10 Macam Buah-buahan yang Bagus Untuk Ibu Hamil

Kebunbunga.net – Kehamilan adalah sebuah masa yang sangat penting bagi seorang wanita. Sebagai calon ibu, tentunya asupan makanan bergizi menjadi suatu hal yang diperhatikan. Dengan mengonsumsi makanan bergizi, tentunya bayi di dalam kandungan juga ikut menerima nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangannya.

Untuk menjaga kandungan agar tetap sehati hingga hari persalinan, ada baiknya ibu mengonsumsi 10 macam buah yang bagus untuk ibu hamil berikut.

1. Alpukat

Buah yang dikenal sebagai buah yang kaya akan lemak ini baik untuk ibu yang sedang mengandung. Lemak yang dikandung alpukat memang dalam bentuk lemak tak-jenuh yang dalam tubuh diubah menajadi kolesterol baik / kolesterol HDL.

Manfaat Buah Alpukat

Alpukat juga mengandung asam folat, kalium, dan vitamin B kompleks dalam jumlah yang cukup signifikan, serta mampu menjaga perkembangan otak serta tulang belakang janin untuk lebih sempurna.

2. Apel

Bagi ibu hamil, konsumsi buah apel sangat disarankan karena berbagai kandungannya yang sangat bermanfaat untuk fetus. Apel sangat kaya akan vitamin A, E, D dan zat mineral seng yang baik untuk sistem imunitas dan ketahanan bayi terhadap berbagai penyakit.

Apel

Mengonsumsi apel juga dapat mengurangi risiko asma atau eksema yang sangat rentan menyerang balita. Dari mulai saat kehamilan, perbanyak konsumsi buah apel untuk kesehatan bayi.

3. Buah Naga

Buah naga merupakan salah satu buah tropis yang baik untuk ibu hamil. Kandungan di dalamnya dari mulai kalsium, protein, zat besi, hingga kalium dan berbagai vitamin sangat dibutuhkan ibu hamil dan janin untuk melawan berbagai penyakit yang menghantui.

buah naga

Lebih spesifik lagi, buah naga juga mengandung vitamin B1 yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin, membangun sistem saraf, membantu penyerapan protein untuk janin, dan mencegah konstipasi atau sembelit untuk sang ibu.

4. Anggur

Buah yang satu ini berukuran sangat kecil dengan rasa yang nikmat. Asalkan tidak melalui proses fermentasi yang menjadikan anggur beralkohol, buah segar anggur sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil.

Anggur

Berbagai kandungan anggur yang bermanfaat untuk memenuhi nutrisi bayi adalah fruktosa, pholbaphene, asam galat, asam silisat, asam oksalat, magnesium, kalsium, zat besi, asam folat, dan berbagai jenis vitamin.

5. Pepaya

Pepaya, terutama yang sudah matang, mengandung berbagai zat gizi dan diperlukan oleh tubuh ibu dan bayi, termasuk beta karoten, vitamin A, C, dan kalium. Mengonsumsi pepaya yang kaya akan serat juga membantu ibu agar tidak mengalami morning sickness terlalu sering atau kram perut. Selain itu, pepaya juga menurunkan risiko ibu terkena radang usus selama masa kehamilan.

Buah-Pepaya-California

Pepaya juga sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi gejala pra persalinan maupun pasca persalinan. Dengan mudahnya menemukan buah pepaya ini sepanjang tahun, kini Anda tahu buah ini juga sangat baik dikonsumsi selama kehamilan.

6. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah terbaik yang bisa didapatkan oleh ibu hamil. Pisang sangat kaya akan kandungan folat, yang merupakan zat penting untuk mencegah kerusakan jaringan saraf pada bayi. Pisang juga mengandung vitamin B6 yang mampu mengatur kadar natrium dalam darah, sehingga ibu hamil tidak mudah mual dan muntah.

Pisang

Selain itu, terdapat kandungan magnesium yang cukup tinggi dalam pisang untuk menciptakan kondisi tubuh cairan tubuh yang seimbang. Kalium dalam pisang pun mampu menjaga ibu dari kemungkinan stroke atau berbagai komplikasi kehamilan.

7. Jambu Biji

Jambu biji yang dagingnya berwarna merah muda sangat kaya akan vitamin C, vitamin E, iso-flavonoid, karotenoid, dan polifenol yang keseluruhannya baik untuk perkembangan janin. Jambu biji juga mengandung serat yang membantu pencernaan.

Jambu Biji

Kebanyakan wanita hamil yang sering mengalami mual juga menyukai jambu biji, bahkan mengidam buah yang satu ini. Selama masa kehamilan, kandungan dalam jambu biji mampu mengatur tekanan darah ibu sehingga tetap normal dan menjaga sistem imunitasnya agar tetap kuat melawan berbagai penyakit. Dalam proses perkembangan sistem saraf pusat bayi, jambu biji juga dapat menjadi buah yang berguna dengan berbagai kandungannya.

8. Cherry

Buah cherry diperlukan oleh ibu hamil dengan kandungan vitamin C yang berlimpah di dalamnya. Vitamin C pada ibu hamil sangat dibutuhkan untuk menghindari infeksi virus seperti virus influenza atau cacar. Memakan buah cherry juga membantu agar pasokan darah untuk bayi tetap terjaga cukup.

Cherry

Selain itu, antioksidan di dalam cherry bernama melatonin juga sangat baik untuk menstimulasi pertumbuhan sel pada bayi selama masa kehamilan. Zat melatonin ini juga membantu ibu hamil tidur nyenyak dan berperan sebagai zat anti stres.

9. Kurma

Buah yang menjadi primadona ketika bulan Ramadhan tiba ini juga menjadi salah satu jenis buah yang baik untuk ibu hamil, dengan kandungan zat besi, vitamin B, kalium, dan gula buah yang baik untuk masa kehamilan.

kurma

Beberapa contoh khasiat memakan kurma saat kehamilan adalah dinding rahim ibu akan menguat untuk menunjang pertumbuhan janin, serta rasa kram akan berkurang dengan gizi yang dikandung oleh kurma.

10. Kiwi

Kiwi adalah salah satu buah yang berasal dari New Zealand, dengan rasa yang menyegarkan. Siapa sangka, ternyata buah kiwi pun sangat baik untuk ibu hamil, dengan kandungan vitamin C, A, dan E, kalium, fosfor, magnesium, asam folat, dan serat yang dibutuhkan tubuh.

kiwi

Kiwi dikenal sebagai buah yang mampu menyembuhkan sistem pernapasan manusia, sehingga ibu yang sedang hamil lebih terjaga dari penyakit pernafasan seperti batuk dan pilek. Selain itu, dengan kandungan fosfornya, kiwi juga mampu mengurangi risiko pembekuan darah pada ibu hamil. Penyerapan zat besi yang dibutuhkan bayi untuk perkembangan sistem kardiovaskular pun bisa didapat dari kandungan kiwi.

Demikianlah 10 macam buah yang baik untuk ibu hamil dan janin di dalam kandungannya. Kehamilan hanya memiliki periode sekitar 9 bulan, pastikan Anda menyediakan nutrisi terbaik bagi diri sendiri dan janin dalam kandungan.

Komentar