Inspirasi dan Cara Membuat Kebun Mini with Galeri Gambar

Kebun Bunga – Berkebun merupakan kegiatan yang menyenangkan. Sayangnya tidak semua orang memiliki lahan yang cukup untuk melakukannya. Solusi yang tepat bagi para pecinta kebun yang tidak mempunyai tempat adalah dengan membuat kebun mini. Selain itu kebun mini juga bisa dijadikan pengenalan kepada anak untuk mulai mengenal tanaman. Cara membuat kebun mini tidak terlalu susah, setidaknya ada empat tahap utama yang harus dilakukan dalam membuat kebun mini.

Tahap pertama : Mengumpulkan alat dan bahan

1. Langkah pertama yang mesti dilakukan adalah menyediakan wadah yang tepat. Wadah yang digunakan sebagai tempat kebun mini bisa bermacam-macam. Mulai dari mangkuk gelas, pot plastik, atau pot tanah liat. Intinya adalah wadah tersebut harus memiliki lubang di bagian bawahnya sebagai saluran pembuangan sehingga saat dilakukan penyiraman maka airnya akan merembes keluar melewati lubang tersebut.

Pot Tanah Liat Mini

Pot tanah liat adalah pilihan yang ideal karena biasanya selalu dilengkapi dengan lubang saluran dan dapat menahan tanah dengan baik. Carilah pot tanah liat yang bisa menampung beberapa tanaman sekaligus karena tentunya kita membutuhkan wadah yang berukuran besar untuk menjadi tempat pembuatan kebun mini.

2. Langkah berikutnya adalah mendapatkan tanah untuk diletakkan di dalam pot beserta bebatuan kecil. Sebaiknya menggunakan tanah biasa untuk diletakkan di bagian bawah wadah. Tanah bisa dibeli di kebun bibit atau di toko peralatan berkebun. Bebatuan kecil digunakan sebagai dekorasi untuk kebun mini yang akan dibuat, sebaiknya menyiapkan bebatuan dengan berbagai macam warna dan bentuk agar menghasilkan dekorasi yang lebih indah.

Jika memakai wadah gelas, sebaiknya ditambahkan arang di bagian bawah wadah, beserta bebatuan kecil. Ini akan membantu tanaman untuk tumbuh dengan baik di wadah gelas.

3. Langkah selanjutnya adalah memilih tanaman yang akan ditanam di kebun mini. Sebaiknya memilih tanaman yang tetap berukuran kecil dan tidak membutuhkan banyak perawatan. Selain itu tanaman harus mudah tumbuh dalam tempat terbatas dan menghasilkan bunga yang indah.

Beberapa tanaman yang bisa digunakan antara lain kemangi, kaktus, thyme, rosemary, lavender, oregano, geranium dan begonia.

Tahap kedua : Menempatkan tanah dan tanaman

1. Meletakkan lapisan tanah secara merata. Dimulai dari membersihkan dan mengeringkan wadah yang akan digunakan. Lalu menuangkan tanah ke dalam wadah tersebut sampai setinggi 2 atau 3 inci. Gunakan pisau atau sekop kecil untuk menggali tanah agar bisa memasukkan akar tanaman, sebarkan tanaman itu sehingga tidak berkerumun di satu bagian saja. Lebih baiknya lagi jika membuat desain kebun terlebih dahulu sehingga pelubangan dan peletakan tanaman bisa menyesuaikan dengan desain yang telah dibuat. Dengan demikian hasilnya akan lebih rapi.

2. Tambahkan batu kecil dulu jika memakai wadah gelas. Letakkan di bagian paling bawah dengan lapisan setinggi 1 inci. Hal ini untuk memastikan tanaman mendapatkan nutrisi yang cukup meskipun berada di wadah gelas. Setelah bebatuan, tambahkan setengah inci lapisan arang sebelum meletakkan 2/3 inci lapisan tanah.

Taman Batu Kecil

3. Menyiapkan tanaman. Setelah menempatkan tanah di dalam wadah maka segeralah menyiapkan tanaman untuk dimasukkan ke sana, agar tanaman dapat tumbuh dengan subur dan indah. Awali dengan mencabut tanaman dari tempatnya dan bersihkan sisa tanah di akarnya dengan hati-hati. Kemudian rapikan tanaman itu dengan memotong daunnya yang kurang bagus.

4. Menempatkan tanaman. Pastikan akarnya telah lembab ketika memasukkan tanaman di lubang yang telah disiapkan. Setelah posisinya tepat kuburlah akarnya dengan tanah. Aturlah posisi tanaman dengan baik, misalnya yang tinggi di bagian belakang sedangkan yang pendek di depan. Selain itu gunakan tanaman yang bervariasi sehingga kebun mini terlihat lebih indah dan menyegarkan mata.

Tahap Ketiga : Menambahkan aksesoris

1. Menyiapkan aksesoris mini. Segala aksesoris bisa ditambahkan ke dalam kebun asalkan berukuran mini. Gunakan kreatifitas untuk menata letak aksesoris diantara tanaman yang ada. Struktur bangunan berukuran kecil bisa digunakan, seperti jembatan mini, pagar mini, meja & kursi mini, bahkan rumah mini. Selain itu bisa juga menggunakan benda yang lebih sederhana seperti kelereng, manik-manik, atau hiasan kayu.

Aksesoris Taman Mini

2. Membuat dekorasi kebun. Setelah tanaman telah tertata dengan rapi bisa dilanjutkan dengan membuat dekorasi dengan bebatuan dan patung kecil. Kombinasikan bebatuan itu dengan aksesoris yang telah disiapkan, misalnya memasang bebatuan yang berwarna dengan kelereng. Lakukan apa saja yang bisa membuat dekorasi kebun mini semakin indah.

3. Menentukan tema dekorasi. Jika ingin lebih menarik bisa saja membuat tema dalam penataan dekorasi kebun. Misalnya menambahkan miniatur peri dan kurcaci untuk membuat tema dunia peri. Dengan adanya tema akan membuat dekorasi kebun terlihat lebih artistik dan menarik.

4. Menambahkan jalan setapak. Untuk melengkapi dekorasi bisa ditambahkan jalan setapak yang dibuat dari campuran bebatuan kecil dan kelereng. Gunakan batu dan kelereng dengan warna yang berbeda-beda agar menghasilkan jalan yang penuh warna.

Gallery Gambar Kebun Mini

Tahap terakhir : Merawat kebun mini

1. Menjaga pencahayaan kebun. Setelah kebun mini selesai dibuat tentunya harus dilakukan perawatan yang tepat. Letakkan kebun di tempat yang datar dan usahakan mendapat sinar matahari yang cukup. Tetapi jangan dikenakan sinar matahari secara langsung karena mempengaruhi daya tahan tanaman.

2. Menyiram tanaman. Kondisi tanah harus diperiksa secara teratur dan jangan sampai kekeringan. Usahakan tanahnya selalu basah dengan menyiraminya secara berkala. Selain itu jenis tanaman juga mempengaruhi seberapa banyak air yang mesti diberikan. Ada tanaman yang membutuhkan lebih banyak air dan ada juga yang tidak terlalu membutuhkan air.

3. Memangkas tanaman. Dengan berjalannya waktu tanaman akan tumbuh lebih besar dan tinggi dari sebelumnya. Beberapa bagian tanaman mungkin akan melewati wadah yang telah disediakan. Jika itu terjadi maka harus dipangkas secukupnya dengan menggunakan gunting kecil agar kebun tetap indah dan terawat.

Nah, itulah tadi inspirasi membuat kebun mini untuk memperindah halaman atau taman rumah, Anda dapat memilih dekorasi dan tema yang di inginkan. Selamat Mencoba!

Komentar