Cara Menanam dan Merawat Bunga Gelombang Cinta Anthurium

Kebun Bunga – Tanaman bunga gelombang cinta merupakan salah satu jenis tanaman hias yang banyak digunakan untuk menghijaukan ruangan maupun pekarangan. Tanaman ini termasuk dalam kelompok tanaman anthurium yang sangat khas dengan bentuk daun dan bunganya yang indah. Gelombang cinta termasuk tanaman hias yang cukup elegan sedari dulu, karena banyak ditanam oleh para penghuni istana kerajaan di Pulau Jawa.

Cara Menanam Bunga Gelombang Cinta

Budidaya tanaman gelombang cinta dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan cara split (vegetatif menggunakan tunas) dan menggunakan biji (generatif). Kedua cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut mengenai cara menanam tanaman gelombang cinta.

1# Penanaman Dengan Metode Split

Banyak orang suka membudidayakan tanaman gelombang cinta dengan menggunakan metode split, karena dengan cara ini tanaman lebih cepat tumbuh dibandingkan dengan menggunakan biji. Walaupun begitu, ketika dewasa tumbuhan gelombang cinta yang dihasilkan akan perlu usaha lebih untuk merapikan daunnya agar terlihat sempurna, karena lebih berpotensi memiliki ukuran daun yang berbeda-beda.

Untuk menanam gelombang cinta dengan metode split, caranya mudah saja, yaitu dengan mengambil sedikit bagian umbi bonggol yang terdapat mata tunas. Kemudian bagian bonggol yang telah dipisahkan ini diletakkan di tempat yang teduh hingga tunas tumbuh. Jangan lupa untuk memberikan fungisida pada bagian potongan bonggol untuk menghindari membusuknya bonggol akibat jamur. Dalam beberapa minggu, tunas akan tumbuh dan daun pun muncul. Tunggu hingga daun tumbuh 2-3 helai sebelum memindahkannya ke dalam pot.

2# Penanaman Dengan Metode Biji

Tanaman Anthurium terutama gelombang cinta yang menghasilkan ribuan biji memang bisa dibudidayakan dengan menumbuhkan biji tersebut. Salah satu kunci untuk menanam gelombang cinta dengan biji adalah kesabaran, karena tentunya Anda perlu menunggu  induk tanaman berbunga dan menumbuhkan biji, yang biasanya hanya dihasilkan oleh tanaman yang sudah berusia satu tahun lebih.

Biji gelombang cinta dapat langsung disemai dengan media gabungan antara tanah, pupuk organik, dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1. Penyemaian awal dapat dilakukan pada pot kecil dengan jarak antar biji 3-5 cm. Kemudian lakukan penyiraman pada biji sehingga media tetap lembab dan menjadi tempat optimal untuk tumbuhnya tanaman gelombang cinta. Setelah beberapa minggu, barulah biji kemudian berkecambah dan Anda pun bisa mulai merawatnya.

bunga gelombang cinta

Tips Merawat Tanaman Gelombang Cinta

Demi menjaga agar daun gelombang cinta tumbuh dengan hijau, subur, dan sehat, maka Anda perlu mengetahui beberapa kiat untuk merawatnya. Perawatan rutin untuk tanaman gelombang cinta dapat dilaksanakan dengan mengikuti beberapa langkah berikut :

  • Pastikan sinar matahari mencukupi. Para pecinta Anthurium pasti sudah hafal betul bahwa tanaman ini tidak bisa terkena sinar matahari langsung seharian, karena dapat menyebabkan daunnya kering dan layu serta kehilangan pancaran kilaunya. Tanaman gelombang cinta paling baik diberikan asupan sinar matahari selama 15-30 menit saja setiap harinya secara langsung.
  • Ganti pot secara berkala. Semakin lama, tentunya tanaman gelombang cinta semakin bertambah ukurannya. Demi mendukung perkembangannya, Anda harus cermat untuk mengganti pot gelombang cinta secara berkala, sehingga proporsional dengan ukurannya. Ukuran pot yang tidak terlalu kecil maupun terlalu besar dapat mendukung tunas baru tanaman gelombang cinta tumbuh dengan baik.
  • Penyiraman. Tanaman gelombang cinta tidak menyukai media yang lembab, sehingga Anda sebetulnya cukup menyiramnya sekali atau dua kali saja sehari dengan jumlah air yang tidak terlalu banyak. Jika air sampai menggenang di dalam pot, dikhawatirkan selanjutnya akar akan membusuk sehingga menghambat pertumbuhan tanaman gelombang cinta.
  • Merawat daunnya agar berkilau. Satu rahasia yang bisa Anda terapkan agar daun tanaman gelombang cinta selalu terlihat sehat dan berkilau, yaitu mengolesinya dengan susu cair sewaktu-waktu. Gunakan kain halus atau spons untuk memoles daun dengan susu cair secara perlahan sehingga permukaan daun bebas dari debu dan berbagai kotoran lainnya.
  • Perawatan di dalam rumah. Tanaman gelombang cinta banyak pula digunakan untuk tanaman hias indoor. Jika Anda menanamnya di dalam ruangan, pastikan setiap 3 hari sekali mengeluarkannya ke luar ruangan untuk memberikan kesempatan daunnya berfotosintesis dengan sinar matahari. Terlalu lama disimpan di dalam ruangan akan menyebabkan daun gelombang cinta menjadi lebih gelap dari normalnya.
  • Pemupukan. Pemupukan tidak perlu dilakukan terlalu sering, hanya dengan menggunakan pupuk NPK dengan frekuensi 6 bulan sekali, anthurium gelombang cinta sudah mampu tumbuh dengan optimal. Sewaktu tanaman masih muda, gunakan pupuk yang kandungan Nitrogen (N) nya lebih tinggi. Sementara ketika sudah mulai dewasa, tanaman diberikan pupuk NPK dengan kandungan P dan K tinggi untuk merangsang timbulnya bunga.

Demikianlah cara merawat dan menanam tanaman gelombang cinta. Semoga berguna bagi Anda para pecinta tanaman hijau Anthurium yang keindahannya elegan dan tiada tara. Selamat mencoba!

Komentar
error: Mau Copas ya !!