Agrowisata Taman Buah Mekarsari Pusat Budidaya Buah-buahan Indonesia

Taman Buah Mekarsari  – Belakangan ini semakin marak yang namanya Agrowisata. Agrowisata adalah sebuah kegiatan wisata yang berkaitan dengan penggunaan dunia agro seperti lahan pertanian, perkebunan, peternakan, dan lain sebagainya yang memiliki daya tarik bagi para pengunjung. Sebelumnya wisata di Indonesia hanya berkisar diantara wisata bahari dan wisata budaya saja, maka kemunculan agrowisata ini tentunya berpotensi untuk mengembangkan industri wisata di Indonesia.

Taman Buah Mekarsari

Varian agrowisata yang ada di Indonesia contohnya adalah wisata petik buah, memberi makan ternak, dan lain sebagainya. Salah satu tempat agrowisata yang cukup populer di Indonesia adalah Taman Buah Mekarsari. Tempat ini merupakan salah satu jujukan wisata yang cukup terkenal, terutama bagi para pengunjung di sekitar Jakarta dan Bandung.

Tentang Taman Buah Mekarsari

Ibu Tien Soeharto adalah pemrakarsa berdirinya taman buah ini, tepatnya pada tahun 1995. Tujuan utamanya adalah untuk mengenalkan dan menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap dunia agro, selain itu tempat ini juga merupakan pusat pelestarian keanekaragaman hayati khususnya buah-buahan tropika yang unggul dari seluruh daerah di Indonesia, sekaligus tempat penelitian, budidaya, pemuliaan dan perbanyakan bibit unggul untuk kemudian disebarluaskan kepada para petani dan masyarakat umum.

Tanaman buah memang termasuk unggulan di tempat ini, maka wajar saja jika diantara sekitar 100 ribu tanaman itu lebih banyak dipenuhi oleh tanaman buah. Luas daerah taman yang mencapai sekitar 264 hektar ini dihiasi oleh ribuan jenis spesies asli dan spesies baru hasil persilangan yang dilakukan oleh tim riset yang dimiliki oleh taman buah ini. Sebagaimana diketahui, tempat ini memang dikenal sebagai salah satu tempat riset tanaman buah di Indonesia. Berbagai macam hasil bibit unggul yang dihasilkan akan dijual ke petani lokal di sekitar sana, atau untuk para pengunjung bisa membelinya di pusat penjualan bibit di Garden Center.

Memetik Melon di Taman Buah Mekar Sari

Memetik Melon di Taman Buah Mekar Sari (Foto/mekarsari_fruitgarden)

Berbagai macam jenis tanaman buah varietas baru telah ditemukan oleh tim riset Mekarsari. Proses perkawinan silang berkelanjutan yang dilakukan oleh tim riset telah menghasilkan berbagai tanaman dengan bentuk dan keunggulan yang unik, contohnya adalah jambu air toon klow, Barbados cherry, Nangkadak (nangka cempedak), jambu air irung petruk, nanas arnis, jambu cengkeh dan yang berbentuk unik seperti buah melon dan buah semangka yang berbentuk kotak. Selain tanaman buah hasil persilangan dari tim riset, di taman buah Mekarsari juga banyak terdapat beragam buah yang langka dari seluruh Indonesia, bahkan yang sekarang sudah tidak mudah untuk dicari, contohnya adalah buah sawo kecik, buah kepel, buah kapulasan, buah nanas merah, buah merah, dan lain sebagainya.

Fasilitas Taman Buah Mekarsari

Sebelumnya tempat ini pernah ditutup pada Agustus 2013 untuk dilakukan renovasi dan beberapa penambahan fasilitas, lalu pada 15 Februari 2014 tempat ini kembali dibuka untuk umum dan mulai dikelola secara modern. Salah satu fasilitas yang ditambahkan adalah wisata air dan tempat untuk outbound. Saat ini sistem tiket telah diganti dengan menggunakan gelang RFID (Radio Frequency Identification) yang berfungsi sebagai uang virtual. Gelang ini berfungsi seperti kartu ATM yang bisa diisi ulang dan nilai uang yang ada di dalamnya bisa digunakan untuk menaiki semua wahana yang ada di dalam taman serta untuk berbelanja ataupun untuk wisata kuliner.

Beberapa wahana yang disediakan memang sangat menarik bagi para pengunjung. Wahana yang cukup menonjol tentunya adalah wisata air, taman air dan juga tempat outbound. Selain menikmati taman buah para pengunjung juga bisa mengisi liburan mereka dengan menikmati wahana menarik yang telah disediakan. Wisata air dilakukan di sebuah area danau buatan yang memiliki luas sekitar 20 hektar, pengunjung bisa berwisata dengan perahu, kano bahkan bebek air. Walaupun buatan namun lingkungannya sangat alami dan asri sehingga menyejukkan bagi para pengunjung.

Wisata taman buah mekar sari

Wisata Air di Taman Buah Mekar Sari (Foto/mekarsari_fruitgarden)

Taman air atau waterpark yang dimiliki oleh taman Mekarsari ini bernama Water Kingdom. Dengan ukurannya yang mencapai 5 hektar tidak salah jika area ini dikatakan sebagai waterpark terbesar di Asia. Beberapa wahana menarik juga disediakan di sini seperti Lazy River yang memiliki panjang hingga 600 meter, terpanjang se-Asia. Bagi yang tidak takut ketinggian juga bisa mencoba menara sliding yang tingginya mencapai 16 meter dan jalur luncurnya sejauh 118 meter.

Sementara itu, area outbound yang disediakan memiliki berbagai macam jenis permainan dan termasuk yang terlengkap di Indonesia. Bagi para keluarga yang memiliki anak tentunya wajib untuk mengunjungi area ini. Ukuran taman yang besar dan banyaknya wahana yang disediakan membuat taman buah Mekarsari tidak cukup jika hanya dikunjungi selama sehari saja, pengunjung pasti akan merasa belum puas. Oleh karena itu pengelola menyiapkan sarana akomodasi untuk keperluan menginap para pengunjung. Bahkan penginapan yang disediakan pun memiliki nuansa alami dan terasa dunia agronya, seperti penginapan berbentuk rumah pohon, kabin kayu, juga kawasan kamping.

Bagi para wisatawan yang tertarik untuk menikmati dunia agro beserta lingkungan yang asri dan alami, maka tempat ini sangat direkomendasikan bagi anda sekalian, khususnya yang tinggal di daerah Jakarta atau Bandung.

Harga Tiket Masuk Taman Buah Mekarsari
Tiket Hemat Harga Tiket sudah termasuk
Tiket belimbing Rp. 43.000 Tiket masuk, Tiket Kereta Wisata, Perahu naga
Tiket Duku Rp. 43.000 Tiket masuk, Tiket Kereta Wisata, Wahana Kids Fun Valley
Tiket Salak Rp. 43.000 Tiket masuk, Tiket Kereta Wisata, Wahana Sepeda MTB
Tiket Kepel Rp. 52.000 Tiket masuk, Tiket Kereta Wisata, Wahana Outbound
Tiket Manggis Rp. 80.000 Tiket masuk, Greenlad Tour, Perahu Naga
Jam Operasional

Senin s/d Jumat : 09.00 – 16.30 WIB
Weekend dan hari libur : 08.00 – 17.00 WIB

Alamat dan Telepon

Alamat: JL. Raya Cileungsi -Jonggol, Mekarsari, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat 16820, Indonesia
Provinsi: Jawa Barat
Telepon: 021 8231822/24

Komentar