Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggrek di Pot dan Pohon dengan Mudah

Bunga Anggrek (Orcchidaceae) merupakan salah satu jenis bunga yang varietasnya sangat banyak ditemukan terutama di daerah negara tropis. Anggrek memiliki akar serabut dan daun yang tebal dan dapat digolongkan sebagai sukulen karena dapat menyimpan banyak air di dalam anggota tubuhnya. Bunga anggrek yang banyak dikagumi orang terdiri dari sepal (kelopak bunga) dan petal (mahkota bunga) yang membentuk pola yang indah dan unik untuk setiap varietasnya, menjadikan tanaman ini banyak ditanam oleh para pekebun demi mendapatkan bunganya yang indah.

Anggek Ungu

Cara Menanam Bunga Anggrek

Menanam bunga anggrek memang gampang-gampang sulit, tergantung keinginan Anda untuk mewujudkan anggrek yang rajin berbunga dan warnanya cantik. Menanam anggrek biasanya dilakukan dengan dua cara, yaitu menanamnya di dalam pot atau membiarkannya tergantung, karena memangĀ  di hutan-hutan pun anggrek banyak ditemukan menggantung pada suatu pohon.

Cara 1# Menanam Anggrek di Dalam Pot

Untuk menanam anggrek di dalam pot, Anda perlu menyiapkan pot kecil yang dapat terbuat dari kayu, genteng, atau plastik. Pot ini kemudian diisi dengan menggunakan media tanam berupa campuran antara sabut kelapa, pecahan genteng, arang sekam, batu bata, kayu, dan potongan pakis.

Setelah itu, siapkan pula bibit anggrek yang banyak dijual dalam bentuk botolan, sudah memiliki daun sebesar 1 cm, dan sudah memiliki akar yang muncul 2-3 helai. Ada pula bibit anggrek muda yang dijual di pasaran, namun Anda harus terlebih dahulu merawatnya di dalam tray (wadah pembibitan) selama 3 bulan hingga bibit muda mulai membesar dan bisa dipindahkan ke dalam pot. Penanaman bibit muda dilakukan di dalam tray untuk memudahkan pemindahan ke tempat yang kaya akan sinar matahari sehingga anggrek tumbuh lebih optimal.

Bunga Anggrek dalam Pot

Setelah pot dengan media tanam siap dan bibit pun sudah tersedia, lakukan penanaman. Dengan bibit anggrek botolan, Anda dapat memindahkannya langsung ke dalam pot. Usahakan gunakan kawat untuk mengeluarkan bibit anggrek ke luar botol, dan jangan sampai Anda merusak akarnya karena dapat memperlambat pertumbuhannya nanti.

Untuk bibit muda yang telah ditanam pada tray selama 3 bulan, Anda juga bisa langsung memindahkannya ke dalam pot yang sudah dilengkapi dengan media tanam. Satu pot dengan diameter 15 cm dapat berisikan 3-5 bibit. Tiga bulan kemudian setelah bibit bertambah besar, Anda perlu memindahkannya lagi ke pot yang lebih besar (repotting) sehingga satu pot hanya berisikan satu tanaman anggrek.

Cara 2# Menanam Anggrek Dengan Ditempel

Anggrek termasuk salah satu tumbuhan epifit, yaitu tumbuhan yang dapat hidup dengan menempelkan diri dengan tanaman lain. Jadi, jika Anda memiliki pohon yang cukup besar di pekarangan, bagian batang pohon tersebut dapat dimanfaatkan untuk menanam anggrek tanpa pot.

Untuk menanam anggrek dengan cara ditempel, Anda perlu memperhatikan kondisi batang pohon sehingga pertumbuhan anggrek optimal. Pohon hidup bida menjadi tempat tumbuh anggrek jika kulit batangnya tebal dan tidak gampang terkelupas, permukaannya tidak rata sehingga akar anggrek dapat merekat dengan kuat, juga bisa menahan air sebagai nutrisi anggrek. Contoh beberapa jenis pohon yang memenuhi kriteria ini adalah jambu air, rambutan, nangka, dan asam jawa.

Bunga Anggrek Tempel di Pohon

Cara menanamkan anggrek dengan ditempel memiliki keuntungan tanaman yang dihasilkan akan lebih tahan kekeringan, karena jika suatu saat pemilik kelupaan menyiram, anggrek masih bisa mencari nutrisinya dari pohon yang ditempelnya.

Sebaiknya terlebih dahulu tanaman anggrek dibesarkan di dalam pot sebelum menanamnya dengan ditempel, karena cukup sulit dan rawan menempelkan bibit yang masih kecil ke pohon yang besar. Anggrek yang sudah cukup dewasa bisa diangkat dari media tanamnya di pot dan diikatkan di sisi batang pohon dengan perantara sabut kelapa. Pengikatan dapat dilakukan menggunakan tali ijuk atau plastik. Kian lama anggrek akan tumbuh dengan semakin mencengkeram pohon yang ditinggalinya.

Next : Tips Merawat Bunga Anggrek Agar Tumbuh Baik

Komentar