesai, stek batang dapat langsung diletakkan di luar ruangan. Usahakan terkena sinar matahari langsung karena tanaman ini cepat tumbuh dengan rangsangan sinar matahari.

Bunga-Kamboja-Pink

2# Menanam Bunga Kamboja dari Biji

Jika Anda kurang begitu suka melakukan stek batang, menanam bunga Kamboja dapat dilakukan dengan menggunakan biji. Membudidayakan Kamboja lewat biji cukup populer karena batang kamboja nantinya akan memiliki bonggol yang besar dan dapat dibentuk menjadi bonsai, berbeda halnya jika Kamboja ditumbuhkan dari stek batang yang hasilnya cenderung berukuran seperti potongan awal. Walau begitu, dengan memilih membudidayakan bunga Kamboja dari biji, artinya Anda harus sedikit lebih bersabar karena prosesnya lebih lama dibandingkan dengan stek batang.

Baca Juga : Cara Membuat Bonsai Adenium Kamboja

Secara umum, penanaman bunga Kamboja dari biji dapat dilakukan dalam 4  tahapan, yaitu penyerbukan bunga kamboja, penyortiran biji, penanaman biji, dan perlakuan saat bibit tumbuh. Berikut merupakan detail dari tahapan-tahapan tersebut:

  1. Penyerbukan Bunga Kamboja

Normalnya bunga kamboja tidak menghasilkan biji tanpa adanya penyerbukan. Pohon kamboja termasuk pohon yang memiliki bunga tidak sempurna, pohonnya terpisah antara jantan dan betina. Penyerbukan alami normalnya dilakukan oleh angin yang membawa serbuk sari kepada kepala putik. Oleh karena itu, Anda harus melakukan penyerbukan buatan untuk membuat bijinya tumbuh lebih cepat dan menghasilkan banyak biji. Lakukan hal berikut untuk proses penyerbukan bunga :

  • Perhatikan pohon kamboja yang ada. Pastikan bunga jantan dan bunga betina sama-sama berbunga untuk penyerbukan. Bunga jantan ditandai dengan tangkai bunga yang lebih kecil dibanding bunga betina yang tangkainya lebih besar.
  • Lakukan penyerbukan buatan dengan menggunakan kuas kecil untuk menyapu benang sari.
  • Oleskan benang sari ke bunga di pohon jantan.
  • Lakukan proses penyerbukan secara rutin sehingga nantinya tumbuh biji kamboja
  1. Penyortiran Biji Kamboja

Penyemaian biji kamboja dilakukan untuk memisahkan antara biji berkualitas baik dengan yang tidak, sehingga didapatkan bibit unggul yang akan menumbuhkan pohon Kamboja berkualitas baik. Lakukan langkah-langkah berikut untuk menyemai biji Kamboja :

  • Letakkan air ke dalam wadah penyemaian.
  • Rendam biji Kamboja ke dalam wadah tersebut selama kurang lebih setengah jam.
  • Perhatikan jika ada biji yang terapung, maka buang lah biji tersebut karena beratnya ringan dan berkemungkinan tidak memiliki nutrisi yang cukup untuk dapat tumbuh baik.
  1. Penanaman Biji

Biji yang telah disortir kini siap untuk ditanam. Siapkan media menanam pohon Kamboja berupa campuran antara cocopeat dan sekam bakar dengan perbandingan 1:1. Anda dapat menanam pohon Kamboja di dalam pot plastik arau polibag. Lakukan langkah-langkah berikut untuk menanam biji :

  • Isi pot atau polibag dengan media tanam hingga terpenuhi tiga perempatnya.
  • Letakkan biji dengan jarak 1 cm antar biji di atas media tanam.
  • Semprotkan air hingga kiranya cukup dan biji tidak kekeringan.
  • Tutup pot dan letakkan ke tempat yang teduh. Tunggu hinga 1 minggu sampai biji berkecambah.
  1. Perlakuan Setelah Bibit Tumbuh

Biji bisa dikatakan telah tumbuh ketika sudah muncul daun yang keluar dari dalam biji. Namun walaupun daun telah tumbuh, tanaman masih sangat muda dan sebaiknya tetap diletakkan di tempat yang teduh dan disiram menggunakan sprayer. Baru setelah 2 bulan kemudian biasanya daun akan bertambah hingga mencapai 6-8 helai. Setelah tumbuh seperti ini, maka satu bibit bisa dipindahkan ke dalam satu pot sehingga tumbuhnya lebih maksimal.

Tambahkan pupuk kandang di tempat baru biji tumbuh. Pastikan pupuk kandang sudah difermentasi sehingga lebih menutrisi tanaman. Tanaman Kamboja kini siap untuk dipindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari langsung hingga pohonnya meninggi dan menghasilkan bunga baru.

Demikianlah cara menanam bunga Kamboja secara vegetatif dengan stek batang maupun secara generatif menggunakan biji. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, pilihlah yang paling sesuai dengan tujuan penanaman. Selamat mencoba!

Komentar

Tags: Benih Bunga Kamboja Budidaya bunga kamboja Bunga Kamboja Stek Batang

author
Author: 

    Related Post "Cara Menanam Bunga Kamboja Secara Vegetatif dan Generatif"

    Inspirasi dan Cara Membuat Kebun Mini with Galeri Gambar
    Kebun Bunga - Berkebun merupakan kegiatan yang
    50+ Jenis Nama-nama Tanaman Bunga Lengkap Beserta Gambar
    Kebun Bunga - Bunga atau disebut kembang
    Cara Menanam dan Merawat Bunga Gelombang Cinta Anthurium
    Kebun Bunga - Tanaman bunga gelombang cinta
    10 Manfaat Bunga Rosella untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya
    Manfaat Bunga Rosella - Bunga Rosella atau