Kenali 15 Jenis Tanaman Beracun Ini, Mungkin Ada di Sekitar Rumah Anda!

15 Jenis Tanaman Beracun – Bercocok tanam memang salah satu kegiatan positif yang dapat menyegarkan pikiran serta menghilangkan penat. Namun, bagaimana jika ternyata tumbuhan yang Anda tanam justru menjadi sumber racun? Tentunya Anda harus berhati-hati menanganinya agar tidak terkena efek racunnya. Sebagai salah satu pencegahan, ada baiknya untuk mempelajari 15 jenis tanaman beracun ini, mungkin saja sudah tumbuh di sekitar halaman rumah anda.

1. Datura Stramonium

Tumbuhan yang dapat hidup secara liar ini memiliki bunga yang berwarna merah muda atau ungu, dengan biji yang tertutup oleh permukaan duri yang tajam. Dibalik bunganya yang cantik, ternyata tumbuhan ini memiliki kandungan racun berupa zat hyoscymine, atropin, dan scopolamine.

Datura Stramonium

Datura Stramonium (Doc/Wikipedia)

Karena racun di dalamnya ini, jika salah satu bagian tanaman dikonsumsi, seseorang dapat mengalami halusinasi dan tidak dapat membedakan realitas, seperti orang tidak waras yang emosinya berubah-ubah selama sekitar 11 hari.

Oleh karena bahayanya ini, Datura memiliki sebutan lain sebagai tumbuhan Biji Setan, Terompet Setan, Bel Neraka, Timun Setan, dan banyak lagi yang menandakan bahwa tumbuhan yang satu ini memang tidak dapat dikonsumsi.

2. Digitalis purpurea / Foxglove

Jangan tertipu oleh bunga cantik yang dimiliki tumbuhan foxglove. Bunga Foxglove terdiri dari berbagai warna seperti ungu, biru, pink, dan kuning. Walaupun dapat membuat pekarangan terlihat indah, namun ternyata tumbuhan ini memiliki kandungan racun di dalamnya berupa steroid gikosida dan kardiak.

Digitalis purpurea

Digitalis purpurea

Berhati-hatilah jika menanam tumbuhan yang satu ini, jangan sampai ada bagian tubuhnya yang termakan oleh manusia atau binatang peliharaan. Karena jika sampai termakan, maka akibatnya seseorang akan mengalami diare, mual, muntah, halusinasi, kurang waras hingga sakit kepala berat. Apalagi jika terlalu banyak dikonsumsi, tumbuhan ini dapat membuat penglihatan kabur dan menurunnya kemampuan motorik dan kemudian menyebabkan kematian.

3. White Baneberry / Mata Boneka
White Baneberry

Actaea pachypoda fruits (Doc/wikimedia.org)

Cukup jarang ditemui di Indonesia, namun jika Anda melihat sebuah tumbuhan yang memiliki buah berwarna putih dengan bintik hitam seperti mata boneka yang tumbuh secara bergerombol, maka Anda harus berhati-hati agar tidak memakannya, karena tumbuhan ini cukup berbahaya. Buahnya yang menyerupai mata boneka tersebut sebetulnya manis rasanya, namun bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker dalam jangka waktu panjang), serta dapat menghentikan kerja jantung manusia jika dimakan berlebihan.

4. Dieffenbachia / Dumb Cane
Dieffenbachia

Daun Bahagia (File/Wikipedia)

Tumbuhan hijau yang satu ini seringkali dijadikan tanaman hias indoor seperti di perkantoran dan hotel. Memang ukuran daunnya yang besar dan hijau dapat menambah kesejukan suatu ruangan. Namun jangan coba-coba mengunyah daunnya, karena Anda akan merasakan lidah terbakar hingga kesulitan bicara, akibat kandungan kristal kalsium oksalat di dalamnya. Jika tidak ingin kesulitan bicara, susah menelan, muntah  dan diare, sebaiknya jauhkan tumbuhan ini dari anak-anak yang memiliki rasa penasaran akan berbagai hal.

5. Oleander

Oleander juga merupakan salah satu tumbuhan yang seringkali dijadikan tanaman hias karena bunga berwarna merah mudanya yang indah. Banyak ditemui di taman, ternyata tanaman hias beracun ini memiliki zat berupa neriosida, glosida kardiak, dan oleandrosida yang harus dihindari manusia.

Nerium_oleander

Nerium oleander pink (Wikimedia)

Menghirup wangi bunganya sebentar saja tidak membahayakan, namun jika sampai termakan salah satu bagian tumbuhan oleander, maka dipastikan seseorang dapat mengalami muntah, mual, diare, sakit kepala, serta tidak teraturnya detak jantung. Pada kondisi parahnya, orang yang mengonsumsi tumbuhan ini dapat menjadi koma kemudian berakhir hidupnya. Bahkan di India, jika seseorang ingin bunuh diri, maka ia akan mencari tumbuhan Oleandor untuk dijadikan sarapan bubur.

6. Rhododendron sp. / Azalea
Rhododendron sp

Rhododendron ferrugineum

Penampilannya cukup cantik, apalagi tumbuhan ini menjadi salah satu penghias taman dengan bunganya yang memiliki berbagai macam warna. Memiliki kandungan racun berupa andromedotoksin, yang dapat menyebabkan air liur keluar berlebihan, mata berair, hidung terasa berlendir, tubuh lemas, mual, muntah, dan sesak nafas.

7. Umbi Ular Putih/ Ageratina altissima
Ageratina altissima

White sanicle (Wikipedia)

Tanaman beracun yang satu ini memiliki bunga berwarna putih kecil-kecil, bijinya sedikit berbulu. Memiliki kandungan racun tremetol yang walaupun tidak secara langsung membunuh manusia, namun racun tersebut dapat diserap hewan ternak sehingga mempengaruhi kualitas susu atau daging yang dihasilkannya. Oleh karena itu, sebisa mungkin jauhkan tumbuhan ini dari pakan ternak.

8. Strychnine
Strychnine

Strychnine (Pinterest)

Sering diseut juga sebagai Tombol Quaker atau kacang racun, tumbuhan yang berasal dari India ini cukup beracun. Buahnya yang mirip dengan buah jeruk berwarna hijau sangat kaya akan kandungan alkaloid strychnine dan brucine yang dapat menyebabkan kematian akibat kejang hebat dan stimulasi sensoris pada tulang belakang hanya dengan mengonsumsinya sebanyak 30 mg.

9. Water Hemlock
Water Hemlock

Water Hemlock (All-Creatures.org)

Tumbuhan ini cukup umum ditemukan di dataran tinggi, dengan bunganya yang berwarna putih tumbuh menyerupai bentuk payung yang melebar. Tumbuhan yang dapat tumbuh liar ini mengandung zat cicutoxin yang bisa menyebabkan kejang bagi manusia yang mengonsumsinya, apalagi jika yang sikonsumsi adalah akarnya. Dalam kasus parah, kematian dapat terjadi akibat kesulitan bernafas beberapa jam setelah mengonsumsi water hemlock.

10. Kutukan Macan Tutul / Wolfsbane
Wolfsbane

Wolfsbane (Teen Wolf Wiki)

Banyak pula yang menyebutnya sebagai helm setan atau kutukan wanita. Tumbuhan yang memiliki bunga berwarna biru keunguan yang elegan ini ternyata mengandung racun alkaloid pseudaconitine. Bahkan di negara Jepang, getahnya banyak dimanfaatkan sebagai racun yang dioleskan pada ujung anak panah untuk berburu. Jika racun ini tertelan manusia, akibatnya perut akan merasa terbakar. Dengan dosis 20 mL saja, wolfsbane dapat membunuh manusia dalam rentang waktu 2-6 jam.

11. Belladona
Belladona

Belladona (pinterest.com)

Tanaman belladona dapat hidup secara liar, memiliki buah yang tumbuh rimbun di sepanjang tangkainya berwarna hitam yang jika digerus akan menghasilkan tinta hitam seperti pada tinta pulpen. Namun jangan coba-coba memakan buahnya, karena mengandung alkaloid tropan yang dapat menyebabkan gangguan kejiwaan juga sakit kepala dan sulit bernafas hingga kejang-kejang. Buahnya kerap digunakan anak-anak untuk bermain, sehingga beritahu anak-anak agar jangan sampai memakan buahnya, apalagi daunnya yang memiliki kandungan racun lebih tinggi.

12. Jarak Kastroli / Jarak Kastor

Jarak-Kastroli

Tumbuhan ini mulai banyak ditanam akibat potensi bijinya yang mengandung minyak yang dapat dikembangkan menjadi minyak biodiesel, bahan bakar pengganti bensin. Namun jangan coba-coba memakan bijinya, karena satu buah bijinya saja dapat menyebabkan tenggorokan terbakar, sakit perut, diare, mual dan muntah bahkan kematian dalam kasus yang parah.

13. Gympie-Gympie

Gympie Gympie

Disebut-sebut sebagai tanaman mematikan yang paling berbahaya di dunia, banyak tumbuh di hutan hujan tropis Maluku dan pohonnya tidak cukup besar, hanya sekitar 1-2 meter. Namun, bahayanya cukup besar, bahkan dengan menyentuhnya saja, manusia dapat terbunuh karenanya. Jangan pernah tergoda menyentuh daunnya yang berbentuk hati dan memiliki jutaan duri halus ini, jika tidak ingin gatal-gatal, timbul ruam pada kulit, bersin, dan mimisan.

14. Tanaman Hias Monstera
Monstera

Tanaman Hias Beracun Monstera

Tumbuhan monstera juga tidak asing ditemukan sebagai tanaman hias indoor yang menyegarkan ruangan. Daunnya unik seperti terpotong-potong sehingga memiliki lubang-lubang yang menarik perhatian. Jika menemukan daun monstera di pinggir kolam atau di dalam ruangan, beritahu rekan Anda jangan sampai penasaran mencobanya jika tidak ingin mengalami suara hilang, iritasi mulut, juga muncul ruam pada kulit jika memakan buahnya yang berbentuk seperti nanas.

15. Rosary Pea / Rosary Kacang Polong

Rosary Pea

Banyak pula yang menamakan tanaman ini sebagai tanaman saga mata ular karena memang buahnya yang bulat berwarna merah menyala dengan titik hitam seperti mata. Buahnya memiliki kulit yang keras sehingga dahulu banyak dimanfaatkan sebagai manik-manik untuk membuat perhiasan. Namun seiring berjalannya waktu, ditemukan beberapa kasus pembuat perhiasan yang meninggal dunia akibat terlalu banyak berkontak fisik dengan tumbuhan ini dan menusukkan buahnya untuk membuat lubang.

Demikianlah 15 tanaman beracun yang mungkin tumbuh di sekitar Anda. Dengan mengetahuinya, tentu Anda bisa lebih berhati-hati lagi karena tidak semua tanaman dapat bermanfaat sebagai tumbuhan herbal, bahkan sebaliknya merugikan kesehatan manusia.

Komentar